Punya Profil Linkedin? Pakai 11 Tips ini Untuk Membuat Jaringan Online

29d511f

Situs networking profesional saat ini sudah semakin menjadi media populer untuk mengembangkan hubungan profesional. Networking online tak ubahnya sama seperti bernetworking pada event-event di dunia nyata, penting untuk menciptakan kesan positif dan mengikuti aturan mainnya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membangun jaringan online malalui LinkedIn:

Lengkapi profilmu

Sajikan informasi sebanyak mungkin di profil LinkedInmu. Hal ini termasuk rangkuman dari kehidupan profesional, pengalaman kerja dan pendidikan. Pastikan untuk selalu mengupdate prestasi dan pencapaian profesional sehingga orang lain dapat melihat kapabilitasmu dengan jelas, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari kolega dan managermu. Mereka bisa menegaskan dan membuat pencapaianmu lebih bernilai dan lebih kredibel.

Request rekomendasi secara personal

Perlakukan setiap request sama sopannya seperti yang dilakukan di dunia nyata. Memberikan broadcast message dan meminta seluruh koneksi untuk mengendorse mungkin akan terasa kurang sopan. Kamu mungkin bisa memulai dengan merekomendasikan teman yang sangat dikenal dan sangat dipercaya. Dengan begitu biasanya mereka akan merekomendasikanmu juga sebagai tanda “payback” atau balas budi.

Prioritaskan kualitas, bukan kuantitas

Mereka yang iri biasanya akan membangun jaringan tanpa tujuan hanya untuk menambahkan jumlah kontak mereka. Jangan pernah invite orang asing untuk membuat jaringan semakin luas, kamu juga tidak boleh tersinggung jika seseorang yang belum pernah ditemui atau kenal dengan baik mengignore requestmu.

Be a joiner

LinkedIn menawarkan berbagai group untuk orang-orang yang membagikan informasi mengenai passion dan interest mereka, hal ini bisa menjadi strategi baik untuk melebarkan sayap. Ketika berpartisipasi dalam group LinkedIn, usahakan untuk membagikan informasi yang bermanfaat. Hindari mengirimkan direct message kepada anggota group kecuali kamu memang sudah mengenalnya sebelumnya.

Katakan “tolong” dan hargai

Jika kamu ingin diperkenalkan pada seseorang yang berada di jaringan teman, minta dengan sopan dan jelaskan mengapa kamu ingin bertemu dengan orang tersebut. Misal karena orang tersebut memiliki asosiasi profesional yang sesuai dengan minatmu.

Pikir dua kali sebelum mengiyakan

Jika salah satu kontak LinkedIn memintamu untuk berkenalan dengan salah satu koneksinya, jangan langsung menyetujui, terutama apabila kamu tidak mengetahui dengan baik tentang siapa mereka. Saat ini juga sedang marak terjadi “hyper networkers” yang modusnya menambahkan koneksi LinkedIn sebanyak-banyaknya untuk melakukan penipuan dengan mengambil data-data dari profil orang lain.

Koneksi yang jelas

Orang-orang sering kali menjalin koneksi tanpa berpikir panjang. Ketika akan membuat koneksi baru, ingatkan kembali tentang bagaimana kamu dan orang tersebut mengenal satu sama lain, misal di sebuah konferensi yang baru saja kalian hadiri bersama-sama.

BACA JUGA: 4 CARA EFEKTIF UNTUK MENDAPATKAN REKOMEDASI DARI ATASAN

Jangan hanya melihat satu sisi

Menjalin koneksi dengan hanya memfokuskan pada diri sendiri akan merugikanmu. LinkedIn dan beberapa situs jejaring lainnya memperbolehkanmu untuk meminta bantuan orang lain, asalkan tidak disalahgunakan dengan terus-menerus meminta bantuan. Jangan lupa untuk berterima kasih setelah mendapat bantuan dan balaskan suatu saat nanti.

Segera accept request

Kesabaran adalah suatu kebajikan, namun tidak semua orang memilikinya. Respon request yang datang dari jaringanmu dalam waktu 24 jam, jika memungkinkan.

Tetap profesional

Pikir dua kali sebelum posting dalam LinkedIn, dan jangan posting terlalu banyak pada hal-hal yang sepele. Misimu adalah untuk menjadi pemberi informasi yang terpercaya. Tidak masalah membagikan minat atau hobi pribadi, sehingga orang lain akan mulai mengenalmu.

Dampak besar melalui tindakan kecil

Perhatikan apa yang orang lain katakan dan kerjakan. Kamu bisa menawarkan saran yang menolong, kirimkan artikel bermanfaat atau tinggalkan komen, untuk membuat mereka merasa didengarkan dan dimengerti. Kamu juga bisa membagikan insight dan menawarkan untuk berkenalan dengan yang lainnya. Hal ini hanya membutuhkan waktu 45 detik namun mampu memberikan efek yang cukup kuat pada seseorang yang kamu inginkan untuk membangun hubungan profesional yang lebih dekat.

Jika kamu menghabiskan beberapa menit setiap harinya untuk melakukan tips-tips di atas, kamu akan merasakan bahwa profil LinkedIn dan jaringan profesionalmu akan tumbuh dengan cepat.  Berdedikasilah seakan jejaring sosial bisa menuntunmu kemana saja. Bagi kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan bisa klik situs terlengkap kami di www.jobs.id