Interview Kerja yang Efektif? Ini Tipsnya

shutterstock_792702011 (1)

Selagi mempersiapkan sebuah interview kerja, ada baiknya kamu juga memahami apa saja hal-hal yang menarik di mata perkerut atau calon manajer. Pikirkan cara bagaimana membuatmu terlihat kompeten di mata mereka, namun jangan lakukan dengan berlebihan. Calon manajer biasanya akan terpikat ketika mereka pikir sebuah ide adalah milik mereka. Oleh karena itu penting untuk bisa menyampaikan prestasi dan value kita dengan sesuai.

BACA JUGA: Ketahui 10 Tips Interview Kerja untuk Developer

Hal ini akan membuat tim perekrut berkesimpulan bahwa kamu adalah calon yang kompeten tanpa harus kamu mengatakannya secara langsung. Ini adalah fondasi dari interview kerja yang persuasif.

Ceritakan Tentang Pekerjaanmu Sebelumnya

Ketika kamu mendeskripsikan posisimu sebelumnya, pastikan kamu sudah siap dengan jawaban yang relevan, jujur, dan ada hubungannya dengan audiens. Ingat, daripada kamu menyatakan diri bahwa dirimu kompeten atau berorientasi pada target, persiapkan jawaban yang memperlihatkan bahwa kamu memiliki pengaruh dalam perusahaan dan pekerja keras. Ada baiknya mengkomunikasikannya melalui contoh kasus tantangan-tantangan kerja yang pernah kamu lalui dan solusinya.

Ceritakan Tentang Tujuan Hidup

Biasanya interviewer akan menanyakan alasan kamu pindah kerja. Ini adalah titik di mana orang harus bisa menjadi persuasif, terutama jika pelamar kerja pernah bekerja dalam perusahaan yang kurang stabil secara finansial ataupun penuh problematika. Berbicara negatif tentang mantan manajer atau mantan bos hanya akan membuatmu terlihat tidak profesional, di mana hal itu dapat membuat tim perekrut tidak tertarik denganmu. Cara paling ampuh adalah dengan berbicara secara objektif yang melibatkan dirimu, bossmu atau individu lainnya, fokus pada peran perusahaan sebagai badan usaha.

Alih Industri

Terkadang, manajer akan memprioritaskan kandidar yang datang dari industri/bidang yang sama karena dua alasan:

  1. Orang yang familiar dengan industri yang sejenis tidak memerlukan banyak training.
  2. Mereka yang tidak memiliki passion di sana akan cenderung tidak bahagia dan tidak betah.

Untungnya, saat ini sudah banyak perusahaan dan industri yang mengutamakan pengalaman kerja sehingga bisa membuat petinggi-petinggi yang masih skeptis bisa menerima mereka. Agar kamu mampu melewatinya persiapkan jawaban dari pertanyaan berikut ini:

  1. Apa yang membuatmu menyukai industri ini?
  2. Mengapa kamu percaya bahwa perusahaan ini bisa menerimamu?

In The End

Persiapan yang matang akan membawa berbagai keuntungan saat melalui interview kerja. Selain akan meningkatkan rasa percaya diri, persiapan ini mampu membuat interviewer menilaimu sebagai calon yang berpengetahuan luas, cerdas, mandiri, dan ambisius tanpa harus kamu ungkapkan.

Bingung cari info lowongan kerja yang up-to-date? Ukir karir impianmu melalui www.jobs.id