Psikologi : 10 Tips Jitu Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja

advices_for_planning_the_career_change

Salah satu prinsip utama yang harus dikuasai oleh seorang karyawan adalah kemampuan untuk beradaptasi. Pada situasi ekonomi saat ini, semua orang selalu berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Seseorang tidak mungkin berada dalam posisi pekerjaan yang sama sepanjang hidupnya, akan muncul banyak tantangan dan kesempatan untuk meniti karir yang lebih baik. Jika ditilik dari sisi psikologi, berikut ini ada 10 tips untuk Anda:

Pelihara atiitude yang positif. Anda harus selalu optimis dan mampu mempertahankan perilaku yang positif terlepas dari apakah itu perusahaan baru, departemen, atau group tempat di mana Anda bekerja. Coba sadari bahwa pekerjaan baru Anda mungkin tidak sepurna, sama halnya dengan yang sebelumnya. Pikirkan bagaimana Anda bisa mengoptimalkan skill, pengalaman, dan jaringan Anda untuk memaksimalkan peran baru. Jika Anda memiliki sikap yang negaitf, kemungkinan manager dan teman kerja Anda akan merasa sulit bekerja dengan Anda.

Perubahan akan terus terjadi.Sudah sewajarnya seseorang memiliki beberapa pekerjaan dalam hidup dan perusahaan juga terus merolling para pegawainya dari satu grup ke grup yang lain sesuai kebutuhan. Anda pasti akan mengalami perubahan, suka tidak suka jadi hadapilah kenyataannya. Salah satu hikmah dari perubahan adalah menghindarkan Anda dari rasa bosan pada pekerjaan yang sekarang dan memberikan tantangan kerja yang belum pernah dialami sebelumnya.

Jaga hubungan dengan rekan kerja terdahulu.Jangan pernah melupakan seseorang yang pernah bekerja bersama karena nantinya mereka akan memberikan manfaat yang besar untuk Anda. Mereka bisa menjadi sumber informasi dan koneksi untuk Anda bisa terhubung kembali dengan kantor lama.

Komunikasikan peran baru Anda. Setelah resmi menjabat dengan posisi kerja yang baru, Anda harus segera mencari tahu semua stakeholders dan mencoba terhubung dengan mereka. Temukan beberapa orang yang pernah menduduki peran Anda saat ini dan minta bantuan mereka untuk membimbing semua hal yang Anda harus tahu. Semakin banyak informasi yang diketahui, maka akan semakin mudah dalam pengerjaan tugas-tugas.

Selalu optimis. Terlepas dari suka atau tidak suka dengan pekerjaan Anda yang baru, Anda tetap berkewajiban untuk bekerja sebaik-baiknya. Siapa tahu setahun kemudian Anda akan merasa cocok dengan peran ini. Atau mungkin Anda akan segera dipindahkan kembali setelah ini. Pikirkan tentang tugas-tugas yang Anda sukai dari pekerjaan baru dan bagaimana tips untuk meningkatkan serta menguatkan performa kerja.

BACA JUGA: PERTIMBANGKAN 5 HAL INI SEBELUM RESIGN DARI PEKERJAAN

Introspeksi diri.Luangkan beberapa waktu untuk rehat sejenak dan pikirkan tentang pencapaian dan tujuan dari pekerjaan baru Anda. Pikirkan skill apa saja yang dibutuhkan, siapa yang harus ditemui dan menilai situasi Anda saat ini. Bicaralah dengan manajer baru agar Anda mengetahui ekspektasi si bos atas peran saat ini.

Mempelajari skill baru.Secara tidak langsung, dengan peran Anda yang baru Anda dituntut untuk mempelajari skill baru sesuai dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam pekerjaan. Buat daftar skill yang dibutuhkan dari peran baru Anda dan investasikan beberapa waktu luang setiap minggunya untuk mengembangkan skill tersebut. Untuk setiap skill, tetapkan deadline dalam penyelesaiannya agar Anda segera menjadi ahli dan dapat meningkatkan value diri.

Komunikasi intens. Ingat untuk selalu menjalin komunikasi dengan kolega baru Anda. Mereka harus mengetahui bahwa Anda telah bertanggung jawab, menyelesaikan tugas, dan bahwa Anda eksis. Ketika Anda mengirim email, atau pada saat meeting, pastikan apa yang Anda/mereka katakan sudah jelas sehingga semua akan memiliki pemahaman yang sama.

Bertanya sebanyak-banyaknya.Tidak ada yang namanya pertanyaan yang buruk selain menanyakan sesuatu yang sudah ditanyakan atau dijelaskan sebelumnya. Siapkan beberapa pertanyaan, kemudian setelah mendapatkan jawabannya segera catat. Dengan begitu, Anda akan menunjukkan pada orang lain bahwa Anda memerhatian apa yang mereka katakan. Mengajukan pertanyaan membantu untuk membangun diri pada pekerjaan baru Anda.

Cari cara untuk membantu orang lain.Salah satu cara untuk beradaptasi dengan posisi baru adalah dengan membantu orang lain yang memiliki situasi yang sama dengan Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan merasa lebih nyaman karena mendapatkan teman sepenanggungan. Sebagai timbal baliknya, mereka juga tidak akan ragu untuk membantu Anda.

Menghadapi perubahan dalam kehidupan bukanlah hal mudah. Meskipun perubahan akan terus-menerus terjadi namun kemampuan untuk beradaptasi dengan baik akan terus dibutuhkan. Secara psikologi 10 tips mudah di atas dapat membantu Anda mengatasinya.