3 Tips Cari Kerja Lewat Job Portal

3 Tips Cari Kerja Lewat Job Portal

Cari kerja di masa pandemi Covid-19 memang lebih menantang ya job seeker. Saat baru mau memulai karier, eh kamu malah harus menghadapi dunia kerja yang tak pasti seperti ini. Perusahaan-perusahaan yang sudah kamu incar sejak lama bukannya buka lowongan, justru mengambil langkah untuk memutus hubungan kerja dengan karyawan.

Situasi memang tidak mudah job seeker. Tapi, kalau mau berusaha lebih keras, kamu pasti bakal dapat pekerjaan yang pas.

Untungnya, zaman sekarang akses informasi jauh lebih terbuka dari sebelumnya. Kamu bisa menemukan lowongan kerja dengan mudah di dunia maya. Kadang, tawaran kerja itu masuk di grup WhatsApp teman-teman kuliah. Kamu juga bisa cek di situs resmi perusahaan atau menelusuri job portal seperti Jobs.id.

Nah, buat kamu yang lagi usaha mencari kerja lewat job portal, inilah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Temukan Job Portal yang Pas Untukmu

Kalau diperhatikan, job portal yang kamu lihat di internet menyasar calon pekerja yang berbeda-beda ya. Mungkin kamu malah pernah menemukan portal yang isinya hanya pekerjaan di industri tertentu saja. Tapi, kalau kamu masih fresh graduate, cocoknya cari kerja di job portal seperti Jobs.id saja deh. Kamu bakal menemukan banyak lowongan kerja entry level yang pas banget pastinya.

Selain kecocokan, kamu juga perlu tahu kalau job portal yang bagus itu biasanya punya fitur untuk personalisasi pencarian. Contohnya bisa lihat di Jobs.id, dimana kamu bisa menelusuri lowongan pekerjaan berdasarkan posisi atau perusahaan. Kamu juga dapat mengecek peluang kerja yang ada di dekat tempat tinggalmu dengan melakukan pencarian berdasarkan lokasi.

Lengkapi Profil

Kamu sudah daftar jadi pengguna di job portal pilihanmu kan? Langkah selanjutnya tentu saja dengan melengkapi profil. Kalau sudah punya CV ter-update, kamu tinggal menyalin semua informasi yang ada di dalamnya ke profil di job portal. Mulai dari biodata pribadi, riwayat pendidikan, hingga pengalaman kerja.

Dengan mencantumkan informasi yang lengkap, perekrut akan lebih mudah menemukanmu. Sebagai gambaran saja nih, jika suatu hari ada seorang perekrut mau mencari kandidat yang sesuai dengan lowongan kerja yang ditawarkan perusahaan. Dia akan melakukan penelusuran dengan memasukkan kata kunci di bagian “Search” untuk menemukan pelamar kerja yang cocok. Hal ini tentunya akan meningkatkan kesempatan kamu buat dipanggil untuk mengikuti interview.

Nah, kalau profil kamu enggak mengandung kata kunci yang cocok, ya kalian tidak akan “berjodoh”.  Begitu pula kalau perekrut mendapati profil kandidat yang enggak lengkap, pasti auto-reject deh.

Optimalkan Fitur Pencarian

Setelah memilih job portal yang fiturnya lengkap, sekarang tinggal memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk mencari pekerjaan yang kamu banget. Kalau di Jobs.id, kamu tidak hanya bisa mencari pekerjaan berdasarkan posisi, perusahaan dan lokasi saja. Kamu juga bisa mulai dari lowongan terpopuler yang lagi nge-hits di kalangan job seeker, atau lowongan berdasarkan industri.

Buat anak-anak baru di dunia kerja, kamu bahkan bisa klik pilihan “lulusan baru” agar bisa menyaring lowongan kerja yang cocok buat fresh graduate. Enggak hanya itu, Jobs.id juga menyediakan fitur penyaringan informasi lapangan kerja berdasarkan range gaji. Hal ini tentunya bakal memudahkan kamu ya.

Jadi, buat kamu yang sudah punya akun di job portal, jangan cuma intip iklan lowongan kerjanya saja. Optimalkan upaya pencarian kerjamu dengan memanfaatkan semua layanan yang tersedia. Mulai dari perlengkapan profil hingga membaca tips karier di blognya. Selamat mencari!

Posted in Tips & Trick and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *