Dalam banyak info lowongan kerja, perusahaan kerap mencantumkan fresh graduate welcome. Tahukan apa artinya dan Fresh graduate berapa lama?

Apa Arti Fresh Graduate?

Fresh graduate artinya adalah setiap individu yang baru lulus baik dari sekolah SMA atau SMK, atau perguruan tinggi dengan  jenjang diploma atau sarjana (bachelor degree). Kriteria fresh graduate ini berbeda-beda pada tiap perusahaan.

Siapa yang dikatakan fresh graduate?

Istilah fresh graduate sering dipakai untuk menyebut seseorang yang baru saja lulus dari kuliah, kemudian sedang mencari pekerjaan. Tak jarang juga digunakan untuk menyebut lulusan sekolah SMA atau SMK.

Jadi jika anda bingung, Apakah lulusan SMA/K disebut fresh graduate? Jawabannya adalah IYA.

Intinya fresh graduate artinya seseorang yang sedang cari pekerjaan pertama kali setelah lulus kuliah/sekolah. Namun di dunia kerja, seseorang yang memiliki pengalaman kerja dengan cakupan zero experience hingga 1 tahun masih disebut fresh graduate. Jadi sudah tahu kan Sampai kapan dibilang fresh graduate?

Apa kelebihan fresh graduate?

Lulusan baru dapat menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, sebagian perusahaan masih tertarik merekrut fresh graduate pada posisi tertentu. Nantinya fresh graduate akan memegang posisi strategis di perusahaan. 

Sesuai dengan sebutannya, fresh graduate dianggap segar dan inovatif. Fresh graduate memiliki daya tarik sendiri dibandingkan dengan karyawan lama. Fresh graduate cenderung lebih antusias, dan inovatif dalam menemukan ide-ide segar untuk perusahaan.

READ:  UMR Jakarta 2022. Sekarang Naik Berapa Persen?  

Meski memiliki semangat belajar yang tinggi, para fresh graduate biasanya memiliki sedikit pengalaman atau tidak punya pengalaman sama sekali. Berdasarkan hal tersebut, para fresh graduate ideal ditempatkan untuk posisi entry level, atau internship dalam perusahaan. Di posisi ini fresh graduate akan belajar melatih keterampilan, etika, dan etos kerja.

Alasan Fresh Graduate Kesulitan Mendapatkan Pekerjaan

Ada dua alasan utama mengapa fresh graduate kesulitan mendapatkan pekerjaan. Pertama, lulusan baru menghadapi persaingan yang ketat. Persaingan di pasar kerja khususnya untuk posisi entry level semakin ketat.

Kedua, tidak ada pengalaman kerja atau keterampilan yang relevan. Perekrut tidak terkesan dengan para fresh graduate yang sama sekali tidak relevan dengan perusahaan.

Momen kelulusan menjadi titik awal perjuangan untuk menemukan pekerjaan. Lulusan baru pada masa pandemi Covid-19 menghadapi tantangan yang lebih besar. Jika kamu belum mengetahui apa yang ingin dilakukan selepas lulus. Jangan panik, lihatlah beberapa opsi berikut ini yang dapat dilakukan sebagai lulusan baru.

💡 4 Opsi “Rasional” yang harus dilakukan seorang fresh graduate

arti fresh graduate

1. Melanjutkan Studi ke Jenjang Selanjutnya

Bagi lulusan SMK, melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi memiliki manfaat dari segi perencanaan karir. Demikian dengan para sarjana yang melanjutkan pendidikan ke tahap pasca-sarjana.  Beberapa profesi seperti psikolog, mengharuskan tingkat pendidikan hingga pascasarjana.

Melanjutkan studi tentu memerlukan uang dan waktu. Opsi ini menuntut komitmen waktu dan pendanaan secara serius. Pertimbangkan banyak hal misalnya, apakah melanjutkan studi akan memudahkan saya mendapatkan karir yang diinginkan? keahlian dan pengetahuan apa yang akan didapatkan setelah lulus dari studi ini?

2. Mulai Mencoba Jadi Entrepreneur

Menerima tawaran kerja nampak sulit. Jadi mengapa kamu tidak memulai membuka lapangan pekerjaan baru? Ini mungkin terkesan ide yang out of the box, tetapi berpikir mendirikan perusahaan sendiri adalah ide yang luar biasa.

READ:  UMR Bekasi Tertinggi di Indonesia, Pekerjaan Apa yang Menarik?

Berwirausaha memiliki beberapa keuntungan seperti fleksibilitas waktu kerja, kontrol terhadap pekerjaan, dan keputusan yang dapat dibuat sesuai idealisme pribadi. Selain itu, keuletan dan ketajaman bisnis yang dirancang akan memperoleh pujian dari berbagai pihak.

Jika ingin menjadi entrepreneur, kamu harus pertimbangkan beberapa hal. Apa yang bisa kamu tawarkan? Bagaimana nilai jual dan strategi pemasarannya? Siapa pesaing dalam bisnis tersebut?

3. Meningkatkan Skill selama Gap Year

Jeda setahun atau yang lebih dikenal dengan gap year menawarkan kesempatan cemerlang. Waktu jeda ini bukan dihabiskan dengan percuma, melainkan memahami budaya dan cara kerja. 

Gap year bisa dimanfaatkan untuk membangun portofolio melalui proyek-proyek yang disukai. Masa gap year ini harus menghasilkan kemandirian, keterampilan, dan perencanaan organisasi yang lebih baik. 

4. Mulai Melamar Pekerjaan

Mayoritas lulusan baru akan segera mencari pekerjaan. Layanan karir di perguruan tinggi gencar membagikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan dengan para lulusan di universitas. Rencanakan karir yang ingin dikejar. Jika belum kepikiran, jelajahi sektor pekerjaan agar mendapat inspirasi.

Memperoleh pekerjaan dengan posisi full time mungkin agak sulit. Jangan patah semangat. Kamu bisa mengambil kesempatan pekerjaan freelance, paruh waktu, atau magang di perusahaan. Tingkatkan keahlian, dan prospek yang baik di perusahaan kecil. Perbanyak pengalaman agar perekrut tertarik.

Lulusan baru harus bijaksana dalam menerima setiap tawaran yang datang. Melamar pekerjaan memang mudah, namun tidak dengan mendapatkan pekerjaan. Jadwalkan secara teratur dan perluas pencarian pekerjaan. Kemudian, berusahalah meningkatkan CV dan surat lamaran untuk menunjukkan kualitas diri kamu.

5 Hal yang Harus Dilakukan Fresh Graduate saat Menganggur

  1. Belajar skill baru yang dibutuhkan perusahaan atau bidang yang ingin di tekuni.
  2. Magang/Internship untuk mendapatkan pengalaman.
  3. Perbaiki CV
  4. Mulailah menyusun portfolio.
  5. Rajin Apply kerja di Lowongan Kerja.
READ:  UMR Kota Surabaya Tahun 2022, Cek Besarannya Sekarang!

Loker Fresh Graduate di Jobs.id

Temukan loker Fresh Graduate terbaru bersama Jobs! ✔️100+ info loker baru setiap hari . Lowongan kerja fresh graduate terlengkap! temukan berbagai info lowongan untuk mahasiswa belum berpengalaman. Cek loker fresh graduate disini!

Info lengkap lowongan pekerjaan Fresh Graduate terbaru 2022 hanya di Jobs.id. Dapatkan pekerjaan dengan gaji menarik sesuai bidang keahlianmu.

Author

Hai! Saya Masriah Hasan, seorang yang bersemangat menerbitkan konten berdasarkan riset tentang karir, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pin It