wawancara

7 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Perusahaan Sebelum Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah salah satu tahapan seleksi yang bisa buat bikin kandidat merasa gugup saat menghadapinya. Hal ini bisa diminimalisir jika kamu melakukan persiapan sebelum mengikuti sesi interview. Salah satu pekerjaan rumah yang perlu dilakukan sebelum bertemu pewawancara adalah riset perusahaan.

Buat kamu yang akan mengikuti sesi wawancara kerja dalam waktu dekat ini, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang perusahaan. Jadi, kamu bakal tahu harus mulai riset dari mana.

Produk (Atau Jasa)

Kamu bisa mulai riset perusahaan untuk mengetahui produk atau jasa yang dijual ke pasar. Lalu, kamu bisa coba memahami bagaimana solusi yang ditawarkan perusahaan dapat menjawab keinginan konsumen.

Hal ini sepertinya sepele dan tidak perlu diingatkan. Tetapi, kenyataannya, masih ada saja kandidat yang tidak memahami produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Apalagi jika perusahaan yang dilamar tidak terkenal atau bergerak di bidang yang sangat khusus.

Visi dan Misi Perusahaan

Selanjutnya, kamu bisa mencari tahu visi dan misi perusahaan. Bagian ini mudah dicari kok. Barisan kalimat tersebut pasti ada di situs perusahaan.

Pertama, kamu bisa memahami tujuan perusahaan. Lalu, kamu dapat mendalami bagaimana visi dan misi tersebut tergambar dalam setiap produk atau jasa yang dihasilkan. Setelah mendapat informasi dari riset perusahaan ini, kamu bisa bicara tentang keahlian yang cocok untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut.

Budaya Perusahaan

Cara paling tepat untuk mengetahui budaya sebuah organisasi adalah dengan bertanya langsung pada karyawan yang sudah bergabung di perusahaan yang kamu lamar. Mereka bisa cerita tentang pengalaman secara jujur. Tapi, bagaimana kalau kamu tidak punya teman atau saudara yang bekerja di sana?

Tenang, perusahaan zaman sekarang biasanya juga punya akun media sosial. Mereka biasa mem-posting suasana kantor hingga berbagai kegiatan sosial untuk mempererat hubungan antara karyawan. Dengan melihat foto dan membaca komentar, kamu akan mendapat kesan apakah perusahaan terkesan kaku atau kasual. Melalui riset perusahaan ini kamu jadi tahu lingkungan perusahaan yang cocok dengan gaya kerjamu.

Pimpinan Perusahaan

Kalau kamu mau tahu siapa saja yang menduduki kursi pimpinan di organisasi, coba cek menu “About” di situs resmi perusahaan. Setelahnya, kamu bisa mengenal lebih jauh dengan menelusuri posting-an mereka di Twitter atau LinkedIn. Oh ya, kadang-kadang CEO juga menulis buku lho. Jadi, kalau mau tahu lebih dalam lagi, kamu bisa baca buku mereka.

Siapa tahu, salah satu dari pimpinan itu menjadi interviewer kamu pada salah satu sesi wawancara kerja. Kalau sudah riset tentang orang yang bakal jadi pewawancara, kamu bisa mengikuti alur pembicaraan dengan lebih baik. Coba deh angkat obrolan tentang riwayat pendidikan atau pengalaman mereka.

Sejarah Perusahaan

Kalau kamu sudah masuk ke menu “About” di situs perusahaan, sekalian saja cek sejarah organisasi. Kamu bisa mengetahui bagaimana perusahaan umbuh dan berkembang. Apakah pernah terjadi merger dalam sejarah mereka? Atau, jangan-jangan mereka pernah mengubah visi dan misi, hingga jenis produk dan layanan.

Mungkin pengetahuan ini tidak akan terlalu membantumu menjawab pertanyaan saat wawancara kerja. Tapi, kalau ada obrolan yang mengalir terkait sejarah yang pernah berlaku, kamu bisa langsung menyambung pembicaraan. Kedalaman informasi ini akan menunjukkan kalau kamu memang sangat tertarik bergabung dengan perusahaan.

Berita Terkini

Biasanya, kamu bisa menemukan berita terbaru tentang perusahaan di situs resminya. Di sana, mereka menampilkan press release hingga memajang berita penghargaan yang berhasil diraih perusahaan baru-baru ini. Tapi, kamu juga dapat menuliskan nama perusahaan di situs pencari dan mendapat informasi terbaru dari berbagai media elektronik. Dari sana, kamu bisa mengetahui citra perusahaan dari sudut pandang lain.

Pengetahuan tentang berita terbaru perusahaan akan membuat kamu tampak lebih menonjol dari kandidat lainnya. Hal ini dapat menjadi bekal untuk memberikan jawaban yang tidak standard. Sebagai contoh, ketika pewawancara mengungkapkan penghargaan yang dicapai perusahaan, kamu tidak bakal kaget atau menunjukkan rasa takjub berlebihan. Malah, kamu bisa membawa obrolan lebih mengalir.

Pesaing

Pernahkah kamu mendapat pertanyaan ‘siapa pesaing utama perusahaan kami?’ Untuk menjawabnya, kamu tentu perlu pemahaman industri secara menyeluruh. Jadi, salah satu pekerjaan rumah dalam melakukan riset perusahaan adalah mengetahui kompetitor.

Jawaban yang tepat akan membuat pewawancara terkesan denganmu. Bisa jadi, kamu akan menonjol di antara kandidat yang lain. Selain itu, dengan mengetahui pesaing perusahaan, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan. Pemahaman tentang industry dan segmen pasar juga bisa membuatmu membuat diferensiasi produk atau jasa agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Dengan informasi tentang perusahaan, kamu jadi tahu apakah tempat kerja ini memang sesuai keinginan. Sementara itu, jika ada hal yang tidak kamu temukan saat riset perusahaan, bisa kamu tanyakan pada pewawancara ketika tiba saatnya. Hal ini akan membuat kamu tampak antusias untuk bergabung dengan perusahaan. Semoga sukses!

Temukan pekerjaan impian kamu di sekitarmu sekarang!

Posted in Informasi and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *