fresh graduate

Percaya Diri Saja! Ini 4 Keunggulan Fresh Graduate di Mata Perekrut

Fresh graduate memang belum punya pengalaman seperti mereka yang sudah lama terjun ke dunia kerja. Tetapi, para lulusan baru memiliki keunggulan tersendiri. Kekuatan tersebut bisa membuat mereka menjadi pilihan utama perekrut.

Lulusan baru mesti tahu kekuatannya sendiri agar bisa mengoptimalkannya. Baik pada saat interview, maupun ketika menjalankan pekerjaan pertama.

Kemauan Belajar Tinggi

Kamu sadar kalau belum punya banyak pengalaman. Jadi, kamu mendorong diri sendiri untuk belajar berbagai hal agar bisa memperkaya skill sehingga dapat bersaing dengan para senior. Betul kan?

Untuk bisa menguasai keahlian baru, kamu cuma butuh modal kemauan dan semangat yang tinggi kok. Dengan kemudahan akses informasi, kamu bisa belajar secara otodidak. Terima kasih internet! Selain itu, kamu juga dapat memilih mengikuti berbagai kelas online dengan biaya terjangkau.

Percaya deh, perekrut tahu banget kamu punya keunggulan ini. Semangat belajarmu akan terasa saat menjawab pertanyaan-pertanyaan interview. Apalagi kalau kamu menuliskan pelatihan yang diikuti baru-baru ini di CV. Kalau sudah diterima kerja, pertahankan keunggulan fresh graduate ini ya. Karena perusahaan butuh pekerja yang mau belajar untuk menghadapi dinamika industri yang terus berubah.

Tech-Savvy

Inilah ekspektasi perekrut terhadap kamu. Iya, kamu! Perusahaan perlu keunggulan fresh graduate yang mengerti teknologi terkini dan bisa memptaktikkannya dalam pekerjaan sehari-hari.

Fresh graduate yang memahami teknologi diyakini mampu mendorong perusahaan menghasilkan produk atau jasa yang efisien dan kompetitif. Lulusan baru ini juga dapat berkontribusi untuk membantu pekerja senior menjalankan aplikasi atau software kerja baru.

Kalau begitu, jangan patahkan harapan perusahaan terhadap kamu. Percaya diri saja kalau kamu memang tech-savvy. Memang begitu kenyataannya. Sebagai generasi yang lahir di era serba digital, kamu pasti sudah biasa menghadapi teknologi baru dan mempelajari fungsi-fungsi dan fiturnya. Baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun untuk urusan kuliah atau pekerjaan.

Inovatif

Perusahaan harus bisa mengikuti tren dan menawarkan inovasi baru kepada pengguna produk dan jasanya. Gagasan segar sulit didapatkan dari pekerja senior yang sedang jenuh pada dunia kerja dan nyaman dengan status quo. Hey, bukankah ini kesempatan buat kamu yang banyak ide?

Keunggulan fresh graduate dalam hal inovasi terbentuk karena melihat semua hal baru di dunia kerja. Didukung dengan pemahaman tentang teknologi terkini dan selalu up to date, mereka bisa saja memiliki perspektif berbeda tentang cara menangani sebuah proyek. Terkadang, saran dan masukan yang diberikan di luar dugaan tetapi memang cocok dengan kondisi terkini.

Ambisius

Punya ambisi tidak selalu buruk. Dengan memiliki ambisi, kamu akan terdorong untuk bekerja lebih baik agar bisa mencapai tujuan karier. Pada akhirnya, hasil kerjamu bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berguna untuk kemajuan organisasi.

Fresh graduate yang memiliki ambisi, tentu saja akan berusaha menjawab setiap tantangan yang diberikan manajemen. Meski proyek yang diberikan tidak mudah, tapi dengan kemauan belajar serta keinginan untuk maju, para lulusan baru akan menaklukkannya. Tunjukkan kalau kualitas kamu memang sebagus itu!

Dengan merekrut fresh graduate, sebenarnya perusahaan sedang melakukan investasi Sumber Daya Manusia. Lulusan baru juga masih bisa dibentuk agar menjadi pekerja yang memiliki value sejalan dengan nilai yang dianut perusahaan. Ketika seorang pekerja tumbuh dan berkembang bersama perusahaan, maka akan tumbuh loyalitas dalam dirinya.

Buat kamu yang sekarang akan menghadapi sesi interview atau memulai pekerjaan pertama, jangan minder dengan pekerja berpengalaman yang memenuhi ruangan. Kamu juga punya banyak keunggulan fresh graduate. Yakinlah kamu bisa bersaing di dunia kerja.

Jadi, mulai coba lamar pekerjaan impianmu di kotamu:

Posted in Tips & Trick and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *