8 Cara Mudah Menjadi Administrator yang Efektif

business man and his team

Menjadi administrator, sering juga disebut manager atau si bos, tentu memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Bertanggung jawab dalam menjalankan bisnis sebuah organisasi bukanlah perkara mudah, selain harus berperan memajukan perusahaan, admin juga harus menjadi sosok positif yang patut diteladani. Berikut ini bisa Anda simak poin penting dalam menjadi admin yang efektif:

  1. Selalu dengarkan masukan. Dengarkan tanggapan dan pendapat para staff Anda, termasuk yang bersifat negatif, dan ragu untuk perbaiki diri jika dibutuhkan. Karyawan Anda akan memberikan masukan yang bermanfaat ketika mereka merasa dapat berbicara dan berpendapat dengan leluasa. Coba untuk selalu terbuka dan bersikaplah ramah agar para karyawan Anda merasa akrab.
  2. Akui ketidaktahuan. Beri ruang untuk tidak mengetahui akan suatu hal tertentu. Jika Anda tidak mengetahuinya, bertanyalah. Mungkin akan terlihat bodoh, namun akan lebih baik daripada tidak aware pada sesuatu yang seharusnya diketahui. Hal itu akan membantu Anda lebih banyak berinteraksi dengan karyawan, yang dimulai dari sebuah pertanyaan.
  3. Memiliki passion atas pekerjaan Anda. Hal ini akan membantu Anda melalui hari buruk yang bisa datang kapan saja. Ketika masalah dalam pekerjaan melanda, Anda akan selalu ingat pada passion yang Anda miliki sehingga akan tetap bersemangat pergi ke kantor keesokan harinya. Passion bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari, ini adalah bagian dari diri Anda.
  4. Terorganisir dengan baik. Memiliki rencana kegiatan yang terorganisir dengan baik merupakan hal penting bagi seorang admin. Administrator wajib memiliki daftar rencana jangka panjang yang kemudian dibagi-bagi ke dalam daftar “to-do list” untuk dikerjakan setiap harinya. Rancang pula rencana-rencana jangka pendek setiap minggu untuk menjaga produktifitas kerja Anda. Buat dengan detail dan tersusun.
  5. Miliki karyawan yang hebat. Karyawan/staff yang tepat dapat membantu Anda menjadi sukses. Pekerjakan dan latih mereka. Berikan beberapa training kerja kemudian biarkan mereka melakukan pekerjaannya, tanpa perlu campur tangan yang terlalu banyak. Anda harus membiarkan karyawan Anda merasa dipercaya untuk memberikan keputusan. Pekerjakan karyawan dengan skill yang baik.
  6. Bersikap tegas. Seorang admin wajib untuk menegur ketika karyawan/staffnya membuat kesalahan. Penting untuk memberikan kritik ketika kinerja mereka tidak sesuai yang diharapkan. Perlu untuk menjadi ramah dan friendly, namun tetap tegas ketika berurusan dengan produktifitas kerja.
  7. Berkomitmen dengan pelanggan. Pembeli adalah raja. Tunjukkan komitmen Anda kepada mereka dengan memberikan pengalaman yang positif terhadap produk/jasa perusahaan. Cobalah untuk selalu ramah dan tersenyum, toh senyuman tidak membutuhkan biaya. Anggap mereka sebagai anggota keluarga Anda sendiri. Beri kualitas terbaik yang Anda mampu berikan pada mereka.
  8. Berkualitas. Usahakan Anda juga berkomitmen untuk selalu memberikan kualitas yang terbaik, jadikan hal itu sebagai tolok ukur operasional organisasi/perusahaan. Hal ini juga disertai dengan kualitas dari para karyawan/staff yang juga terdidik dengan baik. Pastikan mereka menjalani pelatihan dan mampu menyerap informasi dengan baik.

Beberapa poin di atas diharapkan dapat membantu Anda menjalani peran sebagai admin dengan lebih baik. Selalu ingat untuk memiliki pikiran yang terbuka untuk menerima dan memberi dengan lebih banyak.