Pertimbangkan 5 Faktor Ini Sebelum Mengisi Lowongan Kerja di Luar Negeri

flags

Bekerja di luar negeri bisa jadi hal paling menakutkan yang akan dialami. Jenjang karir yang lebih menjanjikan, gaji yang lebih besar dan rentetan benefit lain yang akan didapatkan—termasuk waktu liburan dan jaminan yang lebih baik—mungkin memang menggiurkan, namun jika meninggalkan keluarga dan teman hanya untuk mengejar karir gemilang dengan jarak beribu-ribu kilometer tentu akan menjad hal yang sangat menakutkan dan penuh tekanan.

Berikut ini adalah beberapa hal berdasarkan pengalaman pribadi yang bisa mengurangi segala kecemasan dan ketakutan selama kamu melakukan hal tersulit dalam hidupmu. Perhatikan hal ini sebelum kamu mendaftar lowongan kerja di luar negeri:

BACA JUGA: Cari Kerja Lewat Sosial Media? Perhatikan 5 Hal Ini

Apa Saja yang Harus Dibawa?

Jawabannya tergantung dari beberapa faktor.

  • Apakah kamu akan pergi untuk waktu yang lama atau untuk waktu sementara sebelum berpindah ke lokasi lainnya setelah beberapa bulan?
  • Berapa banyak barang yang dibutuhkan sebagai permulaan?
  • Apakah ada suatu hal yang membutuhkan penyesuaian di lokasi baru tersebut? (Biasanya terkait cuaca dan kultur)

Satu tips ampuh ketika akan memutuskan barang-barang yang harus dibawa adalah dengan menanyakan pada diri sendiri seberapa sering kamu menggunakan barang tersebut? Jika hanya sekali dalam setahun? Kamu tak perlu membawanya

Ketika kamu hidup dengan istri dan anak-anak, kamu akan memiliki lebih banyak keputusan yang harus dibuat dibandingkan dengan seorang diri yang tinggal di apartment dan masih bujang. Take your time, perhatikan bak-baik apakah barang itu cukup diletakkan di rumah barumu.

Dimana Aku Akan Tinggal?

Ini adalah poin lainnya yang tentunya cukup membuatmu stress. Mungkin bagi beberapa orang ada yang sudah diberikan akses mudah untuk hunian yang dekat dengan kantor, namun ada juga yang harus susah payah mencari tempat tinggal sendiri.Kamu bisa menggunakan Craiglist untuk melihat daftar hunian yang terjangkau di area tertentu. Jangan lupa cek untuk laporan di lingkungan sekitarnya, statistik kriminalnya, data sekolah dan melakukan “jalan-jalan” melalui Google’s street view untuk melihat daerah-daerah yang potensial.

Bagaimana Untuk Membawa Semua Barangku Kesana?

Kamu bisa coba mencari informasi tentang perusahaan yang khusus melayani perpindahan jarak jauh. Jika menggunakan pesawat dan jarak yang ditempuh sangat jauh, minimalisir barang bawaan agar tidak terlalu overload bagasi.

Bagaimana Cara Beradaptasi di Lingkungan Baru?

Ini mungkin akan menjadi kesulitan berikutnya. Berteman dengan rekan kerja akan menjadi awal yang baik, dan kemudian lingkungan tempat tinggalmu, sering-seringlah berpartisipasi atau datang ke tempat umum. Mungkin kamu bisa mulai dengan bermain sepak bola di lapangan sekitar tempat tinggal, atau sekedar pergi ke taman setiap pagi untuk mengikuti yoga bersama. Kecemasanmu akan berangsur-angsur berkurang. Hanya butuh waktu beberapa minggu untuk beradaptasi kemudian tanpa kamu sadari kamu sudah memiliki grup pertemanan yang hebat.

Bagaimana Jika Gagal?

Well, kamu harus memiliki keputusan. Ketika kamu tidak suka, tidak nyaman berada di sebuah lingkungan dan memutuskan untuk pindah rumah, mungkin akan membuatmu lebih tenang tanpa harus dihantui perasaan tidak enak yang akhirnya juga akan berdampak negatif ke pekerjaanmu.

Kebanyakan orang cenderung akan melupakan semua masalah yang pernah dihadapi demi masa depan yang lebih baik. Stay positive, dan temukan petualangan hidupmu selanjutnya.

Mungkin kamu akan merasa sangat kebingungan ketika dihadapkan pada situasi seperti ini, namun dengan mengikuti langkah mudah ini kamu akan lebih memantapkan hati ketika memutuskan apply lowongan kerja di luar negeri. Ingat, pada awalnya pasti akan terasa sulit. Secara natural, kamu akan segera sukses menyesuaikan diri dengan kehidupan baru dalam lingkungan baru, dan semua akan terlihat normal seperti biasanya. Bingung cari lowongan kerja? Kamu bisa dengan mudah mengakses www.jobs.id untuk informasi yang paling update dan lengkap

Good luck!