LinkedIn adalah platform terpopuler untuk mencari pekerjaan dan membangun jaringan karir. Profil di LinkedIn dikembangkan sudah selayaknya CV digital. Recruiter sering banget nih memanfaatkan LinkedIn sebagai tempat cek latar belakang kandidat. Bahkan, nggak jarang juga mereka tertarik merekrut seseorang karena Headline di profil LinkedIn-nya yang menarik.

Apa Itu Headline LinkedIn? Headline LinkedIn adalah bagian di bawah nama kamu di profil LinkedIn kamu yang mendeskripsikan tentang dirimu. Headline LinkedIn menjadi bagian pertama yang dilirik orang ketika mengunjungi profilmu. Dengan menampilkan headline LinkedIn yang menarik, kamu bisa menghasilkan lebih banyak prospek interview kerja.

Nah, inilah sebabnya mengapa penting membuat headline LinkedIn yang powerful. Mau tahu bagaimana contoh headline LinkedIn yang powerful? Jobs.Id telah merangkumnya dalam artikel ini, simak selengkapnya yuk!

Cara Memperbarui Headline LinkedIn

Bagaimana cara menulis headline di LinkedIn? Berikut langkah-langkah untuk memperbaruinya!

  1. Klik ikon ‘Saya’ di bagian atas halaman utama LinkedIn
  2. Klik ‘Lihat Profil’
  3. Klik ikon ‘Edit’. Di pop-up ‘Edit Intro’, tuliskan teks di bagian kotak headline sesuai keinginan kamu.
  4. Klik ‘Simpan’ setelah selesai. Kamu dapat melihat perubahan pada headline di profil LinkedIn kamu.

Tips Menulis Headline LinkedIn

Apa tujuannya dibuat headline yang kuat? Tentu saja untuk meningkatkan peluang panggilan interview. Ikuti tiga tips berikut untuk membuat headline LinkedIn yang efektif dalam pencarian pekerjaan.

READ:  10 Kesalahan Besar dalam Rekrutmen Karyawan

1. Gunakan Keyword yang Tepat

Headline LinkedIn yang bagus memiliki kata kunci (keyword) yang strategis. Untuk meningkatkan peluang kamu, gunakan keyword yang tepat dan relevan dengan audiens. Tujuannya agar kamu lebih sering muncul dalam daftar teratas pencarian.

2. Tulis dengan Spesifik

Pastikan Headline LinkedIn kamu menggabungkan beberapa informasi berharga, yaitu judul pekerjaan, keahlian dan nilai yang dimiliki, hardskill, sertifikasi, prestasi dan lokasi. Dengan menulis headline LinkedIn yang jelas dan spesifik, kamu memperbesar peluang untuk menarik audiens yang relevan denganmu.

3. Harus Jujur

Headline LinkedIn dengan pengalaman dan pencapaian yang hebat terlihat sangat mengagumkan, namun jangan pernah menulis headline atau mencantumkan sesuatu di LinkedIn kamu yang tidak benar. Tulis saja dengan jujur dan jangan memperindah fakta. Misalnya, sebenarnya kamu hanya bekerja selama 1 tahun, namun kamu menulisnya menjadi 2 tahun.

Contoh Headline LinkedIn yang Powerful

Headline di LinkedIn diisi apa? Masih bingung bagaimana cara mengisi LinkedIn untuk fresh graduate? Untuk menginspirasi kamu, Jobs.Id telah menyiapkan contoh headline LinkedIn terbaik untuk pencari kerja.

1. Contoh Headline LinkedIn untuk Mahasiswa

Apakah LinkedIn bisa untuk mahasiswa? Jawabannya ya. Dalam headline LinkedIn kamu bisa mengisinya dengan pendidikan kamu saat ini. 

Software Development Student at University of Bekasi | Java, PHP, Javascript | Looking for Full Time Software Engineer Job

Finance Student at KIV University | Financial Analysis, Reporting, and Auditing | Seeking Entry-Level Opportunity

2. Contoh Headline LinkedIn untuk Fresh Graduate

Sebagai lulusan baru (fresh graduate) kamu mungkin belum memiliki pengalaman kerja. Di headline LinkedIn, kamu dapat menyoroti pengalaman yang relevan seperti magang atau part-time. Kamu bisa menggunakan template headline berikut:

READ:  Cara Menambahkan Sertifikat di LinkedIn dan Manfaatnya

Graduate Student at ABC University | Copywriter Intern at Qerja | Content Marketing Intern at MyFashiion

“Intern @QMB | Graduate Student at XFG University”

atau jika kamu juga tidak memiliki pengalaman magang yang relevan, kamu dapat menuliskan:

Recent Indonesian literature graduate with a focus in linguistic and content writing

Graduate Communications seeking opportunities in public relations

3. Contoh Headline LinkedIn untuk Kandidat Berpengalaman

Ini adalah beberapa contoh headline LinkedIn yang dapat dicontoh oleh kandidat berpengalaman. Pastikan kamu menuliskan posisi atau peran pekerjaan kamu dan prestasi atau nilai menarik yang dapat ditonjolkan.

Digital Marketing Qareer.com | Ex XYZ Company (Digital Advertiser) | Berpengalaman mengelola iklan FB & IG

Marketing Executive at eCommee | Aspiring Digital Marketing

Accountant at Numbers Indonesia | Certified Public Accountant

Human Resources Manager | 3+ Years of People Experience | Certified Human Resources Professional

Gimana, sudah semakin paham dong betapa pentingnya headline LinkedIn? Setelah melihat contoh headline LinkedIn di atas, yuk mulai coba buat headline LinkedIn kamu sendiri! Tetap semangat apply lowongan kerja terbaru di Jobs.Id untuk meningkatkan peluang pekerjaanmu. Ada banyak lowongan kerja di berbagai posisi yang bisa dilamar fresh graduate loh. Cek sekarang ya!

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It