Hai, fresh graduate! Masih semangat scrolling LinkedIn dong! LinkedIn adalah media sosial yang paling bermanfaat bagi mereka yang mencari pekerjaan baru, atau bagi para calon pemberi kerja. Untuk merekrut kandidat potensial, calon pemberi kerja dapat dengan mudah melihat profil LinkedIn dan melihat kualifikasi apa yang kamu miliki.

Jika kamu mengikuti pelatihan skill, kamu bisa menambahkan detail ke profil agar semua orang tahu tentang pencapaian kamu dalam lulus kursus dan keterampilan yang kamu miliki sekarang. Sudah tahu belum gimana cara menambahkan sertifikat di Linkedin? Yuk simak artikel berikut supaya makin paham.

Apa Itu Sertifikasi?

Sertifikasi adalah surat keterangan tertulis yang diperoleh oleh seorang individu untuk memverifikasi legitimasi dan kompetensi mereka dalam melakukan pekerjaan tertentu. Sertifikasi menjadi tanda bahwa kamu telah dilatih, dididik, dan siap untuk memenuhi serangkaian kriteria khusus dalam pekerjaan atau peran tertentu. Sertifikat hanya didapatkan hanya setelah kamu dinyatakan lulus penilaian yang tepat yang dikelola oleh lembaga kredensial pihak ketiga yang diakui.

Apa Bedanya Sertifikasi dan Lisensi?

Sebelum mengetahui cara menambahkan sertifikat di LinkedIn, pahami dulu yuk apa bedanya sertifikasi dan lisensi. Perbedaan utama antara sertifikasi dan lisensi dari sisi administrasi. Sertifikasi biasanya dapat dikeluarkan oleh lembaga, atau organisasi non-pemerintah. Sedangkan lisensi harus dikeluarkan oleh lembaga pemerintah.

Dari sisi kewajiban kepemilikan, sertifikasi pada umumnya bersifat sukarela atau tidak wajib bagi seseorang untuk memilikinya. Sebaliknya, lisensi bersifat wajib, untuk membuktikan bahwa seseorang telah dilatih di suatu bidang secara resmi oleh lembaga pemerintah yang ditunjuk. 

READ:  6 Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Mengapa Penting Mencantumkan Sertifikat di LinkedIn?

Kenapa sih harus tahu cara menambahkan sertifikat di LinkedIn? Ada tiga alasan yang bisa kamu pertimbangkan tentang pentingnya mencantumkan sertifikat di profil LinkedIn kamu, simak ya!

1. Menunjukkan Produktivitas dan Karakteristik Diri

Menghabiskan waktu untuk mendapat lisensi dan sertifikasi membantu menciptakan kesan yang positif dalam dirimu. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki karakteristik yang dicari para pemberi kerja, yaitu kemauan yang kuat untuk belajar, rasa ingin tahu yang tinggi, disiplin, dan kedewasaan intelektual. Ingin tahu loker terkini? Kunjungi Jobs.Id untuk tahu lowongan kerja terbaru.

2. Menunjukkan Kompetensi Tertentu 

Menambahkan sertifikat di LinkedIn membantu memandu para pemberi kerja ke arah yang benar untuk lebih memahami keahlian kamu. Mereka akan mengetahui dengan jelas apakah kompetensi skill kamu berada di media sosial, desain grafis, atau memiliki kemahiran bahasa tertentu.

3. Meningkatkan Kualitas CV/Resume Checking

Para HRD dan recruiter menggunakan LinkedIn untuk menilai kandidat. LinkedIn kerap disamakan dengan CV/Resume digital kita loh. Oleh sebab itu, menambahkan sertifikat di LinkedIn dapat membantu kamu menonjol.

Cara Menambahkan Sertifikat di LinkedIn

Bagaimana cara menambahkan sertifikat di LinkedIn? Perhatikan langkah-langkah berikut yuk!

  1. Masuk ke akun LinkedIn kamu, lalu buka profil LinkedIn.
  2. Jika kamu telah memiliki bagian Sertifikasi yang telah ditambahkan ke profil, cukup gulir ke sana dan klik ikon pensil (edit) untuk masuk ke mode edit, lalu lanjutkan ke Langkah 4.
  3. Jika kamu belum menambahkan bagian Sertifikasi ke profil, tepat di bawah foto profil LinkedIn, klik “Tambahkan Bagian ke Profil”. Kemudian pilih “Direkomendasikan” dan klik “Tambahkan lisensi & sertifikasi”.
  4. Setelah mencapai bagian itu, isilah detail tentang sertifikat yang terdiri dari:
  • Nama, masukkan nama kursus atau program.
  • Organisasi penerbit (mulai ketik nama dan jika memiliki halaman LinkedIn, itu akan muncul di menu tarik-turun – klik di atasnya)
  • Beri tanda centang pada kotak di bawahnya jika sertifikat Anda tidak memiliki tanggal kadaluarsa
  • Tanggal terbit, pilih bulan dan tahun saat kamu memperoleh sertifikasi
  • ID Kredensial (opsional)
  • URL Kredensial (opsional)
  1. Klik “Simpan” untuk menyimpan pembaruan, dan sertifikat yang ditambahkan sekarang muncul di profil kamu, di bawah Lisensi & Sertifikasi.
READ:  5 Perbedaan Content dan Copywriter

LinkedIn tidak lagi membagikan perubahan pada Lisensi & Sertifikasi ke jaringan kamu. Jadi, pastikan kamu membagikan pencapaian ini dengan pos terpisah. Caranya mudah kok! Buka beranda, lalu buat pembaruan yang menjelaskan dengan jelas apa dan mengapa kamu membagikannya. Jangan lupa gunakan tag untuk mendapatkan jumlah yang tepat.

Nah, itulah cara menambahkan sertifikat di LinkedIn. Sudah paham kan caranya, yuk praktikkan di profil kamu! Kalau kamu mau tambah peluang panggilan interview, kunjungi Jobs.Id dan apply lamaran ke lowongan kerja impianmu. Banyak lowongan kerja untuk fresh graduate loh! 

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It