Tips Kerja : 6 Cara Agar Tetap Fokus Saat Bekerja

Sleepy-at-work-1024x682

Sering mengantuk saat jam kerja? Hingga rasanya ingin menaruh tusuk gigi di mata untuk menjaganya tetap terbuka? Menahan kantuk adalah kegiatan yang sulit dilakukan, namun jika terjadi pada saat jam di mana kamu seharusnya menjadi produktif, tentu akan membahayakan kinerjamu dalam berkarir. Berikut ini ada beberapa tips kerja yang mudah untuk dilakukan, tanpa harus menimbun kafein dalam tubuh, tentunya:

1. Rutin berolahraga.Sebuah studi menunjukkan bahwa berjalan-jalan santai selama 20 menit mampu memberikan energi dan mengurangi rasa lelah. Cukup lakukan exercise ringan seperti berjalan santai, jogging, atau yoga akan menambahkan energi yang lebih banyak sehingga tak perlu lagi merasa ngantuk karena cadangan energi lebih banyak.

jogging_workout_beginners

2. Manjakan telinga. Mendengarkan musik sambil bekerja dapat membantumu tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi. Gunakan headphonesmu, dan lihat jenis musik apa yang dapat mendukung produktivitasmu. Bisa jadi lagu-lagu upbeat seperti Lady Gaga, atau justru genre musik-musik poprock seperti Coldplay, semua bergantung selera masing-masing dan juga disesuaikan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

cutcaster-901470482-happy-executive-listening-to-music-outside-medium

3. Istirahatkan mata. Istirahatlah sejenak dari monitor komputermu, karena jika tidak maka akan membuatmu sakit kepala, lelah dan sakit mata. Sedikit break-time akan membuat matamu tetap prima. Setiap 20 menit, alihkan pandangan dari monitor dengan memandang jauh ke depan selama 20-30 detik. Penglihatan yang berjarak membantu melemaskan syaraf-syaraf mata. Untuk hasil terbaik, pada setiap rehat sekalian jalan santai coba berjalan ke pintu dan pandang jauh ke luar sana. Hindari terus-menerus memandangi kubikel kerja.

vision-eyesight-eyes-sore-tired-strain-screens

4. Stretch out. Selama berjam-jam berada di depan layar monitor dapat membuat lehermu tegang dan sakit. Lakukan beberapa peregangan untuk tetap membuatmu rileks. Bisa sambil duduk atau berdiri, angkat bahu mendekati daun telinga, tekan sekeras yang kamu bisa dan tahan selama beberapa detik. Putar ke belakang dan kembalikan pada posisi semula. Ulangi sebanyak 8x.

stretching Herbal Magic

5. Ngemil sehat. Makan besar hanya akan membuatmu lebih mengantuk. Coba untuk makan makanan yang lebih ringan namun tetap sehat seperti kacang, buah, atau sayuran. Dibanding makanan dan jajanan siap saji, sayur dan buah akan membantu memberikan energi yang lebih banyak. Akan lebih baik lagi jika membawa bekal cemilan dari rumah dan susun menjadi beberapa makanan kecil.

rainbow-fruit-skewers-2

6. Air putih. Untuk yang satu ini tentu kamu sudah mengerti pentingnya mengonsumsi air putih setiap harinya. Selalu bawa tumbler sehingga tak harus bolak-balik mengisi air. Asupan air yang cukup bagi tubuh akan meningkatkan level oksigen yang mampu memberikan energi dan menjaga konsentrasi kerja.

drink-water

Jika sesudah mencoba semua tips kerja ini namun masih sering dilanda kantuk di siang hari, kemungkinan besar merupakan pertanda kamu bosan dengan pekerjaanmu. Tak hanya membutuhkan tenaga yang cukup, namun juga keadaan psikologis yang cukup baik juga penting untuk menjagamu konsentrasimu agar tetap fokus. Selamat mencoba!