Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” sangat sering diajukan HRD ketika interview. Pertanyaan ini diajukan bukan tanpa tujuan dan biasanya ditanyakan saat HRD/user tertarik dengan CV atau resume anda.

Read: Perbedaan CV dan Resume

Tujuan HRD mengajukan pertanyaan “alasan bekerja di perusahaan” untuk mengukur ketertarikan kamu terhadap penawaran pekerjaan ini. Dalam proses seleksi, HRD ingin merekrut karyawan baru yang punya tingkat ketertarikan yang tinggi. Sehingga karyawan tersebut dapat berkontribusi dengan sungguh-sungguh.

Pertanyaan serupa yang sering di tanyakan oleh HRD terkait alasan bekerja di perusahaan adalah sebagai berikut

  • mengapa anda ingin bergabung dengan kami?
  • alasan kenapa anda tertarik bekerja disini?
  • mengapa tertarik bekerja di perusahaan kami?

Melalui pertanyaan ini juga HRD ingin mengetahui persiapan interview kamu. Apakah kamu melakukan riset mengenai perusahaan tersebut atau tidak sama sekalI. Kandidat yang cerdas memiliki kesiapan dan pengetahuan tentang perusahaan. Lantas, bagaimana cara menjawab kenapa mau masuk perusahaan ini?

💡 5 Contoh Jawaban “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”

Kalau kamu masih belum punya inspirasi jawaban saat di tanya alasan bekerja di perusahaan, berikut 5 (lima) contoh jawaban jawaban “mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami” saat interview. Kamu dapat menyesuaikan contoh jawaban mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami sesuai dengan keadaan dan pekerjaan yang dilamar.

READ:  5 Pertanyaan yang Paling Sering Muncul saat Interview User

Opsi jawaban ke-1

👩‍💼 Boleh diceritakan “Alasan ingin bekerja disini?”

Jawaban mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami

💡“Perusahaan ini dikenal secara internasional untuk (produk perusahaan) . Berdasarkan penelusuran saya terhadap perusahaan ini, saya akan dapat menginspirasi dan memberi kontribusi positif kepada lingkungan. Bekerja di perusahaan ini akan memberi saya kesempatan untuk membangun keterampilan dan pengalaman saya pada peran (posisi pekerjaan yang dilamar).”

Opsi jawaban ke-2

👩‍💼 Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?

💡“Saya ingin bergabung dengan perusahaan ini karena perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sesuai dengan tujuan pribadi saya dalam bekerja. Saya menginginkan peran di perusahaan ini karena keahlian utama saya (keterampilan utama yang dibutuhkan) dapat membantu pertumbuhan dan kemajuan perusahaan ini. Pada pekerjaan sebelumnya, saya dapat membawa peningkatan pada sisi (pencapaian dari pengalaman sebelumnya).”

Opsi jawaban ke-3

👩‍💼 Alasan mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami? Contoh jawabannya adalah sebagai berikut

💡 “Saya telah bekerja sebagai (peran yang relevan) selama (angka) tahun. Saya tidak hanya memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, tetapi juga sangat menikmati industri ini. Perusahaan ini dikenal karena membuat komitmen untuk (tujuan utama perusahaan). Perusahaan ini menawarkan jenis lingkungan yang saya sangat sukai.”

Opsi jawaban ke-4

👩‍💼 Apa yang membuat anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Jawaban mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami

💡“Saya ingin bergabung di perusahaan ini karena saya tahu saya akan hebat dalam pekerjaan saya. Saya memiliki bekal pengalaman yang relevan dengan pekerjaan ini. Saya melihat media sosial perusahaan ini memiliki pelanggan tetap yang sangat antusias, dan saya adalah salah satunya. Jadi saya ingin menerapkan keterampilan yang saya miliki kepada perusahaan yang saya dukung.”

READ:  Jawaban Interview “Berapa Gaji yang Anda Harapkan?”

Opsi jawaban ke-5

👩‍💼 Berikan alasan mengapa anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Jawaban mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami

💡“Reputasi perusahaan ini sangat baik. Saya telah mengagumi misi dan strategi perusahaan ini selama bertahun-tahun. Ada banyak nilai yang sangat saya kagumi. Hubungan perusahaan ini dengan masyarakat meningkatkan ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan ini.”

📝 Tips Saat Interview

1. Lakukan Riset tentang Perusahaan

Sebelum menghadiri interview, pastikan kamu meluangkan waktu untuk meriset perusahaan. Cari tahu misi, budaya, dan tujuan perusahaan yang akan menunjukkan kecocokan kamu dengan perusahaan. Kamu dapat memulai riset dengan membaca situs web perusahaan. Dengan melakukan riset tentang perusahaan, kamu dapat membicarakan keuntungan timbal balik antara kamu dan perusahaan.

2. Jelaskan Kecocokan dengan Perusahaan

Gunakan pertanyaan kenapa mau masuk perusahaan ini? untuk menjual diri kamu kepada perekrut. Jelaskan secara spesifik tentang apa saja hal yang membuat kamu cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan. Agar detail, kamu bisa membuat daftar persyaratan pekerjaan mana yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman kamu. Dalam menjawab pertanyaan kenapa mau masuk perusahaan ini?, soroti keterampilan dan keahlian yang membuat kamu memenuhi syarat pekerjaan itu. Kemudian, tambahkan pencapaian dan pengalaman sukses dari pekerjaan sebelumnya. 

3. Beritahu Kontribusi yang Dapat Diberikan

Selain menjelaskan kecocokan kamu dengan perusahaan, kamu harus memberitahukan kontribusi yang dapat kamu berikan untuk perusahaan. Jelaskan keterampilan dan pengalaman yang dapat membuat kamu sebagai kandidat yang kuat dan unik untuk pekerjaan itu. Jika memungkinkan, lebih baik kamu menyebutkan pencapaian dengan angka. Misalnya sebagai content writer, kamu pernah meningkatkan traffic website perusahaan sebesar 3% dalam 6 bulan. Setelah menyebutkan hal tersebut, kamu perlu mengatakan bahwa kamu akan melakukan hal yang sama untuk menambah nilai bisnis perusahaan.

READ:  Jawaban Kenapa Anda Tertarik Bergabung dengan Perusahaan Ini

4. Hindari Jawaban yang Berfokus Pada Pribadi

Dalam menjawab pertanyaan kenapa mau masuk perusahaan ini? sebaiknya kamu menghindari jawaban yang sentris ke dirimu sendiri. Fokus alasan utama sebaiknya tidak diarahkan ke lokasi kantor, jam kerja, atau gaji. Jawaban kamu harus berfokus kepada hal-hal yang menguntungkan perusahaan, bukan sebaliknya.

Mengapa anda ingin bergabung di perusahaan kami?

Pertanyaan lain yang tak kalah sering juga di Tanyakan oleh HRD

1. apa yang membuat anda tertarik bekerja di perusahaan kami?
2. apa harapan anda jika bergabung di perusahaan kami?
3. apa harapan anda jika diterima bekerja?
4. apa komitmen anda jika diterima?
5.mengapa anda tertarik bekerja di perusahaan kami?
6. mengapa saudara ingin bekerja di perusahaan kami?
7. kenapa tertarik bekerja disini?
8. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Itulah contoh jawaban kenapa kamu ingin bekerja disini khususnya fresh graduate yang kadang masih binggung cara menjawab interview apa tujuan anda bekerja. Sekali lagi, di atas adalah pertanyaan yang akan selalu anda dapatkan saat interview.

Jobs.id bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam menyediakan lowongan kerja bagi masyarakat di Seluruh Indonesia dengan berbagai Bidang.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It