Bosan Dengan Kerjaan? Coba 3 Cara Ini Untuk Inspirasi Kerja

i-love-my-job

Dulu, kamu mencintai pekerjaanmu. Kamu selalu bersemangat bangun pagi, berbicara tentang pekerjaanmu sepanjang waktu, dan betapa bangganya orang-orang di sekitarmu melihat karirmu yang cemerlang. Tapi sekarang? Well, mungkin kamu akan berkata bahwa kamu sudah kehilangan semua keriaan itu. Kabar buruknya, rasa bosan dan tidak inspiratif ketika bekerja adalah fase yang terburuk. Kabar baiknya? kamu tidak sendirian. Setiap orang pasti pernah merasakannya dari waktu ke waktu. Bukan berarti kamu harus resign dan mencari pekerjaan lain, ada banyak tips ampuh untuk mengembalikan percikan yang pernah ada itu. Kamu masih bisa mendapat pekerjaan baru tanpa harus resign. Bagaimana caranya? Yuk simak inspirasi kerja berikut ini:

1. Bangun Perspektif

Satu perubahan yang sudah pasti dapat dirubah seketika adalah sudut pandang terhadap posisimu saat ini. Coba mulai pikir peluang apa yang bisa muncul dari luar kubikelmu. Akan selalu ada masalah yang butuh untuk diberi solusi (dan jangan pernah berhenti untuk menyelesaikan masalah tersebut.) Cari cara untuk mengambil tindakan. Dengan begitu kamu akan kembali bersemangat dan merasa seperti karyawan yang baru mulai kerja.

2. Kamu Punya Pengaruh

Salah satu sumber ketidakpuasan dalam bekerja adalah karena tidak mengetahui apakah ada perubahan yang terjadi (baik itu perubahan dalam lingkungan atau pada perusahaanmu. Namun, apapun yang kamu lakukan, pasti menimbulkan suatu pengaruh yang signifikan. Hal itulah yang dulu membuatmu memutuskan menerima pekerjaan ini, bukan? kamu hanya perlu sedikit lebih intes memikirkannya. Ketika rasa bosan itu melanda, coba lihat ke belakang dan temukan pengaruh kehadiranmu. Apa hal besar yang membuatmu ingin berkontribusi? Apakah kamu berhasil menaikkan penjualan produk? Atau meningkatkan brand perusahaanmu? Apapun itu, pahamilah dan sadarilah pengaruh hasil kerjamu.

Baca Juga: 6 LANGKAH MUDAH MEMBANGUN BRAND PERSONAL

3. Ambil Resiko

Selalu menanti-nanti jam pulang kantor, tak lagi bersemangat berangkat bekerja, dan selalu merasa malas adalah salah satu penanda bahwa kamu sedang dilanda kebosanan saat bekerja. Ini saatnya kamu untuk ambil resiko pekerjaan yang lebih besar. Resiko ini bukanlah resiko yang bisa membahayakanmu, namun resiko yang bisa membuat pekerjaanmu tetap menarik dan bermanfaat dalam pengembangan skill nantinya. Coba minta ijin pada atasan untuk menghandle project baru yang sebelumnya belum pernah dicoba, atau buat inovasi dengan melakukan evaluasi ulang metode kerja yang selama ini dilakukan. Apakah ada jalan lain yang lebih efektif? Sebuah cara yang sama sekali baru dalam penyelesaian tugas kerja? Mengganti rutinitas kerja dapat menjadikanmu seperti melakukan pekerjaan baru, tanpa harus mengajukan surat resign.

Selalu ingat bahwa kamu memiliki kendali untuk merubah apapun yang terjadi dalam hidupmu. Terus ingat 3 inspirasi kerja di atas. Pikir kembali pengaruh yang sudah kamu buat setiap harinya, hal-hal lain apa saja yang bisa membuat pekerjaanmu menjadi menarik? Usahamu untuk tetap membuat pekerjaanmu terlihat menarik tak hanya akan membawa manfaat bagi dirimu saat ini, tapi juga untuk karir jangka panjang. Good luck!