Hrd : 6 Tips jitu cara menghadapi calon karyawan gugup

Job-Interview

Sebagai tim HRD Anda tentu pernah menghadapi calon karyawan yang gugup, gelisah, kesusahan berbicara saat interview. Namun bukan berarti mengurangi kesempatan mereka menjadi karyawan Anda.

Oleh karena itu, penting bagi tim perekrut untuk membuat mereka relaks dan pastikan mereka bisa all out pada saat interview berlangsung.

Berikut ini ada beberapa tips sukses dalam menghadapi kandidat yang gugup pada saat interview kerja, dan bagaimana cara membuat mereka dapat menjual diri dengan baik di hadapan Anda dan perusahaan.

1) Pilih Ruang Interview yang Nyaman

Satu-satunya cara agar calon karyawan merasa nyaman adalah dengan berada di lingkungan yang nyaman dan dapat membuat mereka tenang. Buat ruang rapat yang kaku menjadi sebaliknya, menggunakan meja bundar akan mengurangi rasa gugup para kandidat seperti akan diinterogasi dan membuat mereka menjadi lebih terbuka.

2) Smile

Calon karyawan Anda mungkin merasa seperti akan masuk ke kandang singa saat menghadapi para tim HRD, jadi lakukanlah pendekatan yang lebih friendly di awal sesi. Anda boleh melontarkan beberapa candaan. Memulai interview dengan beberapa basa-basi akan membuat mereka menguasai situasi dan merasa nyaman.

3) Perkenalkan Tim

Jika ada lebih dari satu interviewer, akan menjadi ide bagus jika Anda memperkenalkan semua interviewer yang ada di dalam ruangan dan posisi mereka pada calon kandidat sebelum memulai interview. Hal ini akan mengurangi rasa cemas karena berada dalam ruangan yang penuh dengan orang asing, mereka juga akan menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh masing-masing interviewer.

ARTIKEL LAINNYA: TIPS KERJA : 4 HAL YANG HARUS DIHINDARI SAAT HARI PERTAMA KERJA

4) Jelaskan Formatnya

Berikan penjelasan tentang sistematika dan format interview pada mereka, ranah pertanyaan dan kapan mereka bisa menanyakan pertanyaan mereka sendiri. Apakah itu sebelum, sesudah atau pada saat interview berlangsung. Hal ini akan menghindarkan mereka dari rasa tidak pasti, dan panik selama interview serta tidak mampu menjual nilai diri mereka dengan baik.

5) Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Mirip seperti poin kedua, bahasa tubuh Anda akan menentukan seberapa percaya diri para kandidat selama interview berlangsung, dan apakah mereka akan terbuka atau tidak. Hindar melipat lengan di depan dada yang menandakan Anda terlihat bosan, lebih baik tiru bahasa tubuh mereka untuk membangun koneksi. Untuk membuat mereka merasa Anda di pihaknya, fokus untuk selalu melakukan kontak mata dan berikan senyum hangat selama proses interview.

6) Hindari Pertanyaan yang Agresif

Tugas Anda memang menginterview memang untuk mengetahui sebanyak-banyaknya tentang calon kandidat, namun bukan berarti Anda harus menginterogasi mereka seolah-olah mereka sedang diadili dalam pengadilan. Tanyakan pertanyaan terbuka dan biarkan mereka menjawab dengan cara mereka sendiri, biarkan mereka memikirkan tentang jawaban mereka dan jangan memburu-buru.

Nah itu dia keenam tips terbaik yang membantu Anda dan tim HRD  dalam menghadapi para kandidat yang gugup. Apakah Anda setuju dengan ini? Atau Anda memiliki sudut pandang lain? Silakan kunjungin website kami untuk mengetahui lowongan pekerjaan HRD terlengkap dan terkini lowongan HRD hanya di Jobs.id