Inilah 10 Tanda Interview Berjalan dengan Lancar

photo-9-woman-smile-interview

Interview yang menegangkan berhasil dilalui, sudah memakai pakaian terbaik dan berhasil menciptakan obrolan yang menyenangkan selama interview. Semua terlihat berjalan mulus, tak dapat dipungkiri Anda merasa percaya diri bahwa pekerjaan ini akan berhasil didapat. Namun, apa benar prosesi interview berjalan sebaik yang Anda rasakan? Seringkali, pelamar kerja hanya memikirkan kesalahan-kesalahan yang terjadi selama interview dengan mengabaikan poin positif yang sebenarnya sudah didapat. Meskipun belum terbukti 100% akurat, ada beberapa indikator bahwa Anda telah sukses melalui sebuah interview kerja.

Yang harus diingat, meskipun Anda sudah merasa sangat yakin pekerjaan ini akan jatuh ke tangan Anda jangan pernah puas dan berhenti sampai sini. Terus pantau informasi terkini mengenai proses perekrutan tersebut. Berikut ini 10 tanda bahwa interview Anda sudah berjalan dengan baik:

Interview Lanjutan

Pertanda yang paling mudah adalah ketika interviewer mengundang kembali Anda untuk melakukan interview. Tim perekrut tentu tidak akan membuang waktunya untuk berlama-lama melakukan interview kepada seseorang yang mereka rasa kurang cocok/menarik untuk diterima.

Kontak Referensi

Hanya mereka yang peduli atau tertarik dengan Anda yang akan melakukan hal ini. Perekrut tidak akan mau repot-repot memeriksa latar belakang dan menelepon kontak referensi Anda jika Anda bukanlah kandidat yang tepat untuk posisi ini. Penting untuk mencantumkan data kontak referensi yang spesifik dan jangan lupa untuk diberikan pada saat interview.

Bertemu Anggota Tim

Merupakan pertanda baik apabila HRD/Manager mengajak Anda untuk bertemu dengan anggota timnya  saat itu juga. Jika mereka tidak tertarik dengan Anda, tentu hal itu tidak akan terjadi. Biasanya team leader adalah orang yang protektif terhadap anggota timnya dan tidak akan mengambil resiko dengan mempertemukan kandidat jika bukan karena Anda berpotensi untuk menjadi bagian dari mereka.

Bagaimana Proses Transisinya Nanti?

Tim perekrut yang menanyakan alur transisi yang harus dilalui jika Anda diterima di perusahaan yang baru bisa menjadi pertanda mereka tertarik dengan interview yang dilakukan. Mereka juga akan mempertimbangkan jika ada kendala yang Anda hadapi dan bagaimana solusinya.

Menanyakan Gaji

Pertanyaan tentang ekspektasi gaji pada saat interview bisa jadi salah satu pertanda sinyal positif untuk Anda. Itu berarti mereka sedang berpikir untuk melakukan investasi melalui Anda. Sebaiknya jangan sampai keliru dalam menjawab, jika diperlukan persiapkan slip gaji Anda yang sekarang dan segera pikirkan jawaban apa yang seharusnya diberikan.

Tersenyum

Perhatikan ekspresi para perekrut setiap setelah Anda selesai menjawab pertanyaan Interview, apakah raut mukanya senang atau justru kebingungan? Tim perekerut merupakan perwakilan dari perusahaan sehingga apa yang terjadi selama interview dapat dikatakan juga sebagai pendapat seluruh anggota perusahaan.

Bola di Tangan Anda

Ketika interviewer lebih banyak menjawab pertanyaan dari Anda , itu menandakan bahwa mereka lebih ingin Anda mengetahui tentang bisnis, karyawan, dan posisi apa saja yang ada di perusahaan dibandingkan mereka mendengarkan Anda menjual diri dengan memberikan penjelasan atas diri Anda. Prosesi Tanya-jawab tak akan lama terjadi jika dirasa pelamar tidak cocok atau tidak menarik perhatian interviewer.

Interview Terus Berjalan

Pernahkah Anda mengalami proses interview kerja yang berjalan sangat singkat? Kemungkinan besar itu adalah tanda bahwa tim perekrut tidak tertarik dengan Anda. Interviewer biasanya akan segera menyudahi jalannya interview jika tidak menemukan ketertarikan dengan si calon pekerjanya. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya kemungkinan besar mereka merasa bahwa Anda salah satu kandidat yang cocok, atau minimal mereka berusaha untuk itu.

Pertanda Non Verbal

Tanda-tanda yang bersifat non verbal biasanya mampu memprediksi jalannya interview apakah sukses atau tidak. Perhatikan jika interviewer memberika tanda-tandanya seperti: membuat catatan, tersenyum, mengangguk, atau menanyakan banyak pertanyaan. Namun perhatikan pula apabila mereka menulis catatan secara singkat, terus-menerus melihat ke arah jam, atau tidak menanyakan pertanyaan yang mendetail kemungkinannya interview Anda tidak berjalan dengan sukses.

Lingkungan Kerja Sesuai

Semakin interviewer berbicara mengenai bagaimana suasana lingkungan kerja di perusahaan tersebut semakin baik, itu adalah salah satu tanda bahwa mereka berpikiran Anda adalah calon yang cocok dengan lingkungan di perusahaan tersebut. Mereka akan bercerita dengan lebih detail tentang kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di perusahaan dan merubah mode berbicara menjadi lebih “menjual” di hadapan Anda.

Tidak ada pertanda yang menjamin dengan pasti bahwa Anda akan langsung diterima jika telah menemui 10 pertanda di atas. Bisa jadi kompetitor Anda juga melalui proses interview dengan sama baiknya. Namun jika Anda terus menerus menemui beberapa poin saat Anda sudah melalui proses interview, setidaknya tim perekrut pernah merasa tertarik dengan Anda. Jangan patah semangat dan teruslah mencoba!