Tips Kerja: 10 Skill yang Kamu Perlukan untuk Menjadi Sukses

Choosing between failure and success

Kesuksesan datang dari keahlian menguasai skill utama yang bisa diaplikasikan pada semua posisi, bidang maupun perusahaan. Ketika kamu terus berlatih dan mengoptimalkan skill ini dalam dunia kerja, kamu akan segera menuju puncak. Untuk itu tips kerja kali ini akan membahas tentang skill penting yang diperlukan menuju jalan kesuksesan:

  1. Sales skills. Sales adalah basis dari semua kesuksesan bisnis. Kapanpun di manapun kamu akan selalu menjual, hal ini juga berlaku meskipun jobdesc selling tidak berlaku dalam posisimu. Tanpa disadari kamu akan terus menjual saat melakukan aktivitas marketing, meeting dengan tim, customer service, manajemen produk, konferensi, business development, engineering, user experience dll. Pondasi sales yang solid dapat memberikanmu banyak keuntungan jika dibandingkan dan kolega dan kompetitor lainnya. Belum ada pengalaman jadi sales? Jangan khawatir! Jika kamu pernah bekerja sebagai retailer atau tim pencari dana, kamu sudah memiliki basic skill sales yang dibutuhkan.
  2. Transferable skills. Skill ini memanfaatkan pengalaman kerja yang sudah pernah kamu alami menjadi skill yang bermanfaat. Pengalaman tersebut meliputi pengalaman volunteer hingga pekerjaan part time, hobi yang dilakukan saat akhir pekan hingga menjadi panitia sebuah pensi atau konser. Selama mengalami peran-peran tersebut, kamu mendapatkan skill yang kemudian dapat diaplikasikan dalam karir. Misalnya saat kamu menjadi waitress, kamu belajar mempelajari skill krisis komunikasi, customer service dan teamwork. Keahlian interpersonal tersebut dapat diaplikasikan pada pekerjaan selanjutnya seperti public relations, dan tentunya, dapat menjadi highlight dalam cover letter dan resume saat melamar kerja.
  3. Berani meminta. Kemampuan ini adalah yang paling mudah, namun paling jarang dimanfaatkan untuk mendukung karir. “Jika kamu tidak meminta, maka kamu tidak akan menerima.” Banyak karyawan yang malu meminta kesempatan untuk menyampaikan idenya, meminta untuk promosi jabatan, untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi atau untuk dipercaya mendapatkan tanggung jawab yang lebih banyak.. Ketika hal ini terjadi, kamu akan segera menemukan tantangan, arti dan reward atas kerja kerasmu.
  4. Kemampuan coding.Kamu tidak perlu sampai paham cara membuat aplikasi seperti Facebook, namun hanya pengertian dasar tentang serba-serbi Web dan bagaimana software dan aplikasi dikembangkan dapat menguntungkan. Meningkatnya sebuah posisi jabatan membutuhkanmu untuk menguasai pengetahuan yang bersifat teknis, namun bahkan jika pekerjaanmu bukan sebagai engineer, paling tidak kamu harus paham secara umum. Pengetahuan tersebut akan membantumu menghadapi tim development dan engineering, agar dapat menentukan ekspektasi yang lebih realistis. Coba lakukan side project kecil-kecilan agar familiar dengan konsep programming, seperti membuat blog. Atau coba ikuti beberapa free online class khusus untuk coding sederhana.
  5. Skill berkomunikasi. Baik komunikasi secara tertulis maupun oral merupakan skill paling dasar, namun bukan berarti kamu tidak bisa menguasainya! Pikirkan tentang cara untuk menantang diri sendiri seperti menulis email atau memandu sebuah pertemuan. Jika kamu masih merasa malu untuk berbicara, tantang dirimu untuk mengatakan apa yang ada dipikiranmu, daripada hanya memendamnya.
  6. Interpersonal skills.Kemampuan untuk menjadi anggota tim menjadi hal yang sangat mendasar dalam pekerjaanmu. Skill interpersonal meliputi bagaimana kamu bisa berbaur, menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. Dan tentunya, menghargai pendapat orang lain dan menjadi pendengar yang baik.
  7. Project management skills.Apakah kamu memiliki kemampuan melihat gambaran besar dan membaginya menjadi menjadi bagian-bagian kecil, yang bisa dikelola dan mengambil langkah yang action-oriented? Kalau ya, kamu berarti memiliki value yang tak terelakkan lagi. Banyak karyawan yang selalu merasa dirinya sebagai “idea people” tapi tidak mampu mengeksekusi ide tersebut. Jika kamu memiliki kemampuan memprioritaskan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan, kamu akan sukses memimpin sebuah tim. Jika kamu merasa skill ini sulit, kamu bisa mencoba mengerjakan project yang sudah selesai dan kerjakan ulang. Apa saja tugas yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan? Tuliskan secara detil untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik dari project road map.
  8. Self-starter. Apakah kamu memiliki jiwa entrepreneurship? Aplikasikan di tempat kerja. Perusahaan akan lebih menghargai karyawannya yang inisiatif dan mengerjakan sebuah project dari awal sampai akhir. Sebagai seorang self-starter, kamu harus bisa mengkalkulasi resiko, brainstorming ide baru dan melakukan eksekusi yang presisi. Jika kamu belum menemukan masalah untuk diselesaikan, mulai dari mencari masalah yang sering dihadapi rekan kerja atau pelanggan. Still suck? Coba tanyakan pada atasan apakah kamu ada side project yang bisa ditangani saat tanggung jawab utamamu sudah selesai.
  9. Rasa ingin tahu.Untuk bisa menonjol dalam dunia kerja, kamu harus selalu improve, baik secara individual maupun dari sisi perusahaan. Asah kemampuan berpikirmu dengan selalu menanyakan pertanyaan seperti “mengapa?” dan “bagaimana” pada perusahaan, customer dan diri sendiri. Semua orang akan mengapresiasi rasa ingin tahumu terhadap sebuah hal. Meskipun terkadang sulit untuk terbuka dan mengakui kalau kamu tidak punya pengetahuan yang cukup, rasa ingin tahu dapat menambah rasa percaya diri. Pada akhirnya, kamu akan mempelajari banyak hal baru dan skill kerja yang akan berguna dalam karirmu.
  10. Problem solver.Melalui itu semua, kamu harus tahu apa saja tujuan dan bagaimana cara kamu mencapainya. Skill ini membutuhkan kemampuan mempersatukan skill lainnya yang disertai passion dan fokus. Orang yang bisa memberikan solusi biasanya berorientasi pada metrics dan mampu memberikan jalan keluar untuk memotivasi anggota tim lainnya. Tuliskan tujuan personal dan tujuan karirmu agar tetap ingat, dan coba lakukan kerjasama dengan teman.

BACA JUGA: 10 RESOLUSI KARIR 2015 YANG LAYAK DICOBA

Setelah kamu mempelajari dan menguasai 10 skill utama ini, kamu akan segera mendapatkan karir impianmu. Selain tips kerja di atas kamu juga bisa intip lowongan kerja terkini hanya di www.jobs.id