Pengalaman Kerja Tidak Cukup? Gunakan 5 Cara ini

male boss talking to female subordinate

Kamu tahu sebuah pekerjaan adalah peran yang harus dijalani, namun ternyata pengalaman kerja yang dimiliki masih sangat minim. Jangan takut. Kamu bisa tetap menjalani peranmu dengan baik melalui tips yang diberikan oleh para manager perusahaan berikut ini.

  1. Fokus pada skill, bukan pengalaman. Persyaratan kerja terkadang hanyalah sesuatu yang diharapkan dimiliki oleh kandidat. Begitu pula dengan persyaratan pengalaman kerja. Jika kamu menunjukkan bahwa kamu mampu melakukan pekerjaanmu, kemungkinannya kamu akan tetap sukses menghadapinya. Tentu kamu ingin memiliki CV yang fungsional. Daripada menggarisbawahi kronologis pengalaman kerja, CVmu sebaiknya berfokus pada skill. Namun jangan sama sekali menyembunyikan timeline dari track record pengalaman kerjamu meskipun itu tidak berkaitan, namun tuliskan dengan singkat saja sebagai referensi skill lainnya.
  2. Tonjolkan pada pengalaman volunteer dan organisasi. Pengalaman kerja baik yang berbayar maupun volunteer tidaklah terlalu bermasalah. Pengalamanmu dalam dunia not-for-profit justru mungkin yang dicari oleh tim perekrut. Atau project kampus yang pernah kamu tangani menunjukkan bahwa kamu mampu mengelola budget, memberikan insights pada marketing media sosial atau membantu mempersiapkan business plan. Yang penting adalah pengalamanmu mengatur event, bertanggungjawab membuat kegiatan sosial, atau membuat majalah kampus.
  3. Temporary work. Jika kamu belum juga ada pengalaman kerja temporary sebaiknya segera coba lakukan. Meskipun bermula dari posisi terbawahpun, kamu akan tetap melakukan kontak dengan organisasi dan industri yang akan menambah pengalaman yang bernilai. Jika belum memungkinkan coba ajukan aplikasi untuk magang pada sebuah perusahaan ternama dengan reputasi yang baik.
  4. Fokus pada project sekolah atau kampus. Jika kamu pernah menjadi project manager dalam acara sekolah atau kampusmu, menciptakan sebuah produk untuk dijual di sekolah kamu berarti memiliki pengalaman kerja lebih dari yang kamu pikirkan. Bahas juga tentang pencapaianmu selama bersekolah atau kuliah.
  5. Tekankan value lain jika mempekerjakanmu. Apakah kamu orang yang fleksibel? Atau bisa bekerja saat akhir pekan? Apakah kamu menyiapkan rencana studi saat waktu luangmu? Mungkin kamu memiliki skill lain yang tidak disebutkan dalam kriteria utama yang bisa saja bermanfaat bagi perusahaan. Kreativitas, skill komputer dan teknologi akan menjadi nilai yang jauh lebih bernilai dalam dunia kerja. Skill presentasi, public speaking biasanya akan menjadi nilai plus bagi kandidat.

BACA JUGA: 10 STRATEGI EFEKTIF DALAM MENCARI KERJA

Akhirnya, tips pengalaman kerja tersebut menjadi cara terbaik untuk membantu job-huntingmu melalui perilaku serta pandangan yang positif. Sulit memang, namun perekrut akan lebih menyukai calon kandidat yang gelas pengalamannya sudah cukup terisi penuh.

Buat kamu yang sedang mencari informasi lowongan kerja, bisa membuka jobs.id untuk informasi lowongan kerja terbaru 2015.