Hai Jobseekers! Sedang bersiap untuk wawancara kerja pertama? Namun lagi overthinking karena bikin kesalahan saat interview kerja? Gagal dalam wawancara kerja dapat terjadi karena banyak faktor. Misalnya, wawancara kerja yang tidak disiapkan dengan baik. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan wawancara? 

Artikel ini merangkum beberapa faktor tersebut sehingga kamu bisa mempersiapkan wawancara kerja pertama. Apa saja hal yang bikin gagal dalam wawancara kerja?  Faktor apa saja yang dapat menyebabkan gagalnya wawancara bagi calon karyawan? Simak selengkapnya di sini!

Cara Menghadapi Interview Kerja bagi Pemula

Apa yang harus dilakukan saat pertama kali interview? Ketika mendapat panggilan interview kerja, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Bekali diri kamu dengan informasi tentang perusahaan, job desk, dan berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan saat interview.

Hal selanjutnya yang mesti dilakukan, memaksimalkan penampilan saat interview nanti. Rencanakan outfit apa yang akan dikenakan. Sesuaikan jenis outfit ini berdasarkan perusahaan yang dilamar. Misalnya, kamu melamar di perusahaan korporat, maka kenakanlah pakaian formal. Lain halnya jika kamu melamar di startup, kamu masih diperkenankan mengenakan busana casual selama bukan jeans. 

Kesalahan saat Interview Kerja

Apa saja yang menyebabkan sebuah wawancara tidak berjalan dengan lancar? Apa yang tidak boleh dilakukan saat wawancara kerja? Dan hal-hal apa saja yang harus kita hindari saat melakukan wawancara? Berikut adalah lima kesalahan saat interview kerja yang dapat membuat kamu tersingkir sebagai kandidat terbaik. 

READ:  Cara Praktis Membuat Portofolio dengan 5 Situs Ini

1. Datang Terlambat

Kesalahan saat interview kerja yang pertama, datang terlambat. Ketika kamu datang terlambat, ini menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai waktu. Dengan datang terlambat, HR juga akan menilai bahwa kamu memiliki manajemen waktu yang buruk. 

2. Berpakaian Tidak Pantas

Jangan sampai salah kostum saat interview kerja. Kesalahan saat interview kerja ini bisa bikin interviewer ilfil sejak pandangan pertama. Jadi, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sesuai. Tunjukkan profesionalitas kamu melalui pemilihan busana. Ingat, penampilan memberi kesan pertama pada HRD. 

3. Tidak Melakukan Riset 

Minim informasi adalah kesalahan saat interview kerja berikutnya. Fresh graduate sering tidak mengenal perusahaan yang dilamar. Ketika recruiter menanyakan tentang perusahaan, pelamar kerap terbata-bata menjawab. Pastikan kamu melakukan riset mengenai perusahaan yang dilamar terlebih dahulu ya, Jobseekers.

4. Bahasa Tubuh yang Buruk

Saat interview berlangsung, jagalah bahasa tubuh kamu sebaik mungkin. Jangan berlebihan dalam menjawab pertanyaan interview. Mengutip Times of India, ada lima bahasa tubuh yang meninggalkan kesan buruk. Antara lain menyentuh wajah saat berbicara, jari-jari terjalin, berdiri sambil menyilangkan kaki, menyilangkan lengan di belakang punggung, dan tidak merespons.

5. Menanyakan Gaji saat Interview

Kesalahan saat interview kerja yang terakhir, menanyakan tentang gaji. Jika perekrut tidak membicarakan perihal gaji sebelumnya, jangan pernah memulai pembicaraan tentang gaji. Hal ini karena gaji hanya akan dibahas hingga kamu mendapatkan offering letter.

Itulah 5 hal yang bikin gagal dalam wawancara kerja pertama. Dengan menghindari hal-hal di atas, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menonjol dari kandidat lain sehingga mendapatkan tawaran pekerjaan.

Bagaimana Cara Interview agar Diterima?

Wawancara kerja menjadi hal yang menakutkan saat melamar kerja bagi hampir semua fresh graduate. Tahap wawancara menjadi momen mendebarkan yang menentukan kelanjutan seleksi lowongan kerja yang dilamar.

READ:  Cara Menambahkan Sertifikat di LinkedIn dan Manfaatnya

Dalam sesi interview kamu akan dihujani berbagai pertanyaan yang menjebak. Sebagai fresh graduate sangat wajar bila kamu masih belum menguasai pertanyaan-pertanyaan interview. Namun dengan mempelajarinya jauh-jauh hari sebelum interview, kamu akan lebih mudah menghadapinya.

Ingin tahu apa saja tips wawancara kerja agar lolos seleksi? Bagaimana cara berbicara yang baik saat interview? Apa yang harus kita lakukan ketika interview? Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mengikuti Festival Siap Kerja #DapatKerjaBebasDrama bersama Jobs.Id. 

Sebagai peserta, kamu akan dibekali lebih dari 10 workshop persiapan karir dari expert di bidang masing-masing agar siap kerja. Menariknya, acara ini gratis loh! Yuk daftar sekarang dan temukan berbagai pekerjaan impianmu di Jobs.Id. 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It