Staff Administrasi atau yang kerap disebut admin adalah salah satu profesi yang memiliki peranan sentral. Posisi admin selalu dibutuhkan dan dicari di setiap perusahaan. Sebab tanpa administrasi yang baik, organisasi tidak bisa berjalan dengan baik juga. 

Posisi admin memiliki fungsi untuk mengatur dan mengarahkan perusahaan ke tujuan yang lebih efektif. Dari segi gaji dan jenjang karir, profesi ini boleh banget dilirik sebagai pekerjaan impian. Jenjang karir admin tidak berhenti pada kepala tata usaha saja loh. Lalu, bagaimana jenjang karir admin di perusahaan?

Besaran Gaji Admin

Berapa gaji sebagai staff administrasi? Sebelum mengenal jenjang karir admin, sebaiknya kamu mengetahui dulu kisaran gaji admin. Potensi gaji yang didapatkan ditentukan berdasarkan beberapa faktor yang terdiri dari: pengalaman kerja, jenjang pendidikan terakhir, Upah Minimum Regional (UMR), tanggung jawab yang akan dipegang, jumlah stakeholders yang harus dibantu, industri, dan besar kecilnya organisasi, serta sertifikasi yang dimiliki.

Berdasarkan riset Indeed, gaji rata-rata yang diterima Staf Administrasi sebesar Rp 3,271,677 per bulan. Sementara menurut Salary Explorer, Administrative Assistant di Indonesia biasanya berpenghasilan sekitar Rp 6.400.000 per bulan. Gaji berkisar dari Rp3.010.000 (terendah) hingga Rp10.100.000 (tertinggi). Adapun Manajer Administrasi mendapat gaji antara Rp 5.240.000 hingga Rp 14.700.000. Dengan penghasilan rata-rata sekitar Rp 9.710.000 per bulan.

Jenjang Karir Admin

Memiliki karir yang terarah adalah impian banyak orang, selain nominal gaji yang tinggi. Apakah admin memiliki jenjang karir di suatu perusahaan? Simak tingkatan jenjang karier admin berikut!

READ:  Lowongan Translator Korea : Kenali Tugas dan Gajinya

1. Junior Administrative Staff

Jenjang karir admin dimulai dengan posisi Junior Administrative Staff. Tingkat junior pengalaman yang dibutuhkan tidak lebih dari 2 tahun. Junior Administrative Staff bertanggung jawab untuk melakukan fungsi administrasi untuk mendukung operasi dan persyaratan bisnis. Mereka menulis dan mengajukan laporan, menjadwalkan janji temu, dan merencanakan pengaturan perjalanan.

Seorang Junior Administrative Staff akan membantu pekerjaan admin di tingkat menengah. Mereka dituntut memiliki keterampilan komunikasi dan organisasi yang luar biasa. Hal ini akan sangat berguna terutama dalam proses manajemen data, menyortir dokumen secara akurat, dan memperbarui informasi di database. 

2. Senior Administrative Staff

Senior Administrative Staff adalah jenjang karir admin tingkat menengah. Pengalaman yang dilalui untuk sampai pada posisi ini antara 3 hingga 4 tahun pengalaman. Posisi Senior Administrative Staff mendukung manajer senior dan memastikan operasi kantor berjalan dengan baik. 

Mereka melakukan tugas administrasi harian perusahaan. Mereka akan menjawab panggilan telepon, merencanakan rapat, dan membuat pengaturan perjalanan dan reservasi untuk manajer senior. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan sistem pengarsipan, menyediakan laporan statistik dan anggaran, serta meningkatkan kebijakan dan prosedur kantor. 

3. Head of Administrative

Jenjang karir admin teratas adalah Head of Administrative. Posisi tingkat senior ini membutuhkan pengalaman kerja sebagai staf administrasi mulai dari 6 hingga 10 tahun. Head of Administrative adalah orang yang mengkoordinasikan fungsi operasional harian, memantau anggaran, mengawasi manajer, meningkatkan efisiensi bisnis, meminta audit, dan menganalisis data keuangan.

Untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, Head of Administrative dituntut memiliki Keterampilan pemecahan masalah yang unggul, kepemimpinan, dan motivasi diri yang kuat. Selain kemampuan komunikasi dan organisasi yang sangat baik, orang yang menduduki posisi ini adalah mereka yang dapat diandalkan dalam manajemen anggaran dan people management.

Bagaimana menjadi Staff Administrasi?

Staff administrasi lulusan apa? Untuk menduduki posisi Staf Administrasi, umumnya kamu harus memiliki latar belakang pendidikan Administrasi Perkantoran. Materi perkuliahan yang dipelajari di program studi ini sangat cocok dengan berbagai job desk Staf Administrasi. Di antaranya, konsep administrasi dan manajemen, manajemen kearsipan, serta komunikasi dan public speaking.

Selain profesi Staf Administrasi, kamu mungkin juga ingin tahu peluang pekerjaan lainnya. Kunjungi Jobs.Id untuk menemukan berbagai lowongan kerja yang menarik bagi kamu. Beberapa pekerjaan serupa Staf Administrasi, seperti Sekretaris, Financial Consultant, Trainee Manager, atau Accounting Staff.

READ:  7 Pertanyaan Interview Kasir, Pelajari Yuk!

Kami selalu berusaha memberikan informasi lowongan kerja terbaru yang valid dan bernilai untuk kamu. Tunggu apalagi, ayo temukan lowongan kerja di Jobs.Id yang sesuai passion kamu!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It