Kenapa Headline Linkedin-mu Sangat Penting

headlines-hillary-lannan

Jika kamu sedang mencari pekerjaan baru, kamu mungkin sudah mengetahui pentingnya mengupdate profil LinkedIn, namun mungkin kamu belum menyadari sepenting apa headline LinkedIn dalam proses pencarian kerjamu.

Banyak dari ahli karir yang setuju bahwa headline LinkedIn menjadi satu bagian paling kuat dalam profilmu dan kamu harus memanfaatkan hal ini denganmenunjukkan kehebatanmu dalam 120 karakter atau bahkan kurang. Headline menjadi bagian yang pertama kali muncul selain namamu. Oleh karena ini kamu harus mencantumkan hal yang bisa menarik tim perekrut untuk membuka profilmu.

BACA JUGA: 8 Cara Efektif Mengoptimalkan Linkedin

Berpikir Layaknya Seorang Sales

Daripada hanya mencantumkan jabatan kerjamu saat ini, cobalah berpikir seperti seorang sales/marketer. Apa aset terbaik yang kamu miliki dan tawarkan pada calon bos barumu nanti? Apa yang membuat tim HRD bersedia mempekerjakanmu atau minimal berinteraksi denganmu? Karena kamu harus menuliskannya dengan singkat, buat daftar dari semua aset kelebihanmu dan buat urutan berdasarkan kepentingan. Tempatkan dua sampai tiga urutan teratas dan rangkai dalam sebuah kalimat yang menarik. Jika kamu kesulitan membuat daftarnya, jangan ragu minta bantuan orang sekitarmu. Beberapa orang akan dengan mudah menjawab keahlian utamamu dan bisa kamu masukkan ke dalam headline tersebut.

Spesifik pada Bidang Tertentu

Headline yang kamu cantumkan sebaiknya bersifat spesifik pada bidang karir yang kamu jalani saat ini. Gunakan kata kunci yang mungkin sering digunakan tim perekrut saat mencari calon karyawan baru sesuai bidang keahlianmu. Jika kamu cukup kreatif, maka kamu akan tampak berbeda dari calon kandidat lainnya.

Ceritakan Seringkas Mungkin

Karena terbatas hanya untuk 120 karakter saja, kamu tidak mungkin menulis nobel di sana, namun kamu harus mampu membuat sebuah pernyataan solid tentang dirimu. Pikirkan tentang bagaimana kamu bisa mencapai titik karir sekarang dan masalah yang ingin kamu pecahkan di kemudian hari.

Ketika kamu siap membuat perubahan pada headline, login pada akun LinkedIn-mu dan pilih menu Profile, Edit Profile. Clik Edit di bawah namamu. Pada menu selanjutnya, kamu akan melihat menu subheading untuk Headline. Akan lebih mudah jka kamu merumuskannya terlebih dahulu dalam Word (atau program pengerjaan serupa lainnya) sehingga kamu bisa melihat jumlah karakter yang sudah digunakan, kemudian cut dan paste dalam LinkedIn. Klik Save Change dan selesai!

Ingin tahu pekerjaan yang cocok buatmu? Simak semua informasi lowongan kerja berdasarkan minat dan bakat hanya di www.jobs.id