Gunakan 4 Cara Ini untuk Membangun Personal Branding

"Who are you" handwritten with white chalk on a blackboard

Mengetahui personal branding dalam dunia profesional saat ini menjadi poin penting yang harus diketahui. Untuk menciptakan kesempatan bisnis dan pekerjaan baru, penting untuk menyadari bahwa membuat koneksi yang baik adalah sebuah proses dalam membangun hubungan baik. Bagaimana personal branding dapat memberikan dampak yang berpengaruh? Jawabannya adalah dengan membangun hubungan yang awet dalam jangka panjang. Jabat tangan sudah tidak lagi cukup, namun juga harus disertai dengan usaha dan pendekatan yang fokus agar mampu menarik orang yang tepat dalam lingkaran jaringan Anda.

Dalam dunia yang serba online saat ini yang terpenting adalah menemukan antara kebutuhan orang lain dan menonjolkan kemampuan diri kita. Berikut ini ada beberapa langkah membangun hubungan baik serta memberi kesan yang positif atas diri Anda.

Step 1 – Attitude matters – Bagaimana Anda memberikan respon kepada orang lain? Tengok kembali feedback dan balasan Anda dan lihat bagaimana lawan bicara bereaksi. Perilaku yang negatif sama menularnya dengan yang positif.

Step 2 – Beri pujian – Dengan adanya sosial media memudahkan Anda untuk memberikan dan mengirim balasan yang positif kepada para orang lain. Coba beri komentar pada artikel yang bagus, atau produk baru, penghargaan yang diraih kolega Anda. Berikan respon yang positif.

BACA JUGA: Inilah 10 Tips Manajemen Konflik yang Harus Diketahui

Step 3 – Mengetahui pertanyaan yang tepat – Percakapan yang sangat singkat dan standar bisa membuat hubungan dengan kolega menjadi tidak berkembang. Hindari jawaban “ya” atau “tidak” atau pertanyaan singkat, dan coba untuk memulai dialog dengan pertanyaan “siapa,” “apa,” “kapan,” atau “kenapa”

Step 4 – Ingat kolega baru – Perhatikan audiens baru Anda dan coba mulai bangun koneksi dengan mereka. Hal ini biasa ya dimulai dengan menanyakan nama, kemudian fokus pada minat dan aktivitasnya.

Dalam membangun personal branding sangat penting untuk membangun hubungan yang positif. Dengan menunjukkan perilaku yang baik dan perhatian kepada audiens, Anda dapat menarik lebih banyak kesempatan yang besar. Semoga artikel ini bermanfaat.