Inilah 7 Tools untuk Memperbaiki Cara Menulis-mu

business_writing-1024x421

Jika kamu ingin menuai kesuksesan dalam dunia bisnis, maka kamu harus memerhatikan skill menulismu. Mengapa? Hingga saat ini email masih menjadi tools utama untuk berkomunikasi antar rekan bisnis, dan melalui email-lah orang bisa menilai, memberi kesan tentang dirimu. Oleh karena itu pesan yang dikirimkan sangat penting untuk kesusksesan kerjasama ke depannya. Jika kamu merupakan bagian dari dunia bisnis, akan kemungkinan kamu tidak akan punya cukup waktu untuk membaca buku dan melatih kemampuan menulismu.

BACA JUGA: Mengirim Email? Cek 6 Hal ini Lebih Dulu

Namun bukan berarti kamu bisa menyerah begitu saja. Kamu bisa mengasah cara menulis-mu dengan beberapa tools berikut ini:

1. Dragon Dictation

Teknologi canggih satu ini memungkinkanmu melakukan multitasking layaknya seorang ahli. Kamu bisa menuliskan pesan melalui suara yang diucapkan melalui smartphone, tablet, atau komputer, dan akan segera diubah ke dalam bentuk teks. Meskipun teknologi ini tergolong cukup canggih, tak ada salahnya mengecek ulang semua isi pesan sebelum mengirimnya. Selain bisa digunakan untuk menulis email, Dragon Dictation juga bisa dimanfaatkan untuk menulis dokumen atau membuat konten media sosial.

2. NinjaEssays

Jika kamu kurang fasih dalam berbicara Bahasa Inggris namun selalu menggunakan BahasaInggris untuk berkomunikasi dengan partner bisnis, kamu harus melakukan yang terbaik untuk memoles emailmu menjadi sempurna sebelum mengirimkannya. Kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan kesalahpahaman. Teknologi untuk menulis esai seperti Ninja Essyas memberikan fasilitas penulis dan editor handal untuk membantumu menulis dengan jelas dan benar. Teknologi ini telah mengambil banyak perhatian dunia bisnis akhir-akhir ini, karena dapat menghemat waktu dan memungkinkanmu menyampaikan hasil kerja dengan segera.

3. WordStream

Konten online untuk mendukung bisnismu sangatlah penting terutama pada era Internet saat ini. Kualitas dari konten yang kamu bagikan tak terelakkan menjadi hal yang harus diperhatikan, selain strategi marketing SEO yang digunakan. WordStream akan menganalisis teks dan memberitahukanmu cara untuk membuat tulisanmu lebih menarik dan terdeteksi oleh para pengguna mesin pencari. Jangan buat kampanye online marketingmu sia-sia karena ada teknologi yang sangat mudah ini untuk membantumu.

4. Scrivener

Ketika kamu harus menulis rencana project yang lebih besar, business plan dan laporan, wajib hukumnya menggunakan Scrivener. Teknologi satu ini memungkinkanmu mengerjakan beberapa dokumen dan berganti-ganti bagian yang berbeda-beda hingga semuanya terorganisir dengan baik. Akan disediakan  catatan (notes) ketika ada ide baru yang muncul, sehingga kamu akan  bisa mengerjakan bagian itu nantinya. Tersedia untuk Windows dan Mac.

5. Email Excellence

Tak peduli jenis bantuan apa yang kamu gunakan, kamu tetap butuh untuk mempelajari bagaimana menulis emailmu sendiri. Alat ini menyediakan beberapa template untuk berbagai jenis pesan, maka kamu akan mengerjakannya lebih mudah hanya dengan mengikuti basic outlinenya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengikuti berbagai program training dan workshop yang berfokus pada peningkatan kemampuan menulis.

6. Community Media Workshop

Tool online ini akan membantumu menjadi ahli dengan menuliskan press release. Tak peduli apakah kamu akan mempromosikan produk baru, website atau event penting, kamu harus tahu bagaimana membuatnya menjadi materi yang menarik bagi wartawan media. Gaya menulis jurnalistik tidaklah mudah untuk dimengerti, namun workshop ini akan membimbingmu melalui bagian penting dari penulisan press release dan membantumu menuliskannya sendiri.

7. Docstoc

Dunia bisnis tak dapat dipisahkan dengan urusan hukum/legal, jadi kamu pasti akan membutuhkan bantuan dari seorang pengacara untuk melakukannya. Namun bukan berarti kamu harus sangat bergantung dengan mereka setiap kali kamu harus melakukan sebuah perjanjian atau persetujuan. Docstoc akan membantumu mempelajari bagaimana membuat formulir bisnis yang kamu butuhkan. Website ini juga merupakan sumber bermanfaat dari beberapa artikel sebagai wadah aspirasi orang-orang bisnis.

Masih banyak orang bisnis yang tidak menyadari fakta ini, bahwa menulis masih menjadi bagian krusial dalam karir mereka. Kamu harus mampu berkomunikasi dengan efektif jika ingin menajdi lebih sukses dan dihargai atas semua yang sudah dilakukan, dan itu dimulai dari cara menulis. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk merangkai kata-kata dalam email pada rekan bisnis barumu, kamu sekarang bisa memanfaatkan beberapa tools di atas untuk mempermudah pekerjaan.

Jangan lupa ikuti terus informasi lowongan kerja terlengkap dan terupdate hanya di website kami www.jobs.id