Website untuk mencari ide konten berikut sangat penting untuk anda digunakan jika ingin menjadi Content Writer atau Social Media Specialist, maupun Digital Marketing specilist

Fungsi website tersebut untuk menemukan inspirasi konten dalam membuat konten blog atau media sosial. Sebagai orang yang rutin menulis konten, seringkali ide tidak muncul di kepala atau lebih dikenal writer’s block.. 

Nah melalui penggunaan website untuk mencari ide konten, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai konten yang ramai dibicarakan.

Kamu tidak perlu bersusah payah memikirkan ide konten lagi. Sebab kini banyak tersedia tools untuk mencari ide konten.  Jadi kamu nggak bakal kehabisan ide konten yang segar dan menarik.

Salah satu fitur yang digunakan adalah Google Trends. Tools ini dimanfaatkan untuk menelusuri keyword dan topik populer berdasarkan wilayah. Tools ini dapat diakses tanpa biaya alias gratis. Tentunya, tools dari Google ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Untuk melengkapi riset ide konten kamu, tak ada salahnya memanfaatkan tools untuk mencari ide konten lainnya. Kira-kira ada apa saja sih?

Dari sekian banyak tools, Jobs.Id telah merangkum 5 rekomendasi tools untuk mencari ide konten. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya. Agar anda lebih mudah cara mencari ide konten

5 Website Untuk Mencari Ide Konten

🎯 5 Website Untuk Mencari Ide Konten

1. Ubersuggest

Tools untuk mencari ide konten ini dikembangkan oleh seorang marketing cukup terkenal, Neil Patel. Tools ini kerap digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran digital. Selain keyword, alat ini juga mengulik tentang search volume, cost per click, paid difficulty, dan search difficulity.

Platform ini tidak sekedar menawarkan riset keyword. Penggunanya juga dapat mengakses fitur analisis SEO melalui SEO Analyzer. Kemudian, Ubersuggest juga melakukan pengecekan backlink dan audit situs.

READ:  5 Tools Penting Digital Marketing yang Wajib Dipelajari

Untuk menggunakan tools ini kamu harus mengeluarkan biaya berdasarkan paket yang dipilih. Namun ada juga layanan gratisnya dengan batasan tertentu.

2. BuzzSumo

Buzzsumo merupakan tools mencari ide konten yang diandalkan jutaan pemasar konten. Platform Buzzsumo memiliki empat komponen yang terdiri dari Discovery, Research, Influencers, dan Monitoring.

Komponen tersebut dimanfaatkan untuk mengetahui konten yang paling banyak dibagikan, menganalisis konten dan kompetitor, membaca tren, mengidentifikasi influencer berpengaruh, dan melakukan monitoring performa konten.

Dalam pencarian ide konten, Buzzsumo menawarkan penggunanya wawasan konten yang menghasilkan kinerja terbaik, memberi pengaruh dan menjangkau potensi baru.

Dengan menggunakan Buzzsumo pengguna akan mendapatkan wawasan tentang keyword, headlines, subheadings, SERP results, questions, topics, dan social engagements

3. SEMRush

SEMRush dianggap sebagai tools mencari ide konten yang paling memenuhi standar SEO. Tools untuk mencari konten ini memiliki database keyword lebih dari 2 miliar.

Semua informasi yang ditawarkan SEMRush berguna dalam pembuatan konten yang kaya informasi. Manfaat yang diberikan pun bukan hanya untuk menemukan inspirasi topik konten, tetapi juga mengetahui peringkat kompetitor.

SEMRush menawarkan cara mudah mencari ide konten dalam waktu singkat. Setelah memasukkan keyword, SEMRush akan memberikan daftar judul, pertanyaan, dan penelusuran terkait yang tergabung dalam kartu topik beserta jumlah volume pencarian. Semakin tinggi jumlah pencarian, semakin populer topik tersebut. 

4. Ahrefs

Rekomendasi tools untuk mencari ide konten berikutnya adalah Ahrefs. Ahrefs memiliki database keyword dari 170 negara. Dengan tools ini, kamu bisa meneliti lebih dari satu miliar halaman web beserta SEO dan metrik sosialnya.

Hasil menjelajah konten ini bermanfaat untuk menemukan prospek konten dengan persaingan rendah. Ahrefs memungkinkan penggunanya membaca strategi pemasaran konten kompetitornya.

READ:  Tanpa Ribet, Ini Cara Memperkecil Ukuran Foto!

Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan memasukkan domain kompetitor. Dalam hitungan menit kamu akan dapat mengetahui seberapa sering kompetitor mempublikasi dan mempublikasi ulang konten.

5. Answer The Public

Tools untuk mencari ide konten yang satu ini juga membantu kamu menemukan niches, konten dan ide bisnis, serta melakukan riset kata kunci. Answer The Public memberikan wawasan tentang topik potensial untuk membangun tautan ke situs web. Dari hasil tersebut

Cara penggunaan tools ini cukup mudah. Cukup ketik kata kunci atau frasa sesuai bahasa yang dipilih. Answer The Public akan memberikan hasil penelusuran yang dipisahkan ke dalam kategori. Kueri yang ditawarkan sangat lengkap.

Mulai dari apa, mengapa, di mana, bagaimana, dan sebagainya. Fitur membandingkan keyword yang diketik dengan keyword serupa juga tersedia di platform ini.

Itulah 5 rekomendasi tools mencari ide konten. Tools tersebut sangat berharga untuk mengembangkan strategi pemasaran konten di blog. Mana nih yang paling jadi favorit kamu untuk mencari ide konten?

Yuk asah kemampuanmu menjadi dengan apply lowongan kerja content writter di Jobs.id.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It