Personal Assistant adalah salah satu posisi yang dibutuhkan bagi seorang CEO. Tahukah kamu apa itu Personal Assistant? Apa saja tugas yang dilakukan di posisi ini? Temukan jawabannya di artikel ini, termasuk gaji, dan syarat yang dibutuhkan untuk menjadi Personal Assistant.

Apa Itu Personal Assistant?

Personal Assistant adalah seorang profesional yang melakukan pekerjaan untuk memberi dukungan kepada senior manager. Biasanya Personal Assistant (PA) memberikan dukungan kesekretariatan dan administratif sehari-hari di lingkungan kantor. 

PA membantu senior manager dalam berbagai tugas yang berkaitan dengan kehidupan kerja dan komunikasi manajer. Tugas tersebut misalnya, memantau email, merencanakan perjalanan bisnis, mengatur pertemuan dengan klien, dan menyusun komunikasi atas nama senior manager.

Seorang Personal Assistant adalah orang yang memiliki pemahaman mendalam tentang perusahaan. Untuk itu, penting bagi PA memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik. Bekerja sebagai PA juga memerlukan keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang kuat.

Tugas Personal Assistant

Apa tugas dari Personal Assistant? Tugas Personal Assistant sangat bervariasi dari hari ke hari.  Personal Assistant tugasnya mencakup beberapa hal di bawah ini:

1. Bertindak sebagai Titik Kontak Manajer dengan Klien

Personal Assistant bertugas menjawab panggilan telepon, menyaring dan mengarahkan panggilan telepon. PA menyampaikan setiap pesan penting kepada senior manager. Selain itu, PA juga memantau email manajer dan merespons jika diperlukan.

READ:  Simak 5 Tugas Management Trainee, Cocok untuk Fresh Graduate!

2. Melakukan tugas kesekretariatan dan administrasi

Personal Assistant adalah orang yang mengelola dan mendistribusikan korespondensi internal dan eksternal atas nama manajemen senior. Tugas ini termasuk mengetik, memformat, dan mengedit laporan, dokumen, dan presentasi.

3. Mengelola dan Menjadwalkan Janji Temu Manajer

Seorang PA adalah Personal Assistant yang menjadwalkan janji temu, memelihara kalender acara, dan mengirim reminder. Mereka juga membuat pengaturan perjalanan termasuk penerbangan, hotel, dan transportasi bagi staf seniornya.

4. Membuat Catatan dan Notulensi Rapat

Tugas Personal Assistant berikutnya berhubungan dengan rapat yang ada dalam kalender acara. Mereka merencanakan rapat, mencatat notulen selama rapat, dan membagikan notulen rapat untuk memastikannya tetap teratur.

5. Mengatur Fasilitas Acara Terjadwal

Job desk Personal Assistant juga termasuk mengatur acara. Mereka akan merencanakan, mengorganisir acara terjadwal yang diinstruksikan manajer. Tugas ini termasuk menyiapkan fasilitas untuk acara terjadwal dan mengatur minuman, jika diperlukan.

Gaji Personal Assistant

Berapa rata rata gaji Personal Assistant? Berdasarkan situs Indeed, Personal Assistant gaji rata-ratanya berkisar Rp 4,423,934 per bulan. Kalau dikalkulasikan dalam setahun PA memperoleh gaji sebesar Rp 62,483,418. 

Sementara itu, menurut Salary Explorer gaji rata-rata Personal Assistant berkisar Rp 6,310,000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 2.900.000 (terendah) hingga Rp 10.000.000 (tertinggi). Ini adalah gaji bulanan rata-rata termasuk perumahan, transportasi, dan tunjangan lainnya.

Syarat menjadi Personal Assistant

Tidak ada syarat pendidikan formal tertentu untuk menjadi Personal Assistant. Namun, ada sejumlah kualitas profesional yang harus dimiliki agar dapat melakukan tugas PA dengan baik. Inilah kualifikasi soft skill yang dibutuhkan, yaitu:

1. Literasi Komputer

Keterampilan literasi komputasi merupakan keterampilan dalam memecahkan masalah dengan seperangkat komputer. Seorang PA harus mahir mengoperasikan komputer terutama perangkat lunak perkantoran seperti MS Word, Excel, dan PowerPoint.

READ:  9 Pertanyaan Interview Customer Service dan Jawabannya

2. Komunikasi

Personal Assistant dituntut memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik. Hal ini karena mereka berhubungan dengan banyak klien internal maupun eksternal. 

3. Keterampilan Organisasi yang kuat

Personal Assistant adalah asisten pribadi manager senior. Mereka mengelola berbagai tugas administrasi kantor. Inilah mengapa PA harus memiliki keterampilan organisasi yang kuat.

4. Manajemen Waktu yang Baik

Bagaimana Cara Kerja Personal Assistant? Seorang PA cenderung bekerja secara mandiri. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Pengalaman kerja sebagai asisten pribadi, sekretaris eksekutif, asisten eksekutif, asisten administrasi, atau pengalaman kerja terkait yang melakukan tugas Personal Assistant adalah poin plus dalam interview

Tertarik menjadi Personal Assistant? Yuk tingkatkan pengalaman kerja sebagai Personal Assistant. Dapatkan informasi lowongan kerja Personal Assistant di Jobs.Id. Daftar sekarang dan ambil kesempatannya!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It