Ketahui 3 Langkah yang Harus Dilakukan untuk Pengembangan Staff

Teamwork

Pengembangan bagi para staff adalah salah satu kegiatan penting untuk mendukung jalannya bisnis yang sehat. Banyak perusahaan yang melakukan pengembangan staffnya dengan metode jadul dan lawas, sedangkan perubahan yang terus menerus terjadi membuat objektif sebuah perusahaan ikut berubah, bahkan dalam hitungan bulan. Para staff sendiri, dengan sifat yang terus berubah seringkali tak suka dengan sistem manajemen yang digunakan oleh perusahaannya. Bagaimana solusinya?

1. Fokus pada kualitas hubungan

Dunia kerja konvensional adalah dunia yang dibangun secara hierarki. Sedangkan dunia kerja saat ini, yang dipenuhi dengan sosial media, pekerja lepas, dan struktur organisasi yang lebih minim, dibangun melalui sebuah hubungan. Memiliki sebuah hubungan kerja yang baik, dan memengaruhi para staff Anda untuk juga melakukannya, adalah hal penting dalam sebuah pengembangan. Manajer juga harus mengetahui dan mengerti bahwa staff adalah orang-orang yang bekerja untuk mereka. Pahami mereka. Dengarkan dan beri perhatian lebih pada orang-orang yang Anda pimpin. Pada era sosial media seperti ini, orang-orang akan lebih banyak membutuhkan komunikasi yang informal, tak lagi kaku seperti dulu. Bekerja bersama staff membantu mereka untuk menunjukkan pada Anda bahwa mereka mampu bekerja dengan baik, dan menunjukkan bahwa Anda aware mengenai hal itu. Beri feedback pada pekerjaan mereka. Sikap rendah hati dapat menumbuhkan loyalitas dan meningkatkan kerjasama tim, serta meningkatkan kualitas hubungan.

2. Keep things simple

Dunia saat ini menjadi sangat kompleks dan disesaki dengan berbagai pilihan. Hal ini juga berlaku dalam dunia kerja. Pekerjaan mana yang harus diselesaikan lebih dulu? Email mana yang harus dibalas setelah ini? Apa saja yang harus dibahas pada meeting nanti? Anda bisa membuat semua hal agar tetap simpel. Buat sebuah prinsip kerja yang simpel dan permanen, tujuan besar yang akan tetap relevan meskipun pasar terus berubah. Bangun rencana itu bersama para staff, dan ingatkan bahwa ketika mengalami kesulitan, coba untuk kembali pada pada prinsip awal. Beri mereka arahan dan percayai mereka menjalani pekerjaannya masing-masing.

????????????????

3. Lakukan evaluasi

Lakukan evaluasi pada sistem pengembangan yang saat ini Anda lakukan, lihat apakah tujuannya berhasil dicapai. Banyak perusahaan masih menggunakan metode lama yang selalu dilakukan bertahun-tahun, hanya menambahkan objektif di sana sini, bukannya memperbaiki hal itu justru membuatnya semakin kompleks. Perhatikan metode apa saja yang berhasil dan mana yang tidak. Apakah terdapat kontradiksi di dalamnya. Jangan hanya mempercayai insting, hal inilah yang justru membuatnya semakin rumit. Dapatkan feedback dari staff, dengarkan kesulitan mereka. Kumpulkan data. Jadikan data tersebut sebagai pijakan dalam menentukan langkah selanjutnya.

Sebuah sistem yang baik tak hanya dilihat secara individual, namun Anda juga harus cukup cermat untuk mengetahui polanya. Strategi pengembangan staff yang baik tentu akan membawa organisasi/perusahaan menjadi lebih baik juga.