Pahami 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Mendapat Promosi Jabatan

b-7-golden-steps-to-quick-promotion-at-work-55-270814-120613-compressed

Anda sudah mencapai semua target kerja. Pengalaman kerja Anda juga sudah tak diragukan lagi. Anda disegani oleh karyawan-karyawan dan rekan kerja. Namun mengapa Anda masih saja terjebak di posisi yang sama dan bukannya mendapatkan promosi untuk kenaikan jabatan? Jika Anda merasa ada sesuatu yang menghalangi jalan karir, namun belum mengetahui alasannya, baca yang satu ini.

1. There is no “The next level up”

Jika posisi yang lebih tinggi sudah diisi oleh orang lain, atau bahkan tidak ada posisi yang lebih tinggi lagi, kemungkinannya Anda akan sulit mendapatkan promosi. Anda harus menunggu orang tersebut resign atau mengajukan sendiri perihal kenaikan posisi jabatan. Ini adalah alasan mengapa kebanyakan orang sulit naik jabatan. Jika Anda sedang berburu promosi, coba bicarakan dengan boss tentang target Anda sehingga jika peluang tersebut terbuka, beliau akan memberikannya pada Anda.

2. Anda belum mempunyai skill yang tepat

Sebaiknya Anda melakukan gerakan dengan mencari tahu ke manager terlebih dahulu tentang skill apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menduduki posisi yang lebih tinggi dari saat ini. Manager yang baik akan dengan terbuka mengatakannya. Ada beberapa manager yang terkesan ‘pelit’ informasi dan menjaganya rapat-rapat. Biasanya mereka memiliki motif tertentu di balik sikapnya. Sebaiknya jika ada anak buah yang menanyakan hal tersebut, jadilah setransparan mungkin agar mereka bisa semakin tinggi menentukan target. Dengan begitu akan memotivasi mereka untuk bekerja sebaik-baiknya dan menambah nilai plus bagi tim dan perusahaan.

BACA JUGA: PERTIMBANGKAN 5 HAL INI SEBELUM RESIGN DARI PEKERJAAN

3. Performa kerja kurang

Biasanya para manager mempertimbangkan mempromosikan karyawan yang inisiatif. Karyawan yang hanya melakukan pekerjaannya sebagaimana tugas diberikan dilihat sebagai karyawan yang mediocre. Mereka hanya melakukan apa yang disuruh dan tidak lebih. Tanpa melihat apakah tugas yang diberikan sesuai atau tidak, mereka hanya ‘manut’ saja dan melakukannya. Tipe karyawan yang seperti ini akan sulit mendapatkan kenaikan jabatan. Karyawan yang dapat berpikir mandiri, memikirkan mapping aktifitas dengan objektif dan melakukan beberapa detil ekstra yang inisiatif akan dilihat dengan lebih baik dan lebih mudah dipromosikan.

4. Anda tidak berpotensi menjadi pemimpin

Ilmu menjadi seorang pemimpin tidak dapat didapatkan di mata kuliah atau pelajaran ketika Anda kuliah dulu, sifat kepemimpinan juga bukanlah sebuah bakat keturunan yang didapatkan begitu saja. Bisa menjadi pemimpin yang baik membutuhkan sifat-sifat pemimpin yang efektif. Aura kepemimpinan akan membedakan mereka dari yang lain. Mereka yang mendapatkan promosi jabatan belum tentu ditunjuk menjadi seorang pemimpin, namun seseorang yang memiliki sifat kepemimpinan akan dengan mudah mendapat promosi. Anda bisa membentuk sifat kepemimpinan melalui situasi-situasi kehidupan dan pilihan yang berhasil dibuat saat menghadapi situasi sulit.

5. Anda belum berhasil mengesankan Manager

Hak prerogratif dalam promosi jabatan biasanya dipegang oleh para manager. Biasanya mereka kurang objektif dalam mengajukan promosi tersebut. Inilah saatnya Anda beraksi agar mereka tertarik. Bukan berarti Anda harus menyuap mereka. Anda bisa mencoba menarik perhatian mereka dengan menunjukkan talenta, memberikan lebih dari yang di minta, dan memimpin rekan kerja Anda. Buat manager Anda tidak memiliki pilihan lain selain mempromosikan Anda.

Nah itu dia tadi beberapa kemungkinan alasan yang dihadapi para karyawan yang tak kunjung mendapatkan promosi jabatan. Ini waktunya bagi Anda untuk sebanyak-banyaknya menunjukkan skill, bakat, kemampuan yang dimiliki. Mungkin saja selama ini para manager Anda kurang aware dengan keberadaan Anda. Selamat mencoba!