Begini Cara Menentukan 2 Lowongan Kerja yang Pantas

business and work

Terkadang kita dihadapkan pada situasi yang dilematik saat mencari kerja. Ketika kita sudah melamar ke berbagai perusahaan, seringkali kita dibuat galau karena respon yang tak kunjung datang dari tim perekrut. Namun setelah akhirnya kita akan menegosiasikan gaji dengan perusahaan, ada perusahaan lain yang tiba-tiba menawarkan interview kerja. Betapa beruntungnya! Tapi, di sisi lain kamu pasti bingung menghadapi situasi ini. Sekarang kamu dihadapkan pada dua pilihan yang menantang. Mana yang harus dipilih?

BACA JUGA: Pertimbangkan 5 Faktor Ini Sebelum Mengisi Lowongan Kerja di Luar Negeri

Ini adalah situasi yang cukup pelik, karena tidak ada solusi yang sempurna untuk menyelesaikannya. Tidak ada saran secara general yang ampuh untuk mengatasi hal ini. Jadi kamu harus membuat pilihan dengan sangat hati-hati. Coba cek beberapa poin di bawah ini dan tentukan lowongan kerja mana yang tepat untukmu.

Manfaatkan pilihan yang dimiliki

Selagi kamu belum menandatangani atau menyetujui secara resmi sebuah penawaran kerja, kamu masih berhak untuk mempertimbangkan pekerjaan lain. Tidak ada yang bisa mencegahmu untuk mengikuti interview pekerjaan baru di manapun, bahkan jika kamu sudah menerima sebuah tawaran kerja. Jika kamu masih dalam tahap negosiasi dan belum menerima secara resmi, kamu masih bisa bebas memilih pilihan lainnya.

Beritahukan perusahaan kedua

Ada baiknya kamu memberitahukan kepada perusahaan kedua bahwa kamu sedang mempertimbangkan pilihan yang tepat dan tanyakan tentang waktu rekrutmennya. Jika kamu merasa interview itu layak dan memberikan peluang karir baru, kamu bisa dengan jujur meminta perusahaan tersebut untuk memberikan waktu tambahan untuk mempertimbangkan putusan ini dengan baik.

Pikirkan dampak jangka panjang

Berhati-hatilah, ada perusahaan yang bisa membatalkan sebuah tawaran kerja secara tiba-tiba, jadi jika kamu terlalu lama mengulur waktu dengan spekulasi akan mendapat kesempatan lebih baik di perusahaan kedua, kebijakan di perusahaan pertama bisa saja langsung menggugurkanmu. Di sisi lain, kamu tentu tidak ingin mengorbankan semuanya untuk kemungkinan-kemungkinan lain kecuali benefit yang didapat cukup besar sehingga layak diperjuangkan.

Mengetahui posisi diri sendiri

Dalam situasi ini, kamu harus peka terhadap posisi kerja yang ditawarkan. Apakah kamu memiliki bayangan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat, dan kamu adalah kandidat yang selama ini dicari-cari oleh perusahaan? Atau, apakah kamu merasa menjadi salah satu orang yang cocok untuk pekerjaan tersebut?

Jika kamu harus membuat keputusan sebelum sempat mengetahui posisimu dalam peluang di kandidat perusahaan kedua, tetapkan seberapa banyak resiko yang siap kamu ambil untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jika memang layak, kamu bisa membiarkan perusahaan #1 tahu bahwa kamu menghadiri interview di perusahaan #2 dan lihat apakah hal itu menginspirasi mereka untuk memberikan penawaran yang lebih kompetitif untuk membuktikan apakah kamu benar-benar kandidat yang berharga.

Jika perusahaan #1 memberikan penawaran lebih tinggi saat mereka tahu bahwa kamu juga sedang diperjuangkan di perusahaan #2, langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melanjutkan negosiasi final dengan perusahaan tersebut karena di mata mereka kamu sangat berharga. Hanya dirimu sendiri yang bisa menentukan apakah resiko itu layak diambil.

Masih juga bingung cari lowongan kerja? Kami punya segudang informasinya yang paling lengkap dan update hanya di www.jobs.id