7 Strategi dalam Mengelola Perkembangan Cari Kerja

Student_CareerPlanning_frontpage pic

Cari kerja adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan kemandirian dari dalam diri sendiri. Semua kegiatan yang berhubungan dengan karir harus kamu lakukan sendiri, dan tentunya atas dasar keputusan sendiri. Kamu mengambil kendali sebagai CEO dari bisnis cari kerjamu sendiri. Kamu harus merancang sebuah visi dari masa depan profesionalmu, kamu harus mencari tahu sendiri bagaimana mengeksekusi rancangan tersebut dan mengubah visi-misimu menjadi kenyataan.

BACA JUGA: 5 Keuntungan Menggunakan Facebook Untuk Cari Kerja

Ketika pencarian kerjamu sudah berada pada perspektif ini., kamu bisa membuat dirimu melangkah menjadi CEO sukses. Cukup jawab beberapa pertanyaan di bawah ini sebagai acuan:

  1. Apa kekuatan utama, skill spesifik dan pencapaian yang sudah kamu dapatkan hingga kehidupan karirmu saat ini? Peran apa yang dipersiapkan untuk mengisi perbedaan tersebut? Dalam konteks apa tim perekrut perusahaan akan memutuskan memilihmu dengan semua value yang kamu tawarkan?
  2. Apakah ada jejaring network yang kamu miliki dan bisa membantu pencarianmu? Bagaimana kamu bisa membuat orang lain mengerti apa yang bisa mereka lakukan untuk membantumu? Dan apa yang bisa kamu lakukan untuk memotivasi mereka untuk melakukannya?
  3. Bagaimana kamu akan memposisikan dirimu dalam marketplace? Bagaimana kamu bisa membuat tim HRD ingin mengundangmu untuk interview kerja? Apakah resume-mu sudah berbasis pada berbagai pencapaian/prestasi, atau kamu hanya meminta orang lain menebak apa saja yang sudah kamu lakukan dalam berbagai posisi kerjamu? Apakah profil LinkedInmu sudah dilengkapi dengan foto yang profesional dan apakah semua informasinya sudah terkomunikasikan dengan baik di sana?
  4. Bagaimana kamu akan mengatur waktu? Berapa lama dalam setiap hari atau setiap minggunya kamu akan berdedikasi untuk kegiatan cari kerja, dan bagaimana kamu membagi waktu dengan semua hal yang berhubungan dengan pencarian kerja? Berapa lama waktu yang akan kamu luangkan untuk fokus mencari kerja di LinkedIn, melibatkan diri dalam percapakapan pribadi?
  5. Skill apa yang kamu butuh kembangkan untuk menjadi pencari kerja yang lebih berkualitas? Siapa yang bisa membantumu dalam hal ini? Mungkin seseorang dalam keluargamu atau lingkup pertemanan profesional bisa membantu. Atau mungkin kamu bisa memilih untuk mengkonsultasikannya pada ahli karir yang memiliki pandangan dan pengalaman yang lebih luas cakupannya.
  6. Apa yang bisa kamu lakukan besok, minggu depan dan bulan depan untuk tetap menjadi pencari kerja yang up-to-date dalam bidangnya atau menambah skill set? Mungkin jawabannya sesimpel selalu menonton video how-to atau membaca artikel jurnal profesional. Apakah calon manajermu nanti mengekspektasikanmu untuk memiliki sertifikasi dari skill yang belum kamu kuasai, dan jika iya, bagaimana kamu bisa mencapainya?
  7. Apa yang akan kamu lakukan untuk tetap membuat dirimu bertanggung jawab pada progresmu sendiri? Akankah kamu mampu untuk berkomitmen terus menetapkan target tujuan yang spesifik dalam timeline yang terukur dan melaporkan apa yang sudah kamu lakukan pada rekan kerja, manajer, atau pasangan hidupmu? Mungkin kamu hanya perlu untuk menjadwalkan diri untuk menanyakan pada dirimu sendiri setiap hari atau minggu apa saja yang sudah kamu lakukan dan lakukan evaluasi diri.

Tentu saja ada beberapa hal yang mungkin terjadi di luar kendalimu. Tapi ketika kamu mampu merumuskan semua pertanyaan di atas, kamu akan lebih mudah melakukan identifikasi dan memaksimalkan peluang yang terbuka untukmu dalam proses cari kerja. Kamu juga akan lebih mampu memenuhi semua requirement yang dibutuhkan dan sebelumnya belum bisa dipenuhi. Happy hunting!

Kini saatnya kamu cari tahu peluang karir suksesmu hanya di www.jobs.id