Ketahui 10 Tips Kreatif Melamar Pekerjaan Secara Online

online-recruiting-tech

Pada era internet yang semakin berkembang saat ini, tak sedikit yang mulai menerapkan sistem rekrutmen secara online. Melakukan prosesi melamar pekerjaan secara online ternyata juga membutuhkan keahlian karena memiliki alur yang berbeda dari saat kamu melamar pekerjaan offline. Berikut ini beberapa tips untuk menyempurnakan keahlian yang dibutuhkan semua para job seeker di abad 21:

  1. Atur strategi. Sebelum memulai bertualang mencari kerja di dunia online dan mengajukan aplikasi, pastikan kamu sudah memiliki website-website yang akan dituju selama menghabiskan waktu di dunia maya. Seringkali kita terlena ketika sudah berada di depan komputer dan kemudian menjadi tidak fokus dengan menghabiskan berjam-jam browsing lowongan kerja yang bahkan tidak sesuai dengan minatmu. Untuk menghindari hal ini, pastikan buat catatan berisi target perusahaan mana saja yang akan dilamar, website apa saja yang akan dibuka dan berapa lama durasi yang dihabiskan di setiap sesinya. Strategy-Small
  2. Persempit lingkup pencarian. Semakin jelas jenis pekerjaan apa yang diinginkan, maka kamu akan semakin spesifik ketika melakukan pencarian pekerjaan secara online. Kamu akan menjadi semakin lihai ketika harus membuka situs perusahaan tertentu, atau ketika melihat deskripsi pekerjaan pada posisi jabatan yang sesuai denganmu.
  3. Realistis. Hal ini menjadi sama pentingnya dengan poin-pon di atas, bersikaplah realistis dengan peran yang nanti akan dilakukan. Buat kriteria yang jelas dan spesifik, seperti jam kerja yang diinginkan, berapa jauh jarak yang harus ditempuh dari rumah ke kantor, seberapa penting tunjangan bonus, rumah dinas, dan berbagai keuntungan lain yang didapat. Akan menjadi sia-sia jika kamu melamar ke pekerjaan yang akan berbenturan dengan semua hal yang diangaap penting.
  4. Lakukan riset. Semakin kamu mengetahui dan memahami sistem perekrutan dan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan maka akan semakin baik. Berbekal dengan informasi ini kamu akan berada pada posisi yang lebih baik sebagai seorang pelamar kerja online. Kamu bisa gunakan situs search engine yang sangat populer dan lengkap seperti Google, Yahoo, dll untuk mencari semua informasi terbaru yang dibutuhkan tentang posisi jabatan yang diincar. woman-writing
  5. Buat daftar pekerjaan dari semua lamaran kerja yang sudah diajukan. Bahkan jika memungkinkan, simpan juga salinan dari aplikasi lamaran yang Anda isi. Hal ini akan membantu Anda untuk mengingat kembali apa saja yang sudah dicantumkan pada lembar aplikasi, sebagai persiapan pada tahap selanjutnya (interview).
  6. Siapkan beberapa kalimat pendukung (moto hidup). Sebagai tambahan, persiapkan juga beberapa poin atau paragraf sebagai tambahan kalimat yang bisa dicopy-paste ketika mengisi lembar aplikasi online ke perusahaan lainnya.
  7. Siapkan resume dalam bentuk soft file. Dibandingkan meminta untuk mengisi aplikasi online, biasanya tim perekrut akan meminta untuk mengirim resume via email. Penting untuk memiliki resume yang mudah dibaca melalui komputer. Resume sebaiknya dibuat maksimal sebanyak 2 lembar, padat, singkat, tidak bertele-tele namun tetap informatif. resume-2
  8. Ajukan lamaran kerja secukupnya. Semakin sedikit maka akan semakin baik. Banyak anggapan bahwa semakin banyak posisi jabatan yang dilamar maka kesempatan untuk sukses semakin besar. Namun hal sebaliknya justru sering terjadi. Fokus ketika mengajukan lamaran kerja, mantapkan hati untuk memilih posisi dan perusahaan yang sesuai akan jauh lebih daripada melamar ke semua lowongan kerja yang dibuka namun dijalani dengans setengah hati.
  9. Tentukan beberapa orang yang bisa dijadikan kontak rekomendasi. Pastikan mereka adalah orang-orang yang mendukung karirmu, atau seseorang yang paham dengan bidang pekerjaan yang diajukan. Semakin relevan orang tersebut maka kesempatanmu akan diterima akan semakin tinggi. Namun yang harus diperhatikan, jangan pernah mencantumkan nama dan kontak mereka sebelum konfirmasi terlebih dahulu. Sebaiknya segera lakukan konfirmasi setelah selesai mengajukan aplikasi kerja ke teman/kerabat bahwa kamu telah menjadikan mereka sebagai kontak rekomendasi.
  10. Kirimkan email resume ke orang yang dipercaya dan lebih fasih dalam menilai sebuah resume. Pastikan mereka dapat melakukan penilaian secara objektif dan memberikan saran pada resume sebelum kamu melamar pekerjaan secara online.

Melamar pekerjaan secara online memang akan sangat memudahkan karena akan terhindar dari antrian panjang nan berdesak-desakan layaknya di Job Fair, namun dibutuhkan strategi yang tak mudah pula. Sepuluh tips di atas semoga dapat diterapkan sebelum memulai ‘perburuan’ online.