6 Langkah Mudah Membangun Brand Personal

Personal-Branding

Saat ini sudah banyak yang sukses membangun brand personal diri sendiri, dan memang terbukti memiliki brand dengan positioning yang jelas akan mempengaruhi perkembangan karir. Terdengar sulit, namun tak sesulit yang kamu kira. Berikut ini ada 6 langkah mudah dalam membangun brand personal yang harus diketahui:

Step #1: Tentukan Brand

Hal pertama yang harus diketahui adalah bagaimana cara untuk menentukan jati diri dari brand personal yang akan dibangun. Brand personal adalah sebuah reputasi, aspirasi, dan siapa kamu baik dilihat dari segi pribadi maupun secara professional. Jika masih bingung, coba pikirkan beberapa pertanyaan ini; bidang keahlian apa yang saya kuasai? Dalam hal apa biasanya orang lain membutuhkan saya? Apa passion saya? Serta harapan apa yang secara pribadi dan professional inginkan?

Kamu bisa membuat sebuah diagram untuk membantu mengetahui posisi saat ini. Setelah semua jadi, kamu bisa memulai mengembangkannya.

Step #2: Membangun Imej

Media sosial akan membantu kamu untuk yang satu ini. Update semua foto, info, status pada profil LinkedIn/Facebook/Twitter yang menggambarkan brand personal. Tentunya tetap harus relevan dengan kondisimu saat ini.

Step #3: Buat dan Sebarkan Konten

Salah satu cara termudah dan tercepat dalam membangun kredibitilitas brand personal adalah membuat konten-konten yang sesuai dengan bidang yang dikuasai. Cari artikel bagus dari tokoh atau influencer di bidang branding kemudian sebarkan pada jeringanmu.  Pilih area yang lebih spesifik agar fokus dalam proses pembangunan brand.

holiday-work-party

Step #4: Perbanyak Koneksi

Gunakan LinkedIn Froups dan Twitter untuk membuat koneksi baru. Ikuti grup LinkedIn yang sejalan dengan brand personalmu dan mulai posting konten-konten bagus yang sudah dibuat pada poin sebelumnya. Pastikan jawab semua respon komentar yang datang. Pada Twitter, jangan lupa gunakan hashtag pada tiap serial tweet yang dishare dan follow akun-akun yang menarik dan sesuai dengan brand. Hal ini dapat bermanfaat untuk menjaring followers dan membangun brand personal.

Step #5: Eksis

Setelah berhasil membangun citra diri dalam dunia maya, sekarang saatnya merambah ke dunia nyata. Hadiri event-event yang berhubungan dengan brand personalmu, gabung dengan berbagai komunitas, libatkan diri dalam lingkungan pertemanannya. Jangan gengsi untuk memperkenalkan diri lebih dulu. Dengan begitu akan lebih banyak kesempatan buatmu untuk ujuk gigi.

Step #6: Percaya Diri

Last but not least, kunci utama dalam membangun brand personal adalah percaya diri. Jangan ragu untuk menunjukkan kemampuan diri. Selalu percaya bahwa semua manusia memiliki keahlian masing-masing. Gali terus potensi diri yang bisa ditonjolkan. Dengan begitu kemampuanmu juga akan semakin terasah.

Jika posisi brand personalmu sudah kuat, akan mudah dalam menentukan jalan karir. Kamu tak akan kebingungan lagi dengan melamar semua posisi jabatan dalam setiap lowongan kerja. Enam tips mudah ini semoga bisa membantumu.