Tips Kerja : 4 Hal yang Harus dihindari Saat Hari Pertama Kerja

new-job

Menjalani hari pertama kerjamu tentu terasa menegangkan. Sebagai orang baru kamu harus mampu  adaptasi saat berada di lingkungan baru. Meskipun kadang kikuk dan takut juga kamu tetap berusaha tampil mengesankan terutama di depan si bos. Tips kerja berikut ini akan menjelaskan 4 kesalahan yang harus dihindari agar kamu sukses melewati hari pertamamu di tempat kerja:

  1. Tidak Memerhatikan: Ini adalah hari pertamamu bekerja dan kamu harus memasang tajam-tajam semua indera untuk membiasakan diri dengan lingkungan sekitar. Kamu akan diperkenalkan ke berbagai orang baru termasuk manajer dan teman-teman kerjamu.  Kamu juga akan belajar tentang tugas-tugas kewajiban apa saja yang harus dikerjakan. Untuk itu, kamu harus mampu memberikan perhatian penuh dalam menyerap segala informasi tentang tanggung jawabmu. Tidak ada yang mengharuskan untuk kamu mengerti semuanya dalam 1 hari tapi akan lebih baik jika kamu membawa notebook dan menuliskan informasi penting di sana. Dengan begitu kamu bisa selalu ingat akan informasi penting, dan membantumu untuk lebih produktif.
  1. Sok Tahu: Jangan pernah coba-coba pamer di hari pertamamu. Semua pegawai baru harus belajar dari awal. Datanglah dengan membawa pertanyaan, bukan jawaban. Jangan mengkritik semua hal di hari pertamamu dan jangan coba-coba untuk memberikan saran atas sistem operasi yang sudah berjalan sebelumnya. Kamu harus terlebih dahulu menggali semua informasi dan benar-benar mengerti cara kerjanya sebelum mencoba mengajukan metode baru. Percayalah, tidak ada yang akan mau untuk bekerja dengan orang yang memiliki sifat sok tahu.

BACA JUGA: PAHAMI 3 TIPS INI UNTUK MENDAPAT PEKERJAAN YANG DIIMPIKAN

  1. Membawa Bekal Makan Siang: Usahakan untuk jangan melakukan itu di hari pertamamu. Kalaupun harus, usahakan untuk tidak memakannya sendiri di meja kerjamu karena orang lain akan mengira kamu anti-sosial. Biasanya, jika ada pegawai baru, kamu akan diajak untuk makan siang bersama jadi pergilah dan bersosialisasi. Coba kenalan dengan rekan kerja yang lain. Tapi yang harus diingat, jangan menggosip selama makan siang meskipun teman-teman kerjamu melakukannya. Obrolan-obrolan ringan adalah yang kamu butuhkan di hari pertamamu.
  1. Tidak Memanfaatkan Waktu Secara Efektif: Jika kamu diberi tugas untuk diselesaikan di hari pertama dan dikumpulkan hari itu juga, sebaiknya segera kerjakan. Jika tidak, kemungkinan kamu akan mendapat kesan yang kurang bagus di mata manajermu. Akan sangat tidak bagus juka kau hanya duduk-duduk sepanjang hari hingga bel pulang kerja berbunyi. Ingat, tugasmu adalah untuk bekerja jadi mulailah segera. Namun, jika ada yang tidak kamu mengerti saat sedang mengerjakan tugas, jangan panik. Lebih baik minta bantuan dan siapkan beberapa pertanyaan untuk mengklarifikasi. Kemudian selesaikan tugasnya dengan baik sepengetahuanmu.

Tak perlu takut ketika menghadapi hari pertama di kantor. Kamu hanya perlu sedikit menjadi lebih sopan namun tetap jadi dirimu apa adanya. Kamu juga tidak perlu bersikap seperti dibuat-buat namun tetap menunjukkan attitude yang positif. Semoga tips kerja ini membantumu melewati hari pertama dengan sukses. Informasi terlengkap tentang lowongan kerja bisa dilihat di www.jobs.id