Psikologi: 5 Cara Efektif Berhadapan dengan Orang yang Keras Kepala

Dealing-with-Difficult-People-1080x675

Pasti siapapun pernah mengalaminya. Kamu memiliki kolega kerja yang sangat keras kepala dan hanya mau menyelesaikan dengan cara mereka sendiri. Atau kamu pasti pernah berhubungan dengan klien yang tidak pernah puas dengan hasil karyamu. Bekerja dengan orang-orang dengan kepribadian yang sulit sungguh menjadi momok dalam bekerja dan berbisnis. Terlebih lagi kita tidak mungkin mengatakan atau melakukan tindakan agar mereka berubah. Yang bisa kita lakukan hanya bersikap profesional dan ikuti tips psikologi berikut ini agar dapat berhadapan dengan mereka:

Keep Calm

Susah rasanya untuk tidak merasa marah, kesal, dan frustasi ketika menghadapi si keras kepala, namun jika marahpun tidak akan mengubah mereka menjadi lebih baik. Menanggapinya dengan kesal tidak akan membuat mereka menjadi lebih lunak, bahkan jika kamu menghadapi mereka dengan sikap yang negatif hanya akan menyulitkanmu menyelesaikan masalah dan tetap berpikir rasional. Satu-satunya pilihan adalah untuk tetap tenang. Ambil napas panjang dan tenangkan diri adalah cara terbaik terhindar dari perasaan negatif.

Be Respectful

Ketika kebanyakan orang keras kepala jarang mendapat rasa hormat, kamu akan menunjukkan hal yang sebaliknya. Memberi respon negatif pada orang yang keras kepala hanya akan membuatmu semakin tidak dihiraukan. Dengan menunjukkan respek (rasa hormat) terkadang mampu meredakan konflik dan membuka percakapan negosiasi. Kamu bisa menunjukkan rasa hormatmu dengan mendengarkan dan merefleksikan. Dengarkan keluh kesahnya dan refleksikan kembali yang mereka katakan, kamu telah menunjukkan respek dan membuat mereka merasa didengarkan.

BACA JUGA: INILAH 10 TIPS MANAJEMEN KONFLIK YANG HARUS DIKETAHUI

Be Professional

Menunjukkan rasa hormat bukan berarti kamu harus setuju dengan mereka. Kamu bisa juga membagi pendapat dan idemu. Harapannya, jika kamu menunjukkan rasa hormat, mereka akan membuka pikiran untuk mendengarkan pendapatmu. Agar kesempatan berhasil lebih besar kamu bisa mengungkapkan idemu dengan profesional. Hindari menunjukkan respon marah atau kesal saat berbicara dengan mereka. Setelah merefleksikan yang kamu dengar, tetaplah bersikap tenang sebagaimana saat kamu berbicara dengannya tadi.

Fokus Pada Solusi

Orang yang keras kepala seringkali melakukan serangan personal secara verbal pada orang lain yang mereka anggap bersebrangan dengan mereka. Coba untuk tidak terpancing dengan tetap fokus pada pekerjaan atau bagaimana solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Kembangkan Citra Diri

Personal brandmu dibentuk melalui tindakan. Fokus pada citra diri profesional yang sedang kamu bangun, daripada menghabiskan energi berurusan dengan orang keras kepala. Ingat selalu citra seperti apa yang diinginkan dan bagaimana kamu menginginkan para kolega atau customermu melihat dirimu. Ketika rekan kerjamu yang keras kepala mungkin tidak menyadari nilai dirimu, orang lain di luar sana justru mampu menghargainya.

Nah itu dia tips psikologi kali ini. Selalu ingat jika menghadapi rekan kerja yang keras kepala kamu harus tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan permainan mereka. Selalu fokus pada solusi dan pekerjaanmu. Untuk informasi terlengkap tentang lowongan kerja bisa klik di www.jobs.id  

Good luck!