Inilah 10 Tips Jitu Dalam Memilih Karir

Sukses Berkarir

Menentukan jalan karir merupakan salah satu momen penting yang dapat mengubah arah hidup Anda. Memilih karir yang layak memang membutuhkan berbagai pertimbangan baik dari segi waktu maupun kesiapan diri Anda sendiri. Informasi yang cukup lengkap dan pengujian kemampuan akan cukup membantu dalam memiliki karir cemerlang di masa mendatang. Berikut ini beberapa tips agar Anda dapat memilih karir yang tepat sesuai kepribadian dan kemampuan:

1. Evaluasi Gaya Kerja

Pemilihan karir yang tepat tentu dipengaruhi oleh style/gaya bekerja Anda. Apakah Anda termasuk pekerja independen yang mampu mencapai target walau bekerja sendiri, atau Anda adalah pekerja yang membutuhkan kedisiplinan dari lingkungan kerja yang terstruktur untuk dapat bekerja dengan baik? Lakukanlah evaluasi gaya bekerja Anda dengan jujur, supaya dapat membantu memutuskan apakah karir yang Anda jalani saat ini adalah jalan yang benar. Namun jika sifat alami Anda suka melamun dan menunda pekerjaan maka Anda memerlukan supervisor untuk membantu Anda untuk tetap bekerja dengan benar.

2. Ketahui Kemampuanmu

Dream Job

Apakah Anda memiliki hobi atau kemampuan yang disukai dan termasuk ahli dalam bidang tersebut?  Pikirkanlah cara-cara untuk mengubahnya menjadi sebuah karir. Hobi memainkan instrumen musik, misalnya, bisa saja memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi seorang musisi. Hobi gonta-ganti tatanan rambut memiliki potensi dapat menjadikan Anda seorang hair stylist professional. Melakukan hal-hal yang disukai tanpa disadari mampu membawa kita pada peluang karir yang sangat besar.

3. Susun Rancangan Finansial

Tak dapat dipungkiri, salah satu tujuan hidup kita adalah memilih karir yang dapat menghasilkan uang dan mencapai target financial yang telah dirancang. Jika Anda merancang tujuan untuk memiliki resort di seluruh benua, menaiki pesawat jet pribadi maka bekerja sebagai petugas kantor pemerintahan, misalnya, tidak akan membantu dalam mencapai tujuan tersebut. Secara umum karir yang dipilih minimal sejalan dan membantu Anda mencapai tujuan financial yang direncanakan.

4. Cermat Berhitung

Ketika Anda harus membayar, atau bahkan yang lebih buruk, meminjam uang untuk biaya pendidikan kuliah lanjutan (pasca sarjana/doctor) pastikan biaya yang dikeluarkan layak dan bermanfaat dalam pengembangan karir. Biaya pendidikan yang semakin meningkat menuntut Anda harus cermat dalam mempertimbangkan banyak hal, termasuk biaya pendidikan. Cari sebanyak-banyaknya informasi mengenai beasiswa dan jangan ragu untuk mencobanya.

5. Pahami Kebutuhan Sosial Anda

Anda akan menghabiskan sepertiga dari hidup Anda dengan rekan kerja & orang-orang yang bekerja untuk Anda. Jadi pilihlah karir yang cocok dan sejalan dengan kehidupan sosial. Jika Anda termasuk pribadi penyendiri dan kurang menikmati interaksi sosial, Anda mungkin cocok berkarir secara mandiri ataupun bekerja dari rumah. Namun jika Anda suka bertemu orang baru, kemungkinan Anda cocok berkarir sebagai humas atau front-liner karena berhubungan dengan publik.

6. Lakukan Wawancara Singkat

Temui seorang teman/kenalan yang saat ini sedang menjalani pekerjaan impian Anda dan lakukan obrolan singkat selama 15 menit. Hal ini dapat membantu Anda untuk memantapkan pilihan karir yang akan dijalani. Cari tahu pro dan kontra mengenai pekerjaan Anda dan tanyakan pada teman Anda apakah mereka akan tetap memilih pekerjaan ini jika muncul pilihan karir yang berbeda. Ajukan pertanyaan yang menyelidik dan dengarkan jawaban mereka dengan cermat.

7. Manfaatkan Tools Fitur Penguji Kemampuan

Hal ini dapat membantu Anda mempersempit pilihan karir yang akan dipilih. Ikuti berbagai kuis online untuk memberi gambaran tentang bakat Anda pada pekerjaan tertentu. Pahami berbagai deskripsi pekerjaan dan informasi karir pada website perusahaan yang Anda incar. Amati juga keahlian dan pelatihan yang diperlukan untuk pekerjaan terkait. Manfaatkan banyak buku dan perbanyak latihan mengerjakan soal ujian dapat membimbing Anda melalui proses Self-Assesment

8. Konsultasikan dengan Ahli Karir

Pertolongan dari seorang konsultan karir bisa menjadi pilihan Anda untuk mengejar pekerjaan impian. Konsultan karir dapat memberikan arahan bagaimana bertransisi dari pekerjaan Anda saat ini menuju  ke pekerjaan yang Anda inginkan. Konsultan karir juga akan memberikan banyak nasihat yang dibutuhkan untuk memulai loncatan kesuksesan karir Anda.

9. Perbanyak Pengalaman Melalui Magang

Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan magang bagi para calon pegawainya. Manfaatkan hal ini untuk merasakan langsung pengalaman bekerja pada posisi yang diinginkan. Pengalaman langsung pada lingkungan kerja yang Anda impikan dapat membantu memberikan pandangan yang realistis tentang dunia professional.

10. Bersabar

Meniti Karir

Menemukan jalan karir yang tepat merupakan sebuah proses, bukan suatu kejadian yang tiba-tiba. Menjadi staff/karyawan awal mungkin bukan pekerjaan impian Anda, namun mampu dijadikan pijakan dalam  meniti tangga karir yang lebih tinggi. Dibutuhkan waktu dalam membangun karir, untuk itu bersabarlah sembari tetap penuhi tujuan-tujuan yang sudah dirancang dalam rencana karir Anda.