6 Tips Manajemen Waktu Untuk Karyawan yang Layak Dicoba

Perekrut pekerja tentu ingin memperkerjakan karyawan yang mampu memprioritaskan dan mengatur dengan baik pekerjaannya. Dunia kerja saat ini, tuntutan bagi karyawan terus semakin bertambah. Karyawan harus menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu singkat, dengan SDM yang minim. Dengan banyaknya tuntutan tersebut, Anda akan semakin sulit untuk mengatur waktu dengan efisien. Tantangan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa disertai stress menjadi semakin besar. Jika tidak cermat melakukan manajemen waktu, Anda bisa saja tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, bahkan bisa membuat jadwal meeting penting menjadi berantakan. Untuk membantu dalam pengelolaan manajemen waktu, berikut 6 tips penting yang bisa disimak:

1. Mulailah Dari Pekerjaan yang Bisa Diselesaikan Paling Cepat

Anda bisa membuat daftar things-to-do setiap harinya, urutkan berdasarkan tingkat kesulitan. Mulai kerjakan dari yang paling mudah dan bisa cepat diselesaikan, dengan begitu Anda bisa memfokuskan perhatian pada pekerjaan yang lebih besar dan sulit. Dengan melakukan trik ini maka Anda tidak akan dipusingkan dengan pekerjaan pritilan yang mampu memecah konsentrasi pada hal lain yang lebih penting. Contoh, hari ini Anda memiliki 10 hal yang harus dikerjakan, dan Anda mampu mengerjakan 5 pekerjaan termudah dengan cepat. Pencapaian ini mampu memotivasi kelima pekerjaan sisanya untuk dapat diselesaikan juga dengan cepat. Memiliki daftar pekerjaan yang sangat panjang tentu akan menjadi sangat menyebalkan, untuk menyiasatinya Anda bisa langsung mengeliminasi dulu pekerjaan-pekerjaan yang lebih mudah sehingga dapat mengurangi tingkat stres dalam bekerja.

2. Merubah Tugas Besar Menjadi Beberapa Bagian

Seringkali kita merasa kebingungan untuk memulai pekerjaan ketika mendapat tugas besar yang harus segera diselesaikan. Sebagai solusinya, Anda bisa membagi-bagi tugas besar ini menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan dapat dikerjakan dengan mudah. Bisa juga menggabungkan beberapa pekerjaan yang serupa untuk dikerjakan disatu waktu. Hal ini juga mampu meminimalisir stres yang akan dialami karena semua terorganisir dengan baik dan mudah.

3. Mulai Buat Daftar to-do-list Anda Sekarang Juga

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, membuat daftar pekerjaan merupakan poin penting agar Anda tetap bisa menyelesaikan semua pekerjaan lebih cepat dan mudah. Sebelum pulang kerja, sempatkan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan esok hari. Dengan begitu, Anda akan langsung siap sedia ketika berangkat bekerja esok harinya. Jika ada pekerjaan yang belum terselesaikan hari ini, tulis kembali pekerjaan itu dalam daftar teratas agar dapat diprioritaskan untuk dikerjakan besoknya. Say no to stress!

to-do list

to-do list

4. Gunakan Fitur Kalender pada Smartphone

Thanks to technology! Di saat tuntutan dalam dunia kerja semakin tinggi, semakin banyak tugas yang harus diselesaikan, Anda juga dtuntut untuk mampu mengingat dengan baik semua tugas-tugas. Catat semua hal penting di sana, tandai untuk tugas yang penting. Klien yang harus segera di follow-up, email yang harus dikirim, pertemuan penting yang harus dihadiri, semua hal tentang pekerjaan bisa ditulis dalam kalender smartphone. Hal ini akan membuat hidup menjadi lebih mudah, Anda tidak akan melewatkan pekerjaan penting serta membuat waktu Anda yang berharga menjadi lebih efisien. Tips tambahan, Anda bisa membuat 2 reminder untuk 1 event. Pengingat pertama pada sehari sebelumnya, dan yang kedua pada 15 menit sebelum acara.

5. Hindari Segala Bentuk Distraksi

Sebisa mungkin coba lakukan hal ini agar tetap fokus dan stay on track. Seringkali Anda menerima telepon masuk atau pesan singkat di WhatsApp/Line/BBM, ditambah gangguan notifikasi Facebook yang selalu dibiarkan menyala. Minimalisir semua gangguan sebanyak mungkin Anda bisa. Langkah mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mematikan semua jenis distraksi (termasuk telepon genggam) selama 30 menit setiap harinya untuk pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Semakin banyak gangguan yang diterima maka akan semakin sulit bagi Anda dalam mencapai target dan tingkat stres yang akan meningkat juga.

6. Coba Untuk Tidak Nyambi

Multi-tasking alias nyambi ternyata justru merupakan jebakan yang sering kali kita hadapi dan tak jarang terjebak di dalamnya, Kita mencoba untuk melakukan banyak tugas dalam satu waktu yang ternyata justru berakhir dengan hasil kerja yang nihil. Penelitian membukktikan bahwa nyambi dapat menurunkan produktifitas kerja. Jika Anda fokus pada setiap tugas secara terpisah, maka akan menjadi lebih efektif.

Tips untuk menjadi orang sukses salah satunya adalah keahlian memanajemen waktu dengan baik. Dengan begitu Anda tak perlu pusing memikirkan kerjaan yang masih menumpuk ketika sepulang kerja dan bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dengan tenang.