Perbedaan cv ats dan kreatif yang penting untuk diketahui sebelum kamu melamar pekerjaan impianmu. Kenapa Harus CV ATS? Kapan Menggunakan CV Kreatif dan CV ATS? Simak artikel lengkap di Jobs.id!

Menurut kompas.com, ATS atau Applicant Tracking System adalah teknologi yang digunakan oleh HRD untuk menyeleksi CV berdasarkan berbobot sesuai kriteria perusahaan. Cara kerjanya yaitu sistem ATS akan melakukan scanning atau membaca konten dari CV dengan menggunakan algoritma berdasarkan kata kunci. Sedangkan, CV kreatif adalah CV yang memiliki tampilan tidak hanya polos saja tetapi memiliki corak warna dengan kesan elegan.

Kompas.com

Apa itu CV ATS dan Kreatif?

CV ATS adalah CV yang akan diseleksi melalui applicant tracking system sehingga yang akan menyeleksi CV yang masuk adalah sebuah system bukan recruiter atau HRD.

Sedangkan CV kreatif adalah sebuah CV yang menunjukan kepribadian kalian dengan desain dan tampilan yang cenderung lebih menarik. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadi perbedaan antara CV Kreatif dan CV ATS.

Kapan Harus Menggunakan CV ATS atau CV Kreatif?

KeteranganCV ATSCV Kreatif
Saat Melamar diPerusahaan besar (BUMN, Unilever, Shopee, Tokopedia, dll)Perusahaan kecil-menengah
Saat Melamar sebagaiBusiness(Business development, marketing, public relations, HRD, dll)Design & Creative (Graphic design, photographer, ilustrator, dll)
Saat Dikirim melaluiWebsite perusahaan, website job portal. e-mail yang secara langsung dituju kepada manager atau HR.
perbedaan cv ats dan cv kreatif

Apa Bedanya CV Kreatif dan ATS?

Terdapat dua format CV yang kerap digunakan untuk melamar pekerjaan, yaitu CV Kreatif dan CV ATS. Terus apa saja perbedaan cv ats dan kreatif?

READ:  CV ATS Friendly: Bagaimana Cara Menyusunnya? (Beserta Templatenya)

Pada dasarnya CV adalah dokumen yang berisi identitas, pengalaman dan pendidikan yang digunakan untuk menawarkan diri kita kepada perusahaan. Namun, CV Kreatif memiliki beberapa perbedaan yang penting untuk diketahui.

1. Template dan Desain yang Digunakan

CV ATS atau kreatif tentunya sangat jauh berbeda dari segi template dan desain yang digunakan. Karena diseleksi oleh sebuah system, maka CV ATS akan menggunakan desain yang sangat sederhana yaitu warna dasar hitam putih dan tidak ada tabel atau gambar.

Berbeda dengan CV kreatif, dimana kalian memiliki kebebasan untuk menggunakan template dan desain apa pun. Menggunakan warna yang mencolok dan boleh menggunakan tabel atau gambar.

2. Format yang Berbeda

ATS tidak akan mendeteksi font yang terlalu beragam, menurut Jobscan, font untuk CV ATS menggunakan jenis font Arial, Times New Roman, dan Helvetica. Serta ukuran font 11 dengan 1 spasi. CV kreatif tidak membatasi pemilihan font, ukuran font, serta spasi yang digunakan, kalian dapat menggunakan jenis font apa saja sesuai dengan keinginan kalian.

3. Pemilihan Keyword

Keyword menjadi hal penting dalam CV ATS, karena ATS akan mendeteksi CV yang memiliki keyword sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan dari perusahaan.

Oleh sebab itu, kalian harus memilih keyword yang benar – benar relevan dengan posisi yang akan dilamar serta kebutuhan perusahaan. Pada CV kreatif, keyword juga tetap penting karena recruiter atau HRD juga memilih kandidat yang memiliki latar belakang relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Namun CV ATS cenderung lebih mengedepankan penggunaan keyword, mengingat sistemlah yang akan menyeleksi CV – CV tersebut.

4. Bahasa yang Digunakan

Selanjutnya yang membedakan kedua CV tersebut adalah bahasa yang digunakan. ATS cenderung akan lebih mudah mendeteksi CV yang berbahasa Inggris, sedangkan CV kreatif kalian dapat bebas memilih bahasa yang akan digunakan.

READ:  Cara Mengirim CV Lewat Email yang Benar

Kalian dapat menyesuaikan jika lamaran dan persyaratan berbahasa Indonesia, tulislah CV dengan bahasa Indonesia begitu pun sebaliknya.

Maka dari itu, jika menulis CV dengan bahasa Inggris penting untuk memperhatikan grammer yang akan digunakan.

5. Perusahaan dan Posisi yang akan Dituju

Tentunya kalian bingung CV apa yang perlu untuk dibuat, apakah CV ATS atau kreatif. Jawabannya adalah tergantung pada perusahaan dan posisi yang akan kalian lamar.

CV ATS biasanya diperlukan untuk melamar pada perusahaan – perusahaan yang besar karena, ketatnya persaingan menyebabkan perusahaan menggunakan ATS untuk menyeleksi CV.

Jika kalian akan melamar pada posisi Graphic Designer, Art Director, Illustrator dan bidang lainnya yang membutuhkan kreativitas, maka CV kreatif adalah pilihan kalian. Karena, melalui CV yang kreatif dan menarik secara tidak langsung dapat menggambarkan kemampuan yang kalian miliki.

Baik CV ATS maupun CV kreatif, isi dari CV tersebut yang perlu kalian perhatikan, mengingat CV adalah hal pertama yang akan dilihat perusahaan dari diri kalian.

Setelah memiliki CV yang baik dan benar tentunya kalian akan lebih percaya diri untuk melamar pekerjaan. Jobs.id menyediakan banyak lowongan pekerjaan yang dapat membantu kalian mewujudkan cita – cita!

Cari kerja lebih simple gak pake ribet? Pakai jobs.id aja! 😎

Cukup chat WA, customer support kami akan merekomendasikan pekerjaan yang sesuai untuk kamu. Selain itu, kamu bisa lacak loh status lamaran sampai ke tahap mana!

Yuk tunggu apalagi, cari kerja jadi gampang kan 😍😍

Author

SEO Content Writer at Jobs.id. Loved to share an articles about Career. Thanks!

Leave a Reply

Pin It