Apakah kamu sedang memikirkan bagaimana cara mengawali karir menjadi digital marketing? Beberapa tahun ke belakang, profesi digital marketing banyak diminati. Hal ini seiring dengan perkembangan internet yang meluas ke semua penjuru.

Mengejar karir di bidang pemasaran digital tidak mudah. Profesi ini punya prospek karir yang bagus. Namun berkarir sebagai digital marketing punya berbagai tantangan unik, khususnya tentang strategi pemasaran digital yang efektif.

Kembali ke pertanyaan awal mengenai cara mengawali karir menjadi digital marketing. Mengawali karir sebagai digital marketing membutuhkan keputusan yang kuat. Untuk mengawali karir pada bidang ini, kamu perlu menyiapkan diri sebelum terjun mengejar karir digital marketing.

Tingginya penawaran sekaligus permintaan terhadap digital marketing membuat perusahaan menginginkan digital marketing yang serbaguna. Perusahaan banyak mencari digital marketing kompeten, yang dapat menangani beragam kampanye. Jadi, bagaimana cara mengawali profesi digital marketing?

Tips Berkarier sebagai Digital Marketing

1. Fokus pada Satu Area Pemasaran Digital

Digital marketing yang kompeten tahu memasarkan kampanye pada semua saluran, tetapi mereka akan fokus pada satu saluran saja. Meski demikian, kamu juga perlu setidaknya memahami dasar-dasar area pemasaran yang lain.

Ada berbagai jenis dan karakteristik saluran pemasaran digital. Saluran pemasaran yang umum digunakan terdiri dari beberapa macam yaitu, pemasaran konten, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran media sosial,  email marketing, analisis digital, pengembangan web, dan iklan digital. Pilih satu yang paling disukai. Pertimbangkan apakah kamu orang yang lebih kreatif atau analitis.

READ:  Berapa UMR Tangerang sebagai Kota Industri?

Misalnya, jika passion kamu adalah menulis maka belajarlah membuat tulisan yang mendatangkan pengunjung untuk membaca. Kembangkan menulis khususnya content writing, dan copywriting. Pelajari taktik SEO saat menulis di blog, website, bahkan media sosial. Penerapan SEO yang optimal membantu tulisan kamu banyak dibaca pengguna internet sebab tulisan tampil di halaman utama mesin pencari. 

2. Pelajari Area yang Dipilih

Pelajari secara detail area pemasaran digital yang kamu pilih. Kamu sebaiknya menjadi expert pada area tersebut. Carilah informasi yang paling baru, sebab industri digital bergerak dengan cepat dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Skill yang tidak diupgrade membuat kampanye tidak efektif. Makanya posisi digital marketing harus menjaga pengetahuan tetap mutakhir.

Ada banyak sumber online yang tersedia untuk menggali informasi saluran pemasaran digital. Ciptakan motivasi untuk selalu mengembangkan diri. Ingatlah, perusahaan membutuhkan orang yang kompeten pada bidangnya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan membuat kamu unggul. 

3. Tunjukkan Keahlian melalui Proyek Pribadi 

Modal pertama sebagai tekad mengawali karir menjadi digital marketing adalah membuat situs web kamu sendiri. Website yang kamu buat membantu kamu meningkatkan keahlian, mempelajari, dan mengeksekusi strategi pemasaran digital. Membangun situs web dari nol juga memperbesar pengalaman kamu dalam memasarkan konten, email, mengoptimasi mesin pencari, dan membuat iklan online

Selain menjadi proyek pribadi, website kamu bisa menawarkan layanan pemasaran digital melalui website. Layaknya, agensi digital profesional kamu bekerja lepas membantu pihak-pihak yang butuh bantuan terkait strategi digital marketing. Promosikan website dengan maksimal. Proyek pribadi ini bisa menambah portofolio yang meningkatkan daya tarik resume dan profil LinkedIn.

4. Jalankan Alat Pemasaran Digital

Situs web pribadi bisa menjadi tempat kamu mempraktikan alat-alat pemasaran digital. Kamu bisa menggunakan alat pemasaran digital yang gratis dulu seperti Google Analytics. Alat gratis ini bermanfaat untuk mengetahui data pengunjung situs, aktivitas pengunjung dan metrik lain terkait situs web. Selain Google Analytics, ada beberapa tool pemasaran digital lain yang perlu diketahui, antara lain Google Search Console (GSC), ConvertKit, SEMRush, Hunch Ads & Kissmetrics, dan Buffer. Tools tersebut membantu kamu menemukan strategi pemasaran dan target yang realistis. 

READ:  Lowongan Fresh Graduate, Jangan Asal Lamar!

5. Melamar Posisi Digital Marketing

Setelah mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman berdasarkan website pribadi, langkah selanjutnya adalah melamar untuk posisi digital marketing. Agar mudah mendapatkannya, kamu bisa memulai pekerjaan digital marketing dari posisi entry-level atau magang. Perusahaan rintisan bisa menjadi tempat mengawali karir digital marketing. Start up banyak membuka tawaran magang bukan hanya untuk posisi digital marketing tetapi juga posisi spesialis lain seperti SEO Specialist, atau Content Strategist.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengawali karir menjadi digital marketing. Terus asah kemampuan kamu sebagai persiapan menuju jalur karir terbaik. 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It