Pahami 7 Tips Jitu Menjadi Leader (Pemimpin) di Tempat Kerja

Leader3

Menjadi seorang pemimpin dalam perusahaan/kantor tentu menjadi tantangan tersendiri. Kamu sesungguhnya ingin menjadi seorang pemimpin meskipun belum memiliki titel sebagai bos. Agar bisa menyalurkan jiwa kepemimpinan tersebut, bagaimana cara untuk menumbuhkan positioning sebagai seorang leader? Berikut ini ada banyak cara yang bisa dicoba:

1. Mengemban Tanggung Jawab Lebih

Belajar untuk bertanggung jawab pada apapun yang ada di sekitarmu. Hal itu berarti, selama kamu berpartisipasi dalam sebuah projek/pekerjaan, kamu juga bertanggung jawab jika pekerjaan tersebut mengalami kegagalan. Belajarlah juga untuk bertanggung jawab pada kesalahan yang dibuat. Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, yang terpenting adalah bagaimana cara agar kesalahan tersebut tidak terulang.

2. Percaya pada Kemampuan Diri

Hanya karena semua orang pikir dunia bisnis itu kejam, manipulatif, dan licik, bukan berarti kamu harus menjadi seorang pemimpin yang seperti itu. Buat kontribusi kerja yang baik, percayakan dirimu adalah seorang pemimpin yang bisa mengubah dunia. Sebarkan pengaruh positif yang kamu punya ke orang-orang disekitar, inspirasikan mereka untuk menjadi lebih baik.

3. Ambil Resiko

Mencoba hal baru. Beranikan diri ambil resiko-resiko kerja yang ada. Buat dirimu tidak nyaman. Seorang leader yang baik adalah yang berani beresiko. Mereka tidak takut melakukan hal-hal yang diyakini. Untuk menjadi seorang pemimpin, kamu bisa memulainya dengan mengambil projek/pekerjaan yang justru dihindari semua orang.

4. Lakukan dan Tulis

Talk less, do more, and write more. Sekecil apapun ide yang datang padamu kapan saja, tuliskan. Meskipun bukan sebuah rencana, sekecil ide apapun tulislah. Hal ini akan membantumu agar tetap ingat. Jika tidak ditulis kemungkinan ide brilian yang muncul akan segera lenyap. Tuliskan semua hal dan simpan.

leader

5. Cermat Melihat Peluang

Tak perlu lagi menciptakan peluang untuk diri sendiri. Peluang berada di mana-mana. Kamu hanya perlu lebih cermat dan peka dalam melihatnya. Hal ini bisa dimulai dengan mengambil project/pekerjaan yang sulit atau yang jarang disentuh orang lain, bisakah kamu melihat peluangnya?

6. Terbuka

Siap menerima kritikan yang datang dari orang lain. Ketika kamu terbuka pada saran-saran yang diberikan, saat itulah kamu mendapatkan ide secara cuma-cuma. Seringkali ide tersebut datang dari mereka yang lebih cerdas darimu. Mereka akan memberikan tips gratis agar kamu menjadi lebih baik. Tanggapan atau umpan balik yang konstan adalah yang dibutuhkan untuk menjadi seorang leader.

7. Give, Give, Give

Itulah cara agar kamu terus berkembang. Tumpahkan semua hal yang ada dalam dirimu. Keluarkan semua ide, pemikiran, rencana, apapun! Ketika semua dalam dirimu sudah dikeluarkan, kamu akan membutuhkan ide baru lagi. Darimana kamu akan dapatkan itu? Dari orang-orang yang ingin menjatuhkanmu, dari para pendukungmu yang berharga, atau bahkan dari orang-orang yang tak terduga sebelumnya.

Masih banyak cara lainnya untuk memposisikanmu sebagai seorang leader. You have more to input, semakin banyak maka akan semakin memperkaya.. Kunci utamanya, jangan pernah menjadi pemimpin yang takut mengambil resiko. Good luck, Leader!