Surat pengalaman kerja menjadi poin plus saat melamar kerja. Meski tidak semua perusahaan mencantumkannya sebagai syarat, surat pengalaman kerja bisa menjadi rekomendasi perusahaan untuk merekrut seorang pelamar.

Surat pengalaman kerja adalah dokumen penting yang berpengaruh terhadap karir. Oleh karena itu, sangat penting memiliki surat pengalaman kerja. Terlebih lagi jika kamu fresh graduate dengan pengalaman yang masih sedikit. 

Surat pengalaman kerja memiliki beberapa fungsi lain selain untuk melamar kerja. Tahukah kamu apa saja fungsi surat pengalaman kerja?  Dan bagaimana membuat surat pengalaman kerja? Jika belum mengetahuinya simak artikel berikut hingga selesai yuk!

Apa Itu Surat Pengalaman Kerja? 

Surat pengalaman kerja adalah keterangan tertulis yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja selama sekian waktu dengan jabatan tertentu. Surat ini menjadi bukti pengalaman kerja yang bisa dijadikan syarat administrasi untuk melamar pekerjaan. 

Paklaring atau surat pengalaman kerja merupakan hak normatif karyawan. Surat ini diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan melalui HRD. Mengutip buku Pekerja Melek Hukum oleh Tim Visi Yustisia, surat pengalaman kerja bersifat wajib bagi pemberi kerja. Merujuk Pasal 1239 KUHPerdata, apabila pemberi kerja tidak memberikan surat pengalaman kerja, maka pemberi kerja bertanggung jawab terhadap baik pekerja, maupun pihak ketiga atas kerugian yang timbul.

Namun tidak semua karyawan berhak memperoleh surat pengalaman kerja. Untuk memperolehnya, karyawan harus memenuhi beberapa persyaratan. Syarat tersebut ialah bekerja selama minimal 1 tahun, telah menunaikan semua kewajiban dan tanggung jawab, dan mengundurkan diri secara baik.

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

Fungsi surat pengalaman kerja yang utama untuk digunakan ketika melamar kerja. Dengan adanya surat pengalaman kerja, perekrut mengetahui bahwa pelamar adalah karyawan yang telah bekerja dengan baik. Surat ini menjadi bukti pengalaman, keterampilan, dan kontribusi positif selama bekerja di suatu perusahaan. 

Selain  untuk keperluan melamar kerja di perusahaan lain. Fungsi lain surat pengalaman kerja untuk pencairan dana JHT BPJS dan pengajuan fasilitas keuangan seperti KPR, KTA, dan kartu kredit.

Isi dan Format Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja memuat beberapa informasi. Informasi tersebut antara lain, deskripsi pekerjaan dan posisi, lama waktu bekerja, perilaku, pencapaian, dan intergritas karyawan selama menunaikan kewajibannya, serta alasan pemutusan hubungan kerja. 

Format penulisan surat pengalaman kerja sebagai berikut.

  • Kop Surat

Bagian atas surat sebagai penanda surat resmi adalah kop surat. Kop surat setiap perusahaan berbeda formatnya. Umumnya, kop surat berisi nama perusahaan, logo, alamat, alamat surel, dan nomor telepon. 

  • Judul Surat

Sesuai dengan tujuan surat, maka judul surat yang akan dibuat adalah surat pengalaman kerja. Judul surat ditulis untuk membedakan surat pengalaman kerja dengan surat sejenis lainnya, seperti surat keterangan kerja, dan surat rekomendasi kerja. 

  • Nomor Surat

Surat resmi yang diterbitkan instansi selalu mencantumkan nomor surat. Ini adalah penanda administrasi yang tertib. Penulisan nomor surat berguna untuk memeriksa surat-surat tertentu jika dibutuhkan. 

  • Identitas Pembuat Surat

Umumnya identitas yang ditulis sebagai pembuat surat adalah pekerja bagian HRD. Namun identitas pembuat surat juga bisa diisi dengan data dari atasan atau rekan kerja yang berkaitan dengan pekerjaan. Data yang ditulis hanyalah nama lengkap dan jabatan. 

  • Identitas Karyawan

Identitas diri karyawan yang dicantumkan adalah nama lengkap, nomor kepegawaian, dan alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

  • Isi Surat

Isi surat pengalaman kerja terkait dengan pengalaman bekerja karyawan di perusahaan. Pengalaman tersebut mencakup detail pekerjaan, jabatan, waktu kerja, keterampilan, dan kontribusi yang relevan dengan pekerjaan. Jika memungkinkan, pada bagian isi dapat menceritakan bagaimana etos kerja karyawan berpengaruh positif terhadap perusahaan. 

  • TTD dan Stempel Resmi

Seperti surat resmi lainnya, membuat surat pengalaman kerja juga diakhiri dengan tempat, tanggal, dan tanda tangan pihak pembuat surat. Untuk memvalidasi surat tersebut, perusahaan biasanya memberikan stempel resmi. 

Contoh Surat Pengalaman Kerja 

(KOP SURAT PT HARAPAN BANGSA)

SURAT PENGALAMAN KERJA

NO IX./HRD/XIV-2022

Yang bertanda tangan dibawah ini:

      Nama : Wibowo Jaya

      Jabatan : Manajer HRD

Dengan ini menerangkan nama yang tersebut dibawah ini:

   Nama : Sinta Malika

   Nomo Kepegawaian : 193749282

   Alamat : Jl Mawar No. 116, Jakarta Timur

Telah bekerja pada PT Harapan Bangsa sebagai digital marketing sejak 4 April 2018 s/d 4 April 2022. Yang bersangkutan berhenti karena mengundurkan diri atas keinginannya sendiri. Selama menjadi karyawan kami, saudari Sinta Malika menunjukkan reputasi dan dedikasi yang baik. Atas nama perusahaan kami mengucapkan terima kasih atas kerja samanya selama ini. 

Demikian surat ini dibuat dengan sebenarnya untuk dipergunakan seperlunya.

Jakarta, 7 Mei 2022

PT Harapan Bangsa

(TTD) 

Wibowo Jaya

Manajer HRD

So, itulah informasi seputar membuat surat pengalaman kerja. Yuk tambah pengalaman kerja kamu dengan mendaftar lowongan kerja di Jobs.Id! Ada banyak lowongan kerja terbaru di berbagai industri yang bisa kamu lamar loh. Tunggu apalagi, ayo lamar sekarang!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It