7 Tipe Interview Kerja yang Harus Kamu Tahu

Top 7 job interview questions you will be asked

Mengikuti interview kerja hingga saat ini masih menjadi hal yang menegangkan bagi beberapa orang. Padahal, kamu hanya harus sedikit lebih memahami tentang tipe-tipe interview kerja. Dengan memahami karakteristik tiap jenis, kamu akan bisa membawa diri untuk menghadapi setiap pertanyaan yang muncul.Untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: 5 Cara Membangun Percaya Diri Untuk Interview Kerja

  • Behavioral interview

Ini adalah interview yang bertujuan untuk mencari tahu tentang kepribadian, karakter, dan soft skill seseorang apakah cocok dengan posisi dan lingkungan kerja. Interview ini akan berfokus pada pengalaman, tingkah laku, pengetahuan, skill, dan kemampuan terkait pekerjaan. Dalam jenis ini, kamu sebaiknya menjawab pertanyaan dengan memberi contoh dari pengalaman kerjamu sebelumnya, aktivitas, hobi, kegiatan volunteer, atau project sekolah/kampus.

  • Technical interview

Interview ini bertujuan untuk mengevaluasi skill teknis sesuai dengan posisi kerja yang dilamar, seperti skill komputer atau desain. Interview tipe ini pada umumnya dilakukan dengan mengumpulkan data tentang pengalaman kerja seseorang sebelumnya yang serupa atau secara ilmu pengetahuan cukup menguasai dan bisa menunjukkan kemampuan teknis tersebut.

  • Case interview

Interview ini mencakup sebuah kasus bisnis yang pernah dialami sebelumnya oleh interviewer atau orang lain di perusahaan. Kasus bisnis ini biasanya mencakup masalah atau tantangan yang perlu diselesaikan. Dalam jenis ini, biasanya interviewer ingin melihat bagaimana caramu menyelesaikan masalah dan langkah apa yang diambil sebagai solusinya. Perusahaan konsultan biasanya menggunakan jenis interview ini saat perekrutan.

  • Mock interview

Ini adalah interview persiapan sebelum menghadapi interview yang sesungguhnya. Biasanya, kantor pelayanan karir atau agensi rekrutmen merancang mock interview agar kamu bisa terbiasa menghadapi interview dan menjadi lebih siap saat hari-H. Jenis ini sangat baik untuk mendapatkan saran dan kritik tentang skill interviewmu.

  • Group interview

Sesuai namanya, pada model ini kamu akan diinterview bersamaan dengan kandidat lainnya dalam satu waktu. Banyak dari para pencari kerja menganggap ini sebagai interview yang paling mengintimidasi.

  • On-campus interview

Ini adalah jenis interview sebuah perusahaan yang bertempat di kampus. Biasanya khusus hanya untuk mahasiswa/mahasiswi yang terdaftar di sana. Bagi beberapa mahasiswa, ini akan lebih menguntungkan. Karena biasanya venue interview sudah diketahui sebelumnya, mereka akan merasa lebih nyaman saat interview berlangsung.

  • Phone interview

Selanjutnya adalah interview melalui telepon. Beberapa perusahaan mulai sering menggunakan interview telepon untuk mencari tahu tentang kandidat. Jenis informasi yang dicari biasanya seputar minat pekerjaan, ekspektasi gaji, kesediaan untuk ditempatkan di berbagai kota, dll.

Jika kamu sudah memahami tentang berbagai jenis interview kerja yang biasanya dilakukan perusahaan, sekarang saatnya cari tahu lowongan kerja yang tepat buatmu! Temukan hanya di www.jobs.id