Pahami 3 Tips Ini Untuk Mendapat Pekerjaan yang Diimpikan

Happy workers

Memiliki karir yang cemerlang saat ini sudah menjelma menjadi tujuan hidup yang utama bagi banyak orang. Meskipun begitu kita sebagai manusia tetap harus menyeimbangkan antara kehidupan profesional dan personal seperti bersosialisasi, berteman, berkeluarga, dan kegiatan lainnya. Di luar sana, tanpa kita sadari sebenarnya banyak sekali peluang berkarir lebih dari yang kita kira. Layaknya pepatah “Banyak jalan ke Roma”, memilih jalur karir sebenarnya adalah hal yang cukup mudah jika dicermati. Sebelum Anda berubah status menjadi job-seeker yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan impian berikut inzada 3 hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai cari kerja:

Tip #1 – Tanyakan pada Teman dan Keluarga

Kenyataannya adalah, orang terdekat dalam hidup Anda adalah teman dan keluarga. Hubungan ini tidak seharusnya dikorbankan demi pekerjaan. Ada baiknya pertimbangan setiap langkah karir Anda kepada mereka, apakah apa yang Anda ingin lakukan sejalan dengan kewajiban yang harus Anda lakukan dengan peran Anda tersebut. Usahakan untuk tetap dapat membagi waktu dengan keluarga, dan pasangan Anda. Samakan jam kerja dengan pasangan Anda, bahkan jika harus mengurangi salary Anda. Dibutuhkan kesabaran dan pemahaman memang, namun kebahagiaan batin juga sama pentingnya dengan salary yang didapat. Pertimbangan dari orang-orang terdekat tentu sangat penting dalam pemilihan jalur karir Anda. Teman-teman dekat Anda mungkin saja lebih mengerti tentang apa sesungguhnya bakat dan kemampuan Anda. Dengarkan pendapat mereka lalu pertimbangkan. Berusaha untuk tetap sejalan dengan jadwal orang-orang terdekat Anda juga supaya Anda tetap bisa memiliki waktu berkumpul bersama.

Tip #2 – Sadari Potensi Diri 

Langkah penting dalam menemukan jalan karir yang sukses adalah dengan kenali potensi, keahlian, kemampuan diri Anda sendiri kemudian temukan peluang untuk menghasilkan uang dari hal itu. Apakah Anda menyukai banyak uang? Apakah Anda enjoy menjadi bagian dari tim? nilai-nilai tersebut bisa menjadi personal value Anda.

Dream Job

Mengenali dengan baik value dari diri Anda dapat membantu menjalani karir yang sukses. Namun ingat, jangan gampang tergoda dengan keinginan cepatnya sirkulasi uang dan pekerjaan yang mudah.

Tip #3 – Bangun Jaringan Dengan Teman dan Kolega

Banyak konsultan karir menyarankan pentingnya networking dengan kolega seperti dosen, teman dengan hobi yang sama, ataupun orang-orang dalam asosiasi profesional. Meningkatkan hubungan jaringan menjadi sangat penting dalam memiliki karir yang efektif. Mereka yang terdekat mengetahui apa yang terbaik dan terpenting untuk Anda. Manfaatkan hal tersebut dengan menanyakan informasi perusahaan dalam lingkungan mereka atau berbagai peluang-peluang yang mereka miliki dari bidang yang Anda minati.

Jika pilihan karir Anda ditentukan berdasarkan nilai diri Anda, Keluarga, dan teman-teman terdekat, Anda akan menjadi lebih bahagia dan memiliki harga diri yang lebih baik di mana hal tersebut dapat berhubungan dengan kreativitas dan bahkan pengetahuan atas berharganya diri Anda sebagai manusia.