Proses perekrutan biasanya terdiri dari dua tahap. Tahap akhir dari proses seleksi adalah interview user. Bagaimana strategi menghadapi interview user? Pada artikel ini, Jobs.Id akan membantu persiapanmu untuk interview user. Berikut ini adalah daftar pertanyaan interview user dan jawabannya!

Apa Itu Interview User?

Interview user adalah interview yang dilakukan dengan seseorang yang akan melakukan pengawasan utama (supervisi) dalam pekerjaan keseharian kandidat. Pertanyaan interview user diberikan oleh seseorang di level seperti supervisor atau manajer. 

Interview user menjadi penentu kesuksesan proses perekrutan kandidat. User akan menilai dan menentukan apakah kandidat adalah orang yang tepat untuk bergabung dengan timnya atau tidak. 

Jika kandidat telah sampai di tahap interview user, dapat dikatakan bahwa kandidat dipertimbangkan untuk direkrut oleh perusahaan. Berapa lama waktu interview user? Interview user paling lama berlangsung selama 1 jam, namun biasanya hanya dilakukan 30 – 45 menit.

Apa Bedanya Interview HRD dan User?

Interview HRD bertujuan untuk mengetahui kepribadian kandidat. Pertanyaan yang diajukan umumnya berhubungan dengan informasi pribadi, latar belakang pendidikan, dan riwayat pekerjaan. Sementara itu, interview user bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas kandidat. Pertanyaan interview user biasanya seputar teknis pekerjaan yang akan dilakukan.

Pertanyaan Interview User

Apa saja pertanyaan interview tahap 2? Inilah 5 pertanyaan interview user yang sering muncul beserta jawabannya.

READ:  Jawaban Interview “Berapa Gaji yang Anda Harapkan?”

1. Ceritakan tentang diri Anda!

Kamu dapat menyampaikan informasi tentang diri kamu secara profesional. Mulai dari latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan yang relevan, keahlian, sampai prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Halo perkenalkan, nama saya Aprilia. Saya lulusan Sastra Jerman Universitas Harapan Bangsa. Saat berkuliah, saya pernah magang selama 6 bulan di Kedutaan Besar Jerman di Indonesia sebagai Konsulat. Saya memiliki sertifikasi bahasa Jerman level C1 yang berlaku selama 1 tahun ke depan. Dengan bekal pengetahuan bahasa Jerman dan pengalaman tersebut, saya bermaksud melamar sebagai staf lokal di Kedutaan Besar RI di Jerman.

2. Dapatkah Anda menjelaskan deskripsi pekerjaan yang dilamar?

Pertanyaan interview user ini diajukan user untuk mengetahui pemahaman kamu tentang peran pekerjaan yang dilamar. Jawablah dengan memaparkan deskripsi pekerjaan yang kamu pahami dengan jelas. Misalnya kamu melamar untuk posisi Marketing Communication, berikan jawaban berikut:

Berdasarkan pengetahuan saya, Marketing Communication memiliki tanggung jawab untuk menyusun pesan komunikasi yang efektif kepada audiens dan menerapkannya dengan menggunakan media yang berbeda mulai dari Internet hingga buletin, menyelenggarakan konferensi dan acara peluncuran produk, dan membangun hubungan positif dengan pihak eksternal untuk meningkatkan citra perusahaan dan merek. Apakah deskripsi pekerjaan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk peran ini?

3. Jelaskan tentang keterampilan yang Anda miliki untuk peran ini!

Melalui pertanyaan interview user ini, user ingin menggali kemampuan teknis dan nonteknis yang kamu miliki. Keterampilan menjadi poin penilaian yang penting untuk dipertimbangkan. 

Saya terbiasa menggunakan alat CRM untuk mengelola informasi kontak pelanggan, mengukur keberhasilan kampanye, dan membantu memahami preferensi, kebiasaan, dan tindakan pelanggan. Alat CRM yang saya kuasai adalah SAP CRM dan Oracle CRM. Pengalaman saya miliki saat magang dan berorganisasi membantu meningkatkan keterampilan komunikasi saya dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan deadline dan target. Saya berharap mendapat kesempatan untuk mengembangkannya sebagai Customer Service di perusahaan Anda.

READ:  9 Pertanyaan Interview Customer Service dan Jawabannya

4. Apa yang membuat Anda menjadi kandidat terbaik peran ini?

Berikan contoh pencapaian atau prestasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan interview user ini. Lalu, hubungkan skill kamu dengan kebutuhan perusahaan, dan yakinkan user kamu dapat memberikan nilai-nilai yang bermanfaat bagi perusahaan. 

“Saya meyakini bahwa skill dan pengalaman yang saya miliki dapat menjadikan saya kandidat terbaik untuk peran ini. Skill copywriting, komunikasi, kreativitas, etos kerja, serta pengalaman Copywriter yang saya miliki membuat saya cocok untuk mengisi posisi Copywriter di perusahaan Anda.”

5. Apakah ada pertanyaan?

Apa pertanyaan yang harus ditanyakan saat interview user? Kamu dapat menanyakan tentang pengetahuan teknis lebih lanjut posisi yang dilamar. Namun jangan sampai kamu meminta user mengulangi apa yang sudah dijelaskan ya. 

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Apa yang dapat membantu saya sukses dalam peran ini? Kemudian, bagaimana matriks penilaian yang digunakan untuk mengukur keberhasilan saya dalam posisi ini? Terima kasih.

Sudah siap interview user? Kuncinya berlatih dan jalani wawancara dengan percaya diri! Yuk apply lowongan kerja impian kamu di Jobs.Id. Good luck!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It