Begini Cara Persiapan untuk Interview Kerja Via Skype

video-getty-OK

Hampir tidak ada peraturan wajib dalam ajang mencari kerja di era sekarang, hal itu berarti kamu harus mampu mempersiapkan diri untuk segala situasi yang mungkin terjadi. Saat ini sudah tak jarang lagi ditemukan sebuah interview kerja yang dilakukan menggunakan konferensi video, dan tidak lagi melalui telepon atau bahkan bertatap muka langsung.

BACA JUGA: 4 Cara Efektif Untuk Tetap Tenang Dalam Interview Kerja

Jika kamu akan segera menghadapi interview kerja virtual, akan lebih baik jika kamu sudah memahami software platformnya terlebih dahulu. Yang paling populer adalah Skype. Oleh karena itu pastika kamu menilik tips-tipsnya berikut ini.

Download dan install jauh sebelum hari-H

Jangan sampai kamu baru menginstall aplikasi Skype beberapa menit sebelum interview berlangsung. Karena sangat tergantung oleh stabilitas koneksi internet, biasanya menginstall Skype membutuhkan waktu agak lama. Selain itu, sebelum kamu menggunakannya kamu harus terlebih dahulu membuat akun pengguna, di mana juga akan memakan waktu cukup banyak. Untuk mengantisipasi beberapa kendala yang akan terjadi, sebaiknya selesaikan urusan download dan pembuatan akun sebelum hari interview. Dengan begitu kamu juga akan melalui interview dengan lebih tenang.

Install di dua perangkat

Skype adalah cross-platform, itu berarti kamu bisa menginstallnya di desktop komputer/laptop, iPhonemu, dan bahkan tablet Androidmu. Install aplikasi Skype minimal pada 2 perangkat akan memberikanmu ‘Plan B’ jika salah satu perangkat tidak dapat bekerja dengan baik.

Pilih foto dan username yang sesuai

Jika ini adalah kali pertamamu menggunakan Skype, kamu akan diminta untuk login atau membuat akun pengguna baru. Kamu harus memilih username dan mengunggah foto yang mudah dikenali oleh tim interviewer. Ini akan menjadi kesan pertama untukmu. Jangan gunakan username yang sangat jauh dari nama aslimu dan gunakan foto yang memperlihatkan imej profesional.

Tes softwarenya

Ketika kamu pertama kali membuka Skype, kamu akan melihat bahwa kamu akan memiliki satu kontak dalam daftar kontakmu, namanya Skype. Kamu bisa menelpon kontak ini untuk mengetes speaker dan microphonemu, cukup double-click kontaknya dan ikuti instruksinya.

Berlatih

Jika kamu belum pernah menggunakan Skype sebelumnya, kamu sebaiknya meluangkan waktu untuk cukup familiar dengan cara penggunaannya. Minta teman atau keluargamu untuk video call dan minta mereka mengajukan beberapa pertanyaan. Gunakan kesempatan ini untuk berlatih menggunakan softwarenya. Jangan lupa minta mereka berikan saran tentang bagaimana kamu penampilanmu dan apa yang bisa diperbaiki.

Minimalisir gangguan suara dan distraksi lainnya

Selain menutup pintu dan coba berlatih di tempat yang cukup tenang dan nyaman, sebaiknya segera ubah smartphonemu dalam model silent. Suara mengganggu seperti notifikasi email masuk atau mention twitter bisa mengganggu konsentrasi tim interviewer.

Dress code

Berpakaianlah seolah kamu akan menghadiri interview secara tatap muka. Ini akan membuatmu lebih percaya diri dan profesional saat menjawab semua pertanyaan.

Saat interview Skype

Langkah penting saat ini adalah dengan selalu jaga kontak mata dengan penelepon. Agar lebih mudah, geser jendela chat ke dekat lokasi webcam. Sekarang, ketika kamu melihat kearah chat windows, kamu akan terlihat sedang menatap webcam dan melakukan kontak mata. Penting untuk selalu menjaga situasi aman dari suara-suara yang mengganggu. Hindari mengetuk meja, mengetik pada keyboard, memindahkan kertas, atau apapun yang akan menimbulkan suara yang mengganggu lawan bicara. Kamu tentu ingin mereka fokus pada jawaban-jawaban intelek yang sudah kamu persiapkan, bukan?

Good luck, dan dengan tips-tips berikut ini, kamu tidak akan gagap teknologi saat akan menghadapi interview kerja via Skype.

Bingung cari lowongan kerja yang up-to-date? Jangan ragu untuk selalu ikuti www.jobs.id dijamin komplit!