Karir: 4 Rahasia Sukses Menjalani Pekerjaan Baru

levo-mentors-new-job

Memulai pekerjaan baru tentu membawa serta pula tantangan tersendiri, terutama jika jobdesc yang kamu kerjakan berbeda dengan hal-hal yang biasanya kamu lakukan, atau ketika kamu terjun ke industri yang benar-benar baru buatmu. Namun perkembangan individual dan profesional yang ditawarkan dengan mencoba hal baru sangat terbuka lebar di hadapanmu. Berikut ini ada empat tips karir yang bisa kamu lakukan saat menjalani peran baru dalam pekerjaan:

BACA JUGA: 8 Kesalahan yang Akan Menghancurkan Karir-mu

1. Jujur dengan skill yang dimiliki

Jika atasanmu memberikan tugas yang tidak bisa kamu selesaikan, jujurlah tentang hal itu sedari awal (itulah mengapa sebaiknya menuliskan CV yang sejujurnya). Memaksakan diri untuk menangani hal di luar kemampuan justru akan menurunkan kualitas hasil kerja, dan bahkan bisa-bisa kamu menghabiskan waktu kerjamu yang berharga untuk berkutat dengan satu tugas itu. Beritahukan pada atasanmu jenis training seperti apa yang kamu perlukan untuk meningkatkan dasar pengetahuan dan mempelajari cara yang benar untuk menangani pekerjaan tertentu. Dengan begini kamu tidak akan menanggung malu di kemudian hari.

2. Bertanya, bertanya, dan bertanya

Kamu mungkin masih terjebak dalam stigma bahwa ketika kita bertanya maka akan menunjukkan bahwa kita bodoh, namun sesungguhnya, bertanya justru memperlihatkan bahwa kamu adalah orang yang bijaksana dan bersungguh-sungguh untuk menyetarakan antara ekspektasi si bos denga kemampuan terbaik yang kamu miliki.

Jika kamu justru malu-malu bertanya, bukan hanya akan rentan pada kesalahan, namun kamu juga akan membuat pekerjaan lebih sulit dikelola. Tidak ada yang lebih buruk dari duduk di ruang kerja bertanya-tanya, menerka-nerka jawabannya sepanjang hari, di mana hal itu bisa meningkatkan rasa cemas dan stress.

Jadi ketika kamu merasa beberapa hal kurang jelas, tarik napas yang dalam dan beranikan diri bertanya. Pasti mereka akan membantu.

3. Membangun jaringan pertemanan

Apakah kamu masih ingat hari pertama sekolah dulu? Ketika semua murid masih canggung dan saling tunggu hingga ada yang menyapa.

Mungkin kamu sekarang sudah jauh lebih tua, namun perasaan nyaman ketika memiliki teman tak akan jauh berbeda antara anak umur 5 tahun atau 50 tahun sekalipun. Jadi cobalah untuk berkenalan dengan rekan kerja lainnya, terutama jika kamu adalah karyawan baru, dan lakukan yang terbaik untuk membangun hubungan dengan mereka. Karyawan yang sukses adalah mereka yang merasa sangat nyaman dengan lingkungan kerjanya.

4. Yakin pada diri sendiri

Percaya diri menjadi poin sukses bagi para pekerja baru. Mungkin saat ini kamu masih belum terlalu paham pada pekerjaan yang kamu lakukan, namun itu hanya persoalan waktu.

Kamu dipilih karena sebuah alasan, kualitas atau skill yang sudah kamu kuasai, jadi fokuslah ada hal itu daripada terlalu khawatir tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. Percaya diri di awal masa kerja akan menarik perhatian positif untukmu.

Menyelami tantangan pekerjaan baru memang bukan hal mudah, namun perjuangan itu akan terbayar seiring skillmu yang juga meningkat. Menantang diri sendiri akan menjadi cara terbaik untuk membuat kita berkembang maksimal, baik secara individu maupun profesional. Apa tips karir-mu untuk bisa sukses saat memulai pekerjaan baru? Silakan beri komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk terus update informasi lowongan kerjamu hanya di www.jobs.id