Pengangguran? Ketahui 3 Alasan Kamu Tidak Diterima Sebuah Perusahaan

Things-to-do-when-unemployed

Jika saat ini kamu adalah lulusan perguruan tinggi dan masih pengangguran, kamu pasti tahu apa yang dimaksud dalam artikel ini. Kamu telah menghabiskan 4 tahun dalam hidupmu dengan membaca buku, berusaha mendapatkan nilai yang tinggi, berpartisipasi dalam aktifitas ekstra kulikuler yang relevan, dan mungkin kamu bahkan mengambil pekerjaan part-time di sela-selanya. Kamu telah bekerja sangat keras untuk dapat menyandang gelar ini dan juga telah diwanti-wanti pentingnya memiliki gelar untuk mendapatkan pekerjaan di tengah ketatnya kompetisi job-hunting. Lalu, mengapa kamu tak kunjung diterima kerja?

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu belum menjadi bagian dari karyawan dari populasi pekerja di dunia ini.

1. Resume Kurang Spesifik

Memang bagus jika kamu memiliki resume yang kuat dengan semua skill profesionalmu tercantum di dalamnya, namun resume mu akan menjadi sangat biasa ketika yang kamu lakukan adalah mengirimkan resume yang sama pada semua posisi kerja yang kamu temukan. Luangkan waktu untuk menulis ulang resume pada kesempatan tertentu dan cantumkan kata kunci yang spesifik yang tercantum dalam deskripsi kerja. Mengumpulkan informasi yang spesifik pada pekerjaan yang kamu lamar dan menyesuaikannya dengan pengalamanmu adalah strategi untuk membuat resume yang baik. Tempatkan dirimu sebagai tim HRD/perekrut dan jangan berikan informasi yang negatif dan tidak berhubungan.

2. Melamar Pekerjaan yang Tidak Sesuai dengan Skill

Kamu tentu punya alasan ketika melamar semua pekerjaan yang kamu temukan. Ekonomi kita, meskipun terus berkembang, namun masih belum cukup mampu menampung fresh graduate. Namun, bukan berarti kamu bisa melamar ke semua lowongan kerja yang kamu lihat dan mengirimkan resume yang sama ke semuanya.

Lamarlah pada pekerjaan yang kamu inginkan dan memenuhi syarat. Lamar pada pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang kamu pelajari dan kuasai. Coba untuk membuat daftar perusahaan potensial yang menjadi impianmu dan targetkan dirimu kesana sebisa mungkin. Gunakan media sosial untuk menemukan orang-orang yang punya channel ke sana, dan selalu perhatikan setiap kali ada lowongan kerja yang dibuka. Kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima kerja pada pekerjaan yang relevan terhadap skillmu daripada di posisi yang 100% syaratnya tidak mampu kamu penuhi.

BACA JUGA: 10 HAL PENTING KETIKA MEMBUAT CURRICULUM VITAE

3. Profil Media Sosial Tidak Dikelola dengan Baik

Menurut survey yang dilakukan, para perekrut menggunakan jaringan sosial ketika menyaring pelamar kerja. Hal ini berarti kamu harus segera membersihkan profil Facebook dan Twittermu menjadi lebih positif, namun yang lebih penting, bangun imej profesionalmu dengan baik.

Menjadi pengangguran tidak selalu berarti kamu tidak berkompeten atau tidak punya cukup skill untuk menjadi profesional. Coba lebih perhatikan resume, profil sosial media, dan fokuskan skill yang ingin kamu geluti dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Kamu bisa simak informasi terkinit tentang lowongan kerja hanya di www.jobs.id

Good luck!