Pertanyaan wawancara

Siap-siap Jawab! Ini Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja Terkait Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan, kasus positif Covid-19 di sejumlah provinsi kembali meningkat. Tetapi, proses perekrutan tenaga kerja terus berjalan. Mungkin kamu termasuk salah satu pelamar yang mendapat panggilan interview online dalam waktu dekat ini.

Perusahaan ingin tahu bagaimana kandidat bisa menghadapi dinamika dunia kerja yang sedang terjadi. Pada saat interview nanti, perekrut mungkin akan mengangkat tema yang paling banyak diberitakan. Jadi, kamu perlu bersiap menghadapi pertanyaan wawancara kerja terkait pandemi Covid-19. Jika pertanyaan itu terlontar, kamu harus tahu cara menjawabnya.

Bagaimana cara Anda beradaptasi dengan sistem kerja remote?

Kebijakan work from home (WFH) sudah diberlakukan di berbagai perusahaan sejak setahun belakangan. Tetapi, buat sebagian orang yang baru terjun ke dunia kerja seperti kamu, mungkin tak pernah membayangkan menjalani sistem kerja remote sejak pekerjaan pertama. Perekrut ingin tahu bagaimana kamu menghadapi hal di luar ekspektasi seperti ini. Apakah kamu bisa menjawabnya?

Oke, kamu mungkin belum punya pengalaman WFH. Tapi, kalau kamu termasuk “angkatan corona” pasti sudah pernah kuliah dari rumah dong. Nah, kamu bisa share bagaimana mengatur waktu agar bisa fokus ikut kelas dan mengerjakan tugas akhir. Lalu, kamu juga bisa cerita kalau sudah punya satu ruang khusus di rumah –misalnya kamarmu- yang dijadikan tempat belajar dan bekerja nantinya. Terakhir, jelaskan pada perekrut bagaimana strategi itu memang berhasil membuat kamu lebih fokus mengerjakan tugas dan produktif.

Metode apa yang paling Anda sukai untuk berkomunikasi dengan rekan kerja?

Setiap perusahaan memiliki cara komunikasi yang berbeda. Baik dalam menggunakan aplikasi tertentu ataupun berkolaborasi. Ada perusahaan yang selalu rapat menggunakan Zoom, ada juga yang memakai Microsoft Teams dan sebagainya. Perekrut ingin tahu apakah kamu familiar dengan aplikas-aplikasi tersebut. Perekrut juga mau mendalami apakah gaya komunikasi kamu cocok dengan budaya perusahaan.

Jika sudah riset dan mendapatkan informasi tentang budaya kerja perusahaan, tentu kamu akan lebih mudah menjawab pertanyaan wawancara kerja ini. Bahkan, kalau tahu perusahaan biasa menggunakan Microsoft Teams dalam setiap meeting-nya, kamu akan mempelajari aplikasi ini dulu sebelum menghadapi wawancara kerja. Tetapi, secara umum, cobalah yakinkan perekrut bahwa kamu adalah calon pekerja yang mudah dijangkau melalui media komunikasi apa pun.

Apa pendapat Anda tentang kembali bekerja di kantor?

Saat ini, sebagian perusahaan menutup kantornya sementara seiring dengan peningkatan kasus positif Covid-19. Tetapi, manajemen juga berencana kembali membuka kantor setelah situasi kondusif. Lewat pertanyaan ini, perekrut ingin mengetahui pandangan para pekerjanya, kemudian bisa menyusun rencana dan aturan saat karyawan masuk kantor lagi.

Jawaban pertanyaan wawancara kerja ini tergantung pada sikapmu memandang situasi sekarang. Kalau termasuk orang yang sangat membatasi aktivitas di luar rumah, maka yakinkan perekrut kalau bakal bisa produktif saat WFH. Tapi, kalau kamu siap masuk kantor, tunjukkan ekspresi tertarik dan pastikan manajemen menjamin ruang kerja yang aman.

Pelajaran apa yang Anda dapat selama masa pandemi?

Semua orang mengalami masa sulit saat pandemi. Tapi, hanya individu tangguh seperti kamu yang bisa bertahan. Perekrut ingin tahu bagaimana kamu dapat menemukan solusi saat menghadapi masalah ini.

Tentu saja kita belajar banyak di masa pandemic Covid-19. Tapi, pilihlah pelajaran berharga yang paling berdampak positif buat kamu. Kalau kamu sempat mengikuti berbagai kursus online di rumah dan lebih familiar dengan aplikasi online meeting, ceritakan bagaimana ilmu itu berpengaruh pada peningkatan skill individu. Atau, mungkin pandemi ini telah membuat kamu menemukan cara kerja paling efektif.

Bagaimana pandemi Covid-19 berpengaruh pada tujuan karier Anda?

Lulusan baru seperti kamu juga perlu menyiapkan langkah-langkah pertama dalam karier hingga mencapai puncak kesuksesan. Jangan mau kalah sama orang lain yang sudah lebih dulu terjun di dunia kerja dong. Tapi, wabah penyakit yang mendunia ini berpengaruh ke semua aspek kehidupan, termasuk rencanamu. Dengan mengetahui perkembangan ekonomi, mungkin kamu juga kepikiran untuk mengubah plan.

Lewat pertanyaan wawancara kerja ini, perekrut mau tahu apakah perusahaan ini bagian dari rencana awalmu atau bagian dari cara beradaptasi dengan situasi saat ini. Bisa jadi, kamu berubah Haluan karena melihat prospek industri yang bakal berkembang setelah pandemi. Atau, mungkin saja kamu telah banyak belajar pengetahuan baru selama pandemi sehingga melamar kerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah.

Pertanyaan wawancara kerja terkait pandemi Covid-19 tidak ada dalam panduan interview yang biasanya. Tapi, kamu perlu mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan ini bakal keluar dari perekrut agar bisa menjawabnya dengan baik. Pastikan kamu menunjukkan diri sebagai kandidat yang bisa berkolaborasi, tangguh, mampu beradaptasi, dan punya keinginan untuk terus belajar. Semoga sukses!

Temukan pekerjaan impian kamu di sekitarmu sekarang!

 

Posted in Tips & Trick and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *