Inilah 5 Kesalahan dalam email yang dapat membunuh profesionalitas

email2

Saat ini email sudah menjadi bagian penting bagi semua orang, terutama untuk urusan pencarian pekerjaan dan berkarir. Menulis email yang baik menjadi kunci penting agar pesan tersampaikan dengan baik, mendapatkan pekerjaan baru atau melakukan promosi, atau kamu bisa dengan sukses berinteraksi dengan kolega kerjamu. Agar tetap menjaga profesionalitas, hindari kelima hal ini:

  1. Terlalu sok kenal. Bertingkah seperti layaknya teman lama dalam menulis email kepada tim perekrut kerja/tim HRD tentu tidak akan membuatmu menarik. Meskipun kamu memang lebih akrab dengan salah satu supervisor atau pimpinan pada perusahaan yang akan dituju jangan pernah menyebutkan hal itu karena percayalah, mereka tak akan mempertimbangkannya.
  2. Menggunakan bahasa slang, singkatan atau kata-kata yang salah eja. Tetap jaga profesionalitas dengan menuliskan email menggunakan bahasa yang sopan dan benar. Mencantumkan singkatan-singkatan atau kata-kata yang aneh akan berpotensi membuat emailmu masuk dalam folder spam. Ditambah lagi, ketika kamu melamar pekerjaan kemungkinannya mereka akan sudah enggan membaca lebih banyak jika di awal kalimat kamu sudah menggunakan bahasa yang kurang baik.
  3. Tidak menggunakan email signature. Ketika penerima pesan menerima pesanmu (username email) kemungkinan mereka akan kurang mengenali detail kontakmu dengan baik seperti nama panjang, jejaring sosial dan nomor telepon. Email signaturemu dapat memberikan informasi penting, dan menunjukkanmu sebagai seorang profesional yang berkompeten.
  4. Menggunakan alamat email yang imut, kurang pantas atau tidak profesional. Banyak para profesional yang membuat akun email mereka saat mereka masih muda. Dan jika kamu masih menggunakanya untuk kepentingan personal profesional, lebih baik kamu membuat alamat email yang lebih profesional.Gunakan beberapa variasi untuk nama depan dan nama belakangmu dan gunakan email service seperti Gmail.
  5. Kesalahan menggunakan CC dan BCC. Jika kamu mengirim email untuk satu orang, dan akan diteruskan untuk beberapa orang gunakan CC (Carbon Copy) namun jika akan mengirim email dengan list yang lebih banyak gunakan BCC (Blind Carbon Copy) jadi pastikan bahwa (1) kamu tidak membagikan email address semua rekanmu dan (2) pesannya tidak terlihat berantakan dengan banyaknya list contact yang dituju.

BACA JUGA Tips Kerja : 4 Hal yang Harus dihindari Saat Hari Pertama Kerja

Dengan memerhatikan kelima hal di atas kamu akan tetap menjaga profesionalitas dan menjadi lebih baik dalam menghadapi urusan email-mengemail. Simak informasi terlengkap tentang lowongan kerja di www.jobs.id