Front Office adalah adalah kontak pertama yang bertanggung jawab membuat kesan yang baik dan meningkatkan reputasi perusahaan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang suka berkomunikasi dengan banyak orang. Seperti apa tugas yang dilakukan Front Office? Apakah pekerjaan Front Office berbeda dengan Resepsionis?

Apa Perbedaan Resepsionis dan Front Office?

Front Office berasal dari bahasa inggris, yaitu kata “Front” yang bermakna “depan”, dan “Office” yang bermakna “kantor”. Jadi makna frasa Front Office adalah kantor depan. Front Office adalah posisi yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan langsung kepada tamu/pelanggan. Posisi pekerjaan Front Office kerap disamakan dengan resepsionis dan penjaga lobi hotel.

Apakah ada perbedaan antara Front Office dan Resepsionis? Jawabannya tidak, sebab Front Office dan Resepsionis memiliki tugas yang tidak jauh berbeda. Baik Resepsionis maupun Front Office adalah cerminan ‘wajah’ perusahaan sehingga mereka memiliki keterampilan komunikasi yang baik. 

Tugas yang dilakukan berkaitan dengan menerima sekaligus menyambut tamu, dan memberi dukungan pada tugas-tugas administrasi kantor. Mereka biasanya bekerja di ruang tunggu atau meja terdepan sebuah kantor. Kepada yang datang Front Office atau Resepsionis akan memberikan informasi yang diperlukan tentang perusahaan.

Tugas Front Office

1. Menyambut Tamu di Kantor

Front Office adalah orang yang menjaga agar meja depan tetap rapi dan bersih. Mereka akan menyapa dan menyambut tamu dengan suasana yang positif. Mereka juga menjawab semua pertanyaan klien dan mengatasi keluhan mereka.

READ:  Pelajari 8 Pertanyaan Ini untuk Interview Sales yang Mengesankan

2. Menjawab Panggilan Telepon

Tugas Front Office adalah menjawab semua panggilan masuk, menerima pesan, dan mengarahkan ulang panggilan yang sesuai saat diperlukan. Saat menerima telepon, mereka akan menulis notulen mengenai panggilan tersebut.

3. Menyiapkan dan Mengelola Persuratan

Front Office bertugas untuk mengatur dan memelihara dokumen dan catatan. Mereka juga mengawasi penyortiran dan pendistribusian surat masuk, serta menyiapkan surat keluar (amplop, paket, dan kiriman).

4. Melakukan Inventarisasi Perlengkapan Kantor

Front Office juga merupakan orang yang mengoperasikan peralatan kantor, seperti mesin fotokopi, dan printer. Mereka memantau perlengkap kantor dan memesan apa yang dibutuhkan. Tugas Front Office juga meliputi mencatat pengeluaran dan biaya kantor.

Syarat menjadi Front Office

1. Gelar Pendidikan

Front Office lulusan apa? Front Office biasanya berasal dari lulusan Pariwisata dan Perhotelan. Umumnya pekerjaan ini terbuka bagi lulusan SMA atau sederajat. Ijazah tambahan apa pun akan dianggap sebagai keuntungan.

2. Pengalaman Kerja 

Sebagian kantor menerima fresh graduate, namun pengalaman kerja sekian tahun sebagai Front Office atau peran serupa lebih disukai. Pengalaman ini juga terkait dengan pengalaman langsung menggunakan mesin kantor seperti faksimili, dan printer.

3. Kemampuan Mengoperasikan Ms. Office

Pengetahuan yang sangat baik tentang MS Office (terutama Excel dan Word) dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Hal ini karena tugas Front Office berkaitan dengan email dan dokumen digital lainnya.

4. Pengetahuan tentang Manajemen Kantor dan Pembukuan

Front Office membutuhkan pengetahuan yang kuat tentang prosedur kantor dan prinsip akuntansi dasar. Pengetahuan dalam pengaturan kantor depan.

5. Keterampilan Komunikasi yang Luar Biasa

Seorang Front Office haruslah punya keterampilan komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan. Mereka menjadi orang yang pertama kali ditemui tamu yang datang ke kantor.

READ:  Lowongan Translator Korea : Kenali Tugas dan Gajinya

6. Kemampuan Organisasi dan Multitasking yang Hebat

Selain keterampilan interpersonal dan komunikasi yang hebat, Front Office juga memiliki 

keterampilan manajemen waktu yang baik. Mereka juga multitasking dan dapat memecahkan masalah dengan pikiran yang berorientasi pelanggan.

Berapa Gaji Front Office?

Berapa gaji yang diterima seorang Front Office? Berdasarkan riset Indeed Front Office atau Front Desk Manager memiliki gaji rata-rata sebesar Rp 3,084,268 per bulan. Sementara situs Salary Explorer, Seseorang yang bekerja sebagai Front Office Manager di Indonesia biasanya berpenghasilan sekitar Rp 8.580.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp 4.290.000 (terendah) hingga Rp 13.300.000 (tertinggi).

Itulah informasi seputar Front Office. Semoga informasi tersebut menambah wawasan kamu tentang pekerjaan di bidang pelayanan. Dapatkan lowongan kerja Front Office dengan gaji terbaik hanya di Jobs.Id.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It