Saat interview salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah “Berapa gaji yang Anda harapkan?”. Pertanyaan tentang gaji cukup sensitif dalam dunia kerja. Namun biasanya HRD menanyakannya untuk mengetahui seberapa besar kamu mengenali kemampuan diri dan apakah perusahaan mampu untuk menjangkau kemampuan yang kamu miliki tersebut untuk bekerja dengan perusahaan.

Bagaimana cara menjawab berapa gaji yang diinginkan? mungkin kelihatannya mudah, namun pertanyaan ini cukup menjebak. Bila tidak cermat, jawabanmu bisa menjauhkan kamu dari gaji yang lebih tinggi yang bisa kamu capai. Nah, berikut ini cara memberi jawaban interview “Berapa gaji yang Anda harapkan?”.

Cara Menjawab “Berapa Gaji yang Anda Harapkan?

Apa yang harus dijawab ketika ditanya mau gaji berapa? Jawaban Interview “Berapa gaji yang Anda harapkan?” sebagai berikut.

1. Riset Kisaran Gaji

Untuk bisa memberi jawaban Interview “Berapa gaji yang Anda harapkan?”, kamu harus mengetahui kisaran gaji di posisi tersebut. Lakukan riset mengenai gaji posisi pekerjaan tersebut di kota tempat kamu akan bekerja. Misalnya, kamu melamar untuk posisi Copywriter di kota Jakarta. Berdasarkan situs Indeed, gaji Copywriter di Jakarta berkisar Rp 4,935,096 per bulan.

2. Sesuaikan Gaji dengan Job Desk dan Skillset

Setelah meriset besaran gaji di berbagai situs, kamu jadi memiliki gambaran seberapa banyak nominal yang bisa dibawa pulang dari pekerjaan itu. Kemudian pertimbangkan, apakah gaji tersebut sesuai dengan job desk yang diemban. Sesuaikan job desk tersebut dengan pengalaman dan skillset yang dimiliki. Misalnya berdasarkan pengalaman kerja sebelumnya, pekerjaan yang baru ini memiliki tanggung jawab yang lebih besar, maka kamu dapat mempertimbangkan estimasi gaji yang lebih besar. Kamu juga bisa membaca job desk yang diberikan perusahaan lain dari lowongan kerja di Jobs.Id loh!

READ:  7 Pertanyaan Interview Admin, Fresh Graduate Wajib Tahu!

3. Pikirkan Estimasi Gaji yang Diharapkan

Jawaban interview “Berapa gaji yang Anda harapkan?” yang terbaik adalah dengan menjawab estimasi gaji yang diharapkan. Kamu dapat menyebutkan rentang nominal yang kamu inginkan. Hindari menyebut angka pasti, sebab ini akan memperkecil peluang kamu mendapat gaji yang lebih tinggi dari yang diharapkan.

4. Sebutkan Gaji di Perusahaan Sebelumnya

Jika kamu pernah punya pengalaman kerja di posisi serupa sebelumnya, kamu dapat menyebutkan nilai gaji terakhirmu. Gaji yang diterima sebelumnya akan menjadi tolok ukur recruiter memberi gaji yang sepadan denganmu. Selain gaji, kamu juga boleh menyebutkan benefit lain yang kamu dapatkan. Misalnya Tunjangan Hari Raya (THR), uang makan, uang transportasi, atau asuransi kesehatan dan yang lainnya.

5. Lakukan Negosiasi Gaji dengan Baik

Meskipun recruiter menanyakan jawaban interview “Berapa gaji yang Anda harapkan?”, bukan berarti estimasi gaji yang disebutkan langsung disetujui. Negosiasi gaji sangat mungkin diperlukan setelah pertanyaan ini diajukan. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik untuk menegosiasikan gaji dengan recruiter ya!

Contoh Jawaban Interview “Berapa Gaji yang Anda Harapkan?”

  1. “Saya meyakini bahwa pengalaman saya sebagai Digital Marketing selama 3 tahun dapat memberi kontribusi tinggi bagi perusahaan Anda. Setelah melakukan riset mengenai kisaran gaji di posisi ini dengan tahun pengalaman yang sama, saya mengetahui rata-rata gaji yang ditawarkan berada di antara nominal X sampai X juta rupiah. Saya sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut mengenai nominal tersebut, sehingga nominal yang disepakati dapat juga sesuai dengan anggaran perusahaan, job desk, skillset, dan pengalaman yang saya miliki.”
  1. “Setelah lulus saya bekerja sebagai Customer Service selama 2 tahun. Di perusahaan sebelumnya, saya memperoleh gaji yang berkisar antara X hingga X juta rupiah. Saya juga menerima tunjangan makan, transportasi, dan asuransi kesehatan yang ditanggung oleh perusahaan. Saya percaya bahwa melalui diskusi baik, saya akan memperoleh gaji yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki.”
  1. “Selama masa perkuliahan saya aktif dalam acara kepanitiaan di kampus. Saya pernah menjabat sebagai sekretaris Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan bekal keterampilan dan pengalaman yang dimiliki, saya dapat berkontribusi sebagai Staf Administrasi di kantor Bapak/Ibu. Hasil riset saya menunjukkan bahwa rata-rata gaji yang ditawarkan perusahaan lain di kota X berada di antara X hingga X juta. Saya yakin dengan diskusi lebih lanjut, baik saya maupun perusahaan dapat menemukan jalan tengah yang adil dan sesuai.”
READ:  9 Pertanyaan Interview Customer Service dan Jawabannya

Jadi sudah tahu kan bagaimana jawaban yang tepat tentang ekspektasi gaji. Jangan lupa praktikan cara tersebut ya. Yuk temukan lowongan kerja di Jobs.Id! Ada banyak penawaran menarik loh.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It