Inilah 3 Cara Mudah Menemukan Kerja di Twitter

File photo of a Twitter logo in this photo illustration taken in the central Bosnian town of Zenica

Pencari kerja yang cerdas akan memanfaatkan semua channel yang ada untuk menemukan lowongan kerja, dan ini termasuk media sosial. Jika kamu aktif di Twitter, kamu bisa menggunakan platform  ini untuk mencari kerja, atau paling tidak, kamu bisa bertemu dengan orang-orang menarik yang bisa memberimu panduan. Namun itu tak hanya didapat dengan membuat tweet-tweet random untuk menemukan pekerjaan menarik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memaksimalkan kekuatan jejaring sosial sebagai alat untuk membangun karir.

Buat akun Twitter yang profesional

Jika kamu sudah memiliki akun Twitter personal yang digunakan untuk berhubungan dengan teman-temanmu, ide yang bagus jika kamu membuat satu akun baru yang profesional khusus untuk mencari kerja. Gunakan nama lengkap atau nama aslimu sebagai adminnya, hal ini akan menjadi lebih kredibel, dan membangun reputasi. Cantumkan job titlemu, spesialisasi, dan cantumkan link ke oline resumemu. Lalu upload foto terbaikmu, seperti yang kamu gunakan di akun LinkedIn.

Ganti background Twitter yang menunjukkan profesionalisme. Ada banyak background gratis yang bisa dipilh, atau yang default disediakan Twitter juga sudah cukup untuk melengkapi profilmu.

Buat status Tweet yang relevan

Hindari mengrim Tweet tentang kehidupan personal dan perlakukan akun Twitter ini sebagai sarana untuk membangun imej profesional untuk menarik perekrut potensial. Jika kamu mencari kerja di bidang marketing, kamu bisa posting berita-berita marketing yang menarik atau foto dari kampanye marketing yang baik. Pastikan mencantumkan kata kunci atau hash tags yang relevan dengan bidang tersebut. Dengan memunculkan imej profesional bukan berarti menghilangkan kepribadianmu. Selain posting tentang link-link profesional, bagikan juga sedikit hal tentang dirimu, seperti project yang saat ini sedang kamu kerjakan, atau opinimu pada tren industri atau masalah tertentu. Kamu juga bisa mebagikan pendapatmu pada topik hangat yang sedang terjadi. Pastikan pendapatmu tersampaikan dengan adil dan tidak terlalu fanatik memihak.

BACA JUGA: 8 TIPS MUDAH MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI TEMPAT KERJA

Follow orang yang tepat

Buat daftar dari perusahaan-perusahaan top dan orang-orang berpengaruh di bidangmu. Kemudian temukan akun Twitter dan follow mereka. Kamu tidak hanya akan mendapat informasi lowongan kerja di sana (beberapa perusahaan biasanya mengumumkan lowongan kerja melalui akun media sosial) namun mereka juga akan membagikan insight yang akan membantumu lebih mudah dalam melakukan pencarian kerja. Misalnya melalui seminar atau workshop yang akan dilaksanakan, kamu sebaiknya ikut berpartisipasi karena kesempatan bertemu orang-orang potensial bisa kamu temukan di sana.

Dalam Twitter, simbol # yang diikuti dengan kata kunci disebut hashtag, hal ini digunakan untuk menandai kata kunci atau sebuah topik dalam status Tweet. Kamu bisa menggunakan atau mencari beberapa informasi lowongan melalui hashtag khusus lowongan kerja seperti #lowongan, #lowker, atau #jobs. Selamat mencoba!